Kemdikbud Segera Kirim 158 Judul Buku ke Para Pegiat Literasi

Buku-buku bertema cerita nusantara ini nantinya diharapkan dapat membangkitkan semangat membaca.

oleh Ahmad Romadoni diperbarui 02 Mei 2017, 21:25 WIB
Diterbitkan 02 Mei 2017, 21:25 WIB
Tingkatkan Minat Baca, Bemo Perpustakaan Hadir di RPTRA Kalijodo
Bemo sebagai perpustakaan berjalan (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy siap mengirimkan 158 judul buku kepada para pegiat literasi.

"Ada 158 judul yang siap didistribusikan ke seluruh Indonesia," kata Muhadjir di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (2/5/2017).

Muhadjir mengatakan, buku-buku ini bertema cerita nusantara. Cerita ini diharapkan dapat menambah pengetahuan setiap siswa akan mengetahui kebudayaan di daerah lain.

"Cerita yang digali dari khazanah cerita rakyat dari seluruh Indonesia yang sudah diklasifikasi ada bacaan untuk SD-SMA/SMK, artinya bacaan orang dewasa, dan itu sudah kita seleksi," jelas Muhadjir.

Setiap titik keberadaan pegiat minat baca akan dikirim 10.000 buku. Nantinya, beberapa pegiat yang akan membagikan buku-buku itu ke pegiat lain untuk kemudian didistribusikan kepada masyarakat.

Buku-buku bertema cerita nusantara ini nantinya diharapkan dapat membangkitkan semangat membaca dan menambah rasa kebinekaan anak.  

"Misalnya ya kalau anak di Papua membaca cerita dari Tapanuli, ohh di sana ada Indonesia yang punya cerita lain dan khas," ucap dia.

Saat ini ada lebih dari 1.000 pegiat minat baca yang tersebar di Indonesia. Selain itu, ada lebih dari 6.000 taman bacaan masyarakat yang dihidupkan para pegiat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya