Alasan Dishub DKI Ajukan Rp 69 Miliar untuk Jalur Sepeda

Syafrin menyebut, jalur sepeda saat ini dibutuhkan masyarakat sebagai transportasi ramah lingkungan.

oleh Ika Defianti diperbarui 29 Okt 2019, 18:04 WIB
Diterbitkan 29 Okt 2019, 18:04 WIB
Anies Jajal Jalur Sepeda dari Veldrome ke Balai Kota DKI Jakarta
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama jajaran melakukan test jalur sepeda dari Jakarta International Veldrome menuju Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (20/9/2019). Anies menjelaskan, selain difungsikan untuk olahraga sepeda juga bisa menjadi kendaraan jarak dekat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo menyatakan sejumlah alasan terkait usulan pembuatan jalur sepeda senilai Rp 69,271 miliar di 2020.

Di menyebut, jalur sepeda saat ini dibutuhkan masyarakat sebagai transportasi ramah lingkungan. Selain itu, Syafrin juga menilai adanya peningkatan jumlah pengguna sepeda sejak adanya uji coba jalur sepeda fase pertama.

"Bila dihitung, pengguna sepeda dari delapan orang meningkat menjadi 47 orang setiap jamnya," kata Syafrin Liputo di gedung DPRD DKI, Selasa (29/10/2019).

Jumlah tersebut kata dia, berdasarkan penelitian dari lembaga kajian transportasi yakni Institute for Transportation and Development Policy (ITDP).

Selain sebagai sarana olahraga, Syafrin menyebut jalur sepeda juga dijadikan lintasan pekerja yang menggunakan sepeda. Nantinya, dia berharap masyarakat mulai berpikir untuk menggunakan sepeda sebagai alat transportasi.

"Sebelumnya saat ke stasiun orang pesan taksi dan lain-lain, padahal di rumah ada sepeda dan enggak kepikiran pakai sepeda. Sekarang di stasiun kami siapkan parkir sepedanya," jelasnya.

Sebelumnya, Komisi B DPRD DKI mengkritisi Dishub DKI Jakarta terkait usulan pembuatan jalur sepeda senilai Rp 69,271 miliar di tahun 2020. Biaya tersebut dianggap sangat besar.

Komisi B mendorong Pemprov DKI untuk lebih mengutamakan pembangunan angkutan massal seperti MRT, LRT dan angkutan JakLingko.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya