Catat Jadwal Festival Iraw Tengkayu di Kota Tarakan

Salah satu festival budaya yang wajib dan menarik dikunjungi di bulan Desember 2019 ialah Festival Iraw Tengkayu di Kota Tarakan.

oleh Reza pada 17 Des 2019, 07:00 WIB
Diperbarui 17 Des 2019, 07:16 WIB
Catat Jadwal Festival Iraw Tengkayu di Kota Tarakan
Festival Iraw Tengkayu.

Liputan6.com, Tarakan Bulan Desember 2019 banyak acara festival budaya Nusantara yang bisa dikunjungi. Selain bisa menghibur, festival budaya itu mampu memperluas ilmu kita mengenai betapa banyaknya budaya di Indonesia.

Salah satu festival budaya yang wajib dikunjungi ialah Festival Iraw Tengkayu di Kota Tarakan. Acara itu diselenggarakan pada 21 - 22 Desember 2019. Selama dua hari, kamu akan melihat festival budaya dengan puncaknya pelarungan perahu yang disebut Padaw Tuju Dulung ke laut. Festival itu terselenggara bertepatan dengan hari jadi Kota Tarakan ke-22.

Lebih jelas lagi, pesta adat Iraw Tengkayu merupakan upacara tradisional masyarakat Tidung di Tarakan, Kalimantan Utara dengan menghanyutkan sesaji ke laut dan diisi dengan berbagai macam perlombaan. Kegiatan ini digelar dua tahun sekali bertepatan dengan hari ulang tahun Kota Tarakan.

“Kami ingin mengajak wisatawan baik dalam dan luar negeri untuk datang ke festival ini. Eent ini merupakan perpaduan budaya dan atraksi yang menarik dengan puncak acara sebagai simbol rasa bersyukur masyarakat kepada Tuhan,” ujar Wali Kota Tarakan, Khairul.

Sebagai festival budaya yang dilestarikan, Iraw Tengkayu sendiri memiliki dua arti yaitu Iraw sebagai perayaan sementara Tengkayu ialah pulau kecil di tengah laut yakni pulau Tarakan. Upacara yang dilakukan masyarakat adat Tidung sudah berlangsung turun temurun. Nantinya, inti kegiatan akan diisi ritual Parade Padaw Tuju Dulung (perahu tujuh haluan) dengan melepaskan perahu berisi makanan atau pakan ke laut.

Warna-warni busana yang dipakai saat festival membuat festival semakin meriah. Tak hanya turis yang akan berdecak kagum melihat festival itu, festival ini juga menjadi incaran fotografer untuk bisa mengabadikan momen festival budaya yang diselenggarakan dua tahun sekali ini.

Bicara festival, nantinya sebelum dilepas ke laut, perahu bercorak tiga warna kuning, hijau dan merah akan diarak keliling kota. Setiap warna memiliki makna masing-masing, salah satunya kuning yang melambangkan kehormatan atau sesuatu yang diagungkan. Karenanya, warna di tempatkan paling atas dari Padaw Tuju Dulung.

Di perahu ini ada satu tiang tertinggi yang mengartikan bahwa penguasa tertinggi alam semesta adalah Allah SWT.

Tak hanya itu, Padaw Tuju Dulung juga memiliki 5 tiang yang melambangkan shalat lima waktu untuk umat Islam dalam kesehariannya.

Ke lokasi festival Iraw Tengkayu

Bagi kamu yang penasaran dengan festival tersebut, kamu bisa mengunjungi langsung ke Kota Tarakan. Untuk bisa ke sana, bagi kamu yang tinggal di Jakarta, kamu bisa menggunakan pesawat dengan maskapai yang tersedia.

Sebaiknya, kamu pilih tanggal sebelum festival Iraw Tengkayu dimulai. Setidaknya, satu hari sebelum kamu bisa datang ke Kota Tarakan.

Setelah sampai di Bandara Internasional Juwata, kamu hanya butuh 30 menit untuk sampai ke pusat Kota Tarakan. Untuk menuju ke pusat kota, kamu bisa manfaatkan angkutan bus Damri. Cukup dekat kan.

Bagi wisatawan internasional, kamu bisa mengunjungi Kota Tarakan melalui jalur udara dari Jakarta dan Bali. Tarakan bisa dijangkau melalui penerbangan langsung dari Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Makassar, dan Balikpapan, serta penerbangan transit dari seluruh Indonesia.

Untuk menuju Kota Tarakan melalui jalur laut, terdapat 4 pelabuhan utama Tarakan antara lain Pelabuhan Tengkayu I, Pelabuhan Tengkayu II, Pelabuhan Malundung dan Pelabuhan Juwata Laut.

Nah, kalau sudah begitu, siapkan perlengkapan travelling kamu untuk pergi ke Kota Tarakan dan jadi saksi Festival Iraw Tengkayu 2019. Ayo, ke Kota Tarakan pada tanggal 21 – 22 Desember 2019.

 

(*)

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya