Melihat Lebih Dekat Kehidupan Orangutan di Alam Liar

Melihat lebih dekat kehidupan orangutan di alam liar tentu sangat menyenangkan.

oleh Nila Chrisna Yulika diperbarui 20 Des 2017, 06:47 WIB
Diterbitkan 20 Des 2017, 06:47 WIB

Liputan6.com, Palangka Raya - Melihat lebih dekat kehidupan orangutan di alam liar tentu sangat menyenangkan. Pulau Kaja di Kecamatan Bukit Batu, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, kini menjadi tempat pra-pelepasliaran orangutan yang sekaligus menjadi objek wisata edukasi.

Seperti ditayangkan Fokus Malam Indosiar, Rabu (20/12/2017), untuk mencapai Pulau Kaja kita bisa menggunakan jalur Sungai Kahayan. Jika menggunakan perahu motor, perjalanan bisa memakan waktu dua jam.

Sepanjang perjalanan menuju Pulau Kaja kita bisa menikmati keindahan alam dan suasana eksotik. Terutama kondisi hutan dan rumah adat lanting serta kehidupan masyarakat di pedalaman di sepanjang sungai.

Sedangkan jika Anda ingin menggunakan jalur darat, hanya perlu waktu sekitar satu jam. Namun, tentu dengan suasana alam yang berbeda.

Di Pulau Kaja, para pengunjung diwajibkan mematuhi aturan yang ada. Di antaranya tidak boleh berinteraksi atau memberi makan orangutan.

Saat ini, di Pulau Kaja ada 40 ekor orangutan yang semi liar sebelum dilepasliarkan ke habitat aslinya. Pengunjung di sini pun hanya diberi waktu 15 menit mengelilingi pulau.

Meski telah dibuka sejak tahun 2006, belum banyak warga yang berkunjung ke Pulau Kaja. Padahal, tempat wisata ini bisa memberikan edukasi betapa pentingnya menjaga kelestarian satwa dan alam Kalimantan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya