Top 3: Intip Kehidupan di Kampung Janda di Bogor

Mayoritas para perempuan di Kampung Panyarang Kidul hidup sendiri. Para suami mereka meninggal dunia.

oleh Hanz Jimenez SalimAudrey SantosoAchmad Sudarno diperbarui 22 Mar 2016, 06:15 WIB
Diterbitkan 22 Mar 2016, 06:15 WIB
Kampung Janda
Karena mayoritas para suami meninggal dunia akibat tertimbun galian, kaum istri terpaksa menjadi tulang punggung keluarga (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Liputan6.com, Jakarta - Ada sebuah kampung janda di Bogor. Sebutan itu diberikan kepada Desa Ciburayut, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat karena hampir semua perempuan di daerah itu berstatus janda.

Mayoritas para perempuan di Kampung Panyarang Kidul, Panyarang Tengah, dan Panyarang Lebak hidup sendiri. Para suami mereka meninggal dunia.

Ada pula kelanjutan kisah peristiwa kopi sianida, di mana Jessica Kumala Wongso tersangka pembunuh Mirna Salihin ternyata memiliki masalah psikologi. Fakta itu terungkap saat Polda Metro Jaya bekerjasama dengan kepolisian Australia.

Ada pula peristiwa tragis yang menimpa bocah 5 tahun di Jakarta Pusat. Gara-gara ditinggal sendiri di apartemen lantai 38, bocah laki-laki itu jatuh dan meninggal dunia.

Cerita-cerita itu adalah yang paling diminati pembaca Liputan6.com, berikut kami rangkum dalam Top 3 News:

1. Mengintip Kehidupan Warga Kampung Janda di Kabupaten Bogor

 

Karena mayoritas para suami meninggal dunia akibat tertimbun galian, kaum istri terpaksa menjadi tulang punggung keluarga (Liputan6.com/Achmad Sudarno)


Sebutan sebagai 'kampung janda' melekat pada kampung di Desa Ciburayut, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Namun janda yang satu ini beda dengan janda yang diceraikan suami.

Mayoritas para perempuan di Kampung Panyarang Kidul, Panyarang Tengah, dan Panyarang Lebak hidup sendiri. Para suami mereka meninggal dunia karena menjadi korban akibat tertimbun longsor galian tras atau bahan baku batako. Para penduduk memang menumpukan hidup mereka sebagai pembuat batako.

Sejak beroperasinya galian yang dikelola secara tradisional tahun 1996, sudah lebih dari 100 pria tewas karena tertimbun longsor.

Selengkapnya...

2. Polisi: Jessica Pernah Mencoba Bunuh Diri di Australia

 

Tersangka kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin, Jessica Kumala Wongso, saat rekonstruksi. (Istimewa)


Polisi menemukan sejumlah catatan kriminal milik Jessica Kumala Wongso di Australia. Di antaranya dugaan percobaan bunuh diri.

‎"Saya kira dapat informasi yang sangat bagus dari Australia, tapi sengaja belum diekspos. Ada catatan kriminal, di antaranya percobaan bunuh diri," kata mantan Kapolda Metro Jaya, Irjen Tito Karnavian, usai serah terima jabatan di kompleks Mabes Polri, Jakarta.

Namun, Tito enggan mengungkapkan lebih jauh terkait temuan penyidik soal pembunuhan Wayan Mirna Salihin. Menurut dia, ada beberapa fakta yang sengaja tidak diungkap ke publik. Sebab adanya kerja sama mutual legal agreement (MLA) dengan kepolisian Australia terkait penyidik kasus tersebut.

Selengkapnya...

3. Bocah 5 Tahun Jatuh dari Lantai 38 Apartemen Sudirman Park

 

Ilustrasi Jenazah (iStockphoto)


Seorang bocah perempuan berusia 5 tahun diduga terjatuh dari lantai 38 Apartemen Sudirman Park, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

"Benar, ada anak perempuan umur 5 tahun jatuh dari lantai 38, tewas," ujar Kepala Unit Reserse Kriminal (Kanit Reskrim) Polsek Metro Tanah Abang Komisaris Mustakim kepada Liputan6.com, Jakarta.

Selengkapnya...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya