Kecelakaan Hercules, Jokowi Minta Perawatan Pesawat Dijaga

Kecelakaan itu, kata Jokowi, akibat cuaca buruk dan keadaan alam yang penuh perbukitan.

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 19 Des 2016, 12:11 WIB
Diterbitkan 19 Des 2016, 12:11 WIB
Jokowi-JK
Sidang kabinet Paripurna yang dipimpin Presiden Joko Widodo, di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (4/2/2015) pagi, membahas Pilkada serentak, Perppu perubahan UU tentang kelautan, dan tentang perumahan rakyat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta Pesawat Hercules TNI AU C-130 HS dengan kode penerbangan A-1334, jatuh Minggu pagi kemarin di Wamena, Papua dalam misi penerbangan latihan Timika-Wamena.

Presiden Joko Widodo pun sudah mendengar kabar tersebut. "Kecelakaan di Wamena sudah disampaikan staf kepala negara," ujar Jokowi di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Senin (19/12/2016).

Kecelakaan itu, kata Jokowi, akibat cuaca buruk dan keadaan alam yang penuh perbukitan. Namun, Jokowi meminta agar perawatan pesawat TNI AU harus terus dijaga. "Tapi apa pun (penyebabnya) maintanance harus dijaga," kata dia.

"Nggak hanya kecelakaan di Wamena tapi kecelakaan lainnya bagi TNI dan Polri perlu dilihat akar masalahnya apa," tandas Jokowi.

Pesawat Hercules C-130 yang jatuh di Wamena Papua dan menewaskan 12 kru dan seorang penumpang itu termasuk sedang menjalani proses upgrade. Secara keseluruhan, tahapan yang dijalani sudah sesuai standar operasional prosedur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya