Jokowi: Pemilik Mal Tolong Beri Ruang Strategis ke Brand Lokal

Jokowi mengatakan, saat ini brand lokal telah berinovasi dalam mengeluarkan produk-produk yang tak kalah dengan produk lua negeri.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 15 Agu 2019, 19:58 WIB
Diterbitkan 15 Agu 2019, 19:58 WIB
Presiden Jokowi berpidato saat menghadiri Hari Belanja Diskon Indonesia di Senayan City Jakarta. (Liputan6.com/Lizsa Egeham)
Presiden Jokowi berpidato saat menghadiri Hari Belanja Diskon Indonesia di Senayan City Jakarta. (Liputan6.com/Lizsa Egeham)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi meminta para pemilik mal memberikan ruang kepada brand-brand lokal memasarkan produknya. Jokowi tak ingin pasar Indonesia yang sangat besar, hanya dikuasai oleh merek luar negeri.

"Tugas Bapak Ibu sekalian mengisi pasar-pasar yang ada, sehingga barang luar mau masuk sudah penuh. Siap? Siap?” ujar Jokowi saat menghadiri Hari Belanja Diskon Indonesia di Senayan City Jakarta, Kamis (15/8/2019).

Menurut dia, saat ini brand lokal telah berinovasi dalam mengeluarkan produk-produknya. Jangan sampai, kata Jokowi, pemilik mal mengesampingkan brand lokal demi meraup keuntungan.

"Saya titip pada pemilik mal. Saya tahu banyak yang hadir. Tolong ruang-ruang yang strategis, berikan kepada merek-merek lokal, brand-brand lokal. Strategi. Pemilik mal saya lihat banyak. Saya lihat banyak," ujarnya.

"Jangan hanya datang ke sini tapi ruangnya, outletnya, diberikan kepada brand asing agar menarik pembeli. Saudara-saudara bertanggung jawab itu," imbuh Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan pemilik mal seharusnya membantu pemerintah mengatasi tingginya laju pertumbuhan impor, di tengah perang dagang AS-China. Caranya, yaitu dengan memberikan kesempatan brand lokal berkembang.

"Pasar besar seperti ini kok dibiarin kosong diisi orang lain, jangan dong. Saya titip pasar dalam negeri jangan sampai ada yang kosong sehingga produk luar mengisi," ucapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:


Suka Produk Lokal Dibanding Asing

Jokowi senang saat ini produk-produk Indonesia sudah mulai mengekspor. Tak hanya itu, mulai dari desain barang, kualitas, hingga kemasan juga semakin bagus.

Bahkan, mantan Walikota Solo itu mengaku lebih suka menggunakan produk lokal ketimbang merek asing. Selain harga yang jauh lebih murah, Jokowi menuturkan produk lokal nyaman digunakan.

"Sepatu kalau saya yang resmi  biasanya pakai Buccheri (brand lokal), betul. Harga gimana, dipakai enak. Dipakai lari ringan. Harga Rp 415 ribu. Saya engga tau, tapi setelah saya pakai jadi Rp 800 ribu," tuturnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya