VIDEO: Pasca-Teror Thamrin, Aktivitas di Kawasan Sarinah Normal

Pelaku penembakan dan pengeboman di Jalan MH Thamrin diduga terkait ISIS.

oleh Liputan6 diperbarui 15 Jan 2016, 13:45 WIB
Diterbitkan 15 Jan 2016, 13:45 WIB
VIDEO: Indonesia Siaga Satu
Markas Besar Kepolisian memberlakukan status siaga satu untuk keamanan di seluruh tanah air.

Liputan6.com, Jakarta - 24 jam pascaaksi teror penembakan dan ledakan di perempatan Jalan MH Thamrin dan Jalan Wahid Hasyim Jakarta Pusat, aktivitas lalu lintas sudah normal. Pusat perbelanjaan Sarinah sudah mulai buka.

Namun kondisi berbeda tampak di depan gerai kopi Starbucks Kompleks Skyline Building, yang kemarin jadi sasaran bom. Gerai kopi itu masih ditutup.

Seperti yang ditayangkan Liputan 6 Siang, Jumat (15/1/2016), polisi belum memperbolehkan seorangpun masuk, karena masih ada penyelidikan. Termasuk di halaman parkir. Posisi mobil yang parkir bahkan masih sama seperti saat terjadi ledakan kemarin.

Setelah kejadian tersebut, Polri memberlakukan status keamanan Siaga I.

Penyelidikan awal polisi, ada indikasi, pelaku teror penembakan dan bom lempar, yang mirip dengan aksi teror di Paris, Prancis tahun lalu ini, merupakan kelompok ISIS.

Kamis sekitar pukul 11.00 WIB kemarin, sejumlah ledakan terjadi di kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Diawali dari gerai kopi Starbucks Skyline Building, lalu pos polisi perempatan Sarinah. Pelaku teror kemudian menembak 3 polisi.

Sempat terjadi baku tembak antara polisi dan para pelaku teror. 3 jam kemudian keadaan bisa dikendalikan polisi. Hasilnya, 7 orang tewas dan 24 terluka, termasuk para polisi korban penembakan.

Penembak sempat terekam kamera juru foto saat beraksi dengan senjata api. Diduga kuat bernama Sugito, asal Karawang, Jawa Barat. Usai beraksi, dia tewas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya