Hollywood Road dan Kisah Panjang Koloni Inggris di Hong Kong

Inggris menyisahkan sejumlah jejak selama menjadikan Hong Kong sebagai koloni sejak1841.

oleh Yusron Fahmi diperbarui 31 Mar 2019, 07:27 WIB
Diterbitkan 31 Mar 2019, 07:27 WIB
Yusron/Liputan6.com
Penunjuk arah di kawasan Hollywood Road Central Hong Kong.

Liputan6.com, Hong Kong - Sejarah Hong Kong tak bisa dilepaskan dari Inggris. Negeri Ratu Elizabeth tersebut selama seratusan tahun lebih menjadikan Hong Kong sebagai koloni sebelum akhirnya diserahkan ke China pada 1997.

Tak heran, pengaruh Inggris cukup kuat di sini. Tak hanya sosial politik tapi juga seni dan budaya. Meski secara geografis Hong Kong adalah anak kandung China, adagium Hong Kong bukan China cukup kuat terpatri di sini.

Panorama Hong Kong di malam hari.

Liputan6.com berkesempatan menengok kembali jejak-jejak warisan Inggris yang di Hong Kong pekan ini. Bersama rombongan Media Fam Trip yang digagas Hong Kong Tourism Board (HKTB), kita menyusuri kawasan Kota Tua di sepanjang Hollywood Road, Central Hong Kong. 

Penyusuran diawali dengan melihat langsung dimana pasukan Inggris untuk pertama kalinya mendarat di Hong Kong di Jalan Hollywood. Hollywood Road merupakan jalan yang pertama kali dibangun Inggris saat tiba di Hong Kong.

Tak ada tanda khusus di tempat pendaratan pertama pasukan Inggris tersebut, hanya ada sebuah papan keterangan berwarna merah yang menjelaskan bahwa dulunya pasukan Inggris pertama kalinya mendarat di kawasan ini pada 26 Januari 1841 atau 178 tahun lalu.

"Tempat ini oleh Inggris diberi nama Possesion Point. Dari selat Victoria ini, mereka (Inggris) terus menuju kawasan Hong Kong Island dan naik ke atas," ujar Carulus Chui, fasilitator atau guide tour dari HKTB yang mendampingi tour, Kamis 29 Maret 2019.

Secara Geografis, kawasan tempat mendaratnya pasukan Inggris ini memang lebih tinggi dari daratan Hong Kong lainnya. Kawasan yang dulunya perbukitan ini, berketinggian 400 hingga 500 meter dari permukaann laut ini (mdpl). Tempat yang dianggap cocok oleh Inggris untuk tempat tinggal yang belum terbiasanya dengan cuaca Hong Kong.

Possesion Point. Dari titik ini tentara Inggris mendarat di Hong Kong 1841.

Dari Possesion Point perjalanan dilanjutkan dengan menyusuri Upper Lascar Row. Tempatnya masih satu kawasan Jalan Hollywood. Jika Possesion Point adalah tempat Inggris mendarat, di kawasan yang oleh warga lokal disebut sebagai "muara air got" ini banyak ditemukan benda-benda seni antik China.

Di sepanjang jalan yang panjangnya tak lebih 500 meter itu, berderet pedagang yang menjajakan benda seni dan kerajinan China. Sebagian bekas namun banyak juga benda-benda yang baru. Harganya cukup variatif dan bisa ditawar.

"Bisa dibilang ini Glodok-nya Indonesia, tapi lebih kecil. Jika mau cari benda-benda antik China bisa ke sini," kata Choi.

 

Pedagang di Upper Lascar Row menjajakan barang seni tradisonal China.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Yusron/Liputan6.com
Kaws: Along The Way

Wihara Tua hingga Mess Kantor Polisi

Habis menyusuri Upper Lascar Row, sebuah wihara tua yang kental dengan sejarah Hong Kong masa Tan Mo Temple menjadi destinasi berikutnya.

Aroma dupa peribatan tercium kuat begitu tiba di kawasan ini. Tiba di tempat ibadah yang dibangun 1841, selain untuk ibada juga merupakan tempat berkumpulnya komunitas China di masa lalu. Dari sini mereka menyusun rencana rencana terkait kolonialisasi Inggris.

Tan Mo Temple menjadi tempat peribadatan pertama di Hong Kong Island kala itu. Meski telah berumur ratusan tahun, bagunan asli tempat ini masih berupa aslinya dan masih tampak kokoh.

Tan Mo Temple di Hollywood Road Hong Kong.

Tour menyusuri kawasan sejarah Hollywood Road berlanjut  ke Kaws: Along The Way. Letaknya tak jauh Tak Mo Temple. Cukup berjalan kaki untuk tiba di kawasan ini.

Kaws: Along The Way merupakan spot seni dan musem yang baru di Hong Kong. Dulunya, tempat ini adalah asrama untuk polisi yang sudah berkeluarga. Sempat tak terurus dan terbengkali puluhan tahun, bangunan yang berumur ratusan tahun ini kemudian di renovasi dan dijadikan museum.

Kunjungan menyusuri Hollywood Road berakhir di Taik Kwun Center and Heritage. Masih lekat dengan unsur polisi. Dulunya kawasan ini adalah markas besar kepolisian Hong Kong. Berkunjung ke Taik Kwun kita akan mendapati sejarah kepolisian Hong Kong dari masa ke masa.

Taik Kwun Heritage dulunya adalah kantor polisi.

Di gedung yang dibangun pada 1841 ini, kita bisa melihat Victoria Prison, penjara Hong Kong masa lalu peninggalan perang Dunia kedua. Selain itu sejumlah catatan serajah Hong Kong juga terpampang dalam tiga kawasan bangunan yang ada di sini.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya