Kemendagri Luncurkan Aplikasi SiOLA, Apa Itu?

Aplikasi Kemendagri ini menyediakan 1 layanan konsultasi dan 14 layanan administrasi yang diperuntukkan bagi para aparatur sipil negara.

oleh Ratu Annisaa Suryasumirat diperbarui 17 Des 2018, 15:20 WIB
Diterbitkan 17 Des 2018, 15:20 WIB
Sekretaris Jenderal Kemendagri Hadi Prabowo
Tim Koordinasi Penataan Ruang Daerah sebagai agenda rutin yang diselenggarakan setiap tahun

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) meluncurkan aplikasi Sistem Online Layanan Administrasi (SiOLA) demi meningkatkan pelayanan publik. Aplikasi ini menyediakan 1 layanan konsultasi dan 14 layanan administrasi yang diperuntukkan bagi para aparatur sipil negara.

Sekretaris Jenderal Kemendagri, Hadi Prabowo mengatakan, penerapan aplikasi ini akan mempermudah layanan administrasi karena tidak perlu bertatap muka. Selain itu, sistem online ini juga lebih cepat dan efisien.

Sebab, untuk meminta surat rekomendasi ke luar negeri saja, orang yang bersangkutan tidak perlu melakukan perjalanan dinas untuk meminta langsung ke Kemendagri.

“Jadi tidak akan menanyakan pada petugas terus dijawab masih dalam proses, namun akan secara transparan proses itu berhenti di mana, kurangnya apa, kalau datanya sudah lengkap SOP yang akan ditentukan akan terselesaikan,” tukas Hadi di Kantor Kemendagri, Jakarta, Senin (17/12/2018).

Layanan offline pun akan ditiadakan karena sistem online ini sudah sempurna. Nantinya, semua layanan administrasi akan melalui ‘SiOLA’.

Deputi Pencegahan KPK, Pahala Nainggolan menegaskan, ‘SiOLA’ juga dapat mengurangi tindak suap.

“Pasti dong. Semua yang berbasis teknologi kalau di KPK sih bilang dia pasti murah, dia pasti transparan, ya pencegahannya kan sebenarnya mendorong transpransi aja dia kan. Sama kita mau ada akses publik yang terbuka, gitu ya,” ujar Pahala.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Akselerasi Percepatan Pelayanan Publik

Sekretaris Jenderal Kemendagri Hadi Prabowo
Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Ditjen Bina Pembangunan Daerah, menginisiasi menyelenggarakan kegiatan Rakornas Tim Koordinasi Penataan Ruang Daerah Tahun 2018

Deputi Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Diah Natalisa menambahkan, aplikasi ini merupakan salah satu solusi tepat bagi pemecahan masalah pelayanan publik di Indonesia.

“Inovasi-inovasi yang berbasis TIK ini diharapkan dapat menuntun para aparatur sipil negara dan dapat memanfaatkannya uuntuk memudahkan pekerjaan sehari-hari, terutama dalam akselerasi percepatan pelayanan publik kepada kita semuanya,” ucap Diah.

“Melalui inovasi ini, pengguna layanan diharapkan secara mudah dapat mengakses layanan secara online, yang tadi juga meliputi layanan konsultasi, rekomendasi perjalanan dinas ke luar negeri, penerbitan surat keterangan penelitian, dan berbagai jenis layanan lainnya,” lanjutnya.

15 layanan online tersebut dapat diakses di https://ula.kemendagri.go.id

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya