Langkah Polri Cegah Virus Corona Menularkan ke Anggotanya

Polri menerapkan pengecekan suhu tubuh bagi para anggotanya yang akan berkantor

oleh Yopi Makdori diperbarui 16 Mar 2020, 15:17 WIB
Diterbitkan 16 Mar 2020, 15:17 WIB
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Raden Prabowo Argo Yuwono
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Raden Prabowo Argo Yuwono. (Ady Anugrahadi/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta Penyebaran Covid-19 atau virus Corona dianggap telah mengkhawatirkan. Pemerintah pun telah mengumumkan bencana nasional non-alam atas kasus tersebut.

Beberapa instansi baik swasta maupun pemerintah melakukan langkah-langkah preventif guna mencegah penyebaran virus tersebut. Tak luput juga dengan Polri.

Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Argo Yuwono menyebut pihaknya telah melakukan langkah pencegahan penyabara wabah tersebut. Salah satunya dengan melaksanakan olahraga rutin guna menjaga kebugaran anggota.

"Kepolisian pun telah mengeluarkan telegram ke wilayah. Berkaitan dengan pencegahan preventif terhadap anggota kepolisian sendiri baik terhadap diri sendiri maupun tempat kerja. Contohnya bahwa dalam kepentingan dalam urusan pribadi kita adakan olahraga, kita mengonsumsi vitamin, kita makan yang sehat, kita tetap menjaga kebugaran fisik menjaga kebugaran badan dengan harapan bisa masuk kantor prima," ungkap Argo di kantornya, Jakarta, Senin (16/3/2020).

Selain itu, lanjut Argo di Kantor Bareskrim juga dilakukan pengecekan suhu tubuh yang dilakukan langsung oleh dokter kesehatan Mabes Polri.

"Kemudian semua ada di rata-rata suhu. Sehingga anggota bisa masuk ke ruangan seperti biasa. Dan di ruangan pun kita ada hand sanitizer, kita tetap cuci tangan. Di dalam ruangan pun kita adakan bersih-bersih," jelasnya.

Bagi Divisi Humas sendiri, Argo mengungkapkan dilakukan perenggangan setiap kali usai melaksanakan apel pagi. Rencana, kata Argo pihaknya akan melakukan penyemprotan desinfektan di kantor dan asrama.

"Kemarin juga kita di pelayanan publik di Samsat, tempat ibadah, di Gambir Stasiun. Di bandara dan pelabuhan. Kita bantu semua anggota terlibat," ungkapnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:


Lakukan Edukasi

Penjagaan Keamanan Daerah
Ilustrasi polisi. (Liputan6.com)

Argo juga menjelaskan, pihaknya akan melakukan pendidikan ke masyarakat mengenai Covid-19 dan penanggulangannya supaya masyarakat tidak panik.

"Kita akan melakukan edukasi pada masyarakat ya. Biar tidak terjadi artinya tak menakuti tidak terjadi sesuatu hal yang tak diinginkan. Kita bersama-sama untuk menjaga untuk tetap di zona aman dan nyaman dalam menghadapi pandemi corona. Supaya tetap kuat negara ini," tandasnya. 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya