Tes Swab Corona di RSCM Kencana Bisa Dilakukan Drive Thru, Ini Alurnya

Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Kencana Jakarta membuka layanan tes swab corona (Covid-19) secara drive thru.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 26 Apr 2020, 12:33 WIB
Diterbitkan 26 Apr 2020, 12:33 WIB
tes Corona drive thru
Melalui Instagram @ridwankamil, terlihat sejumlah kendaraan roda empat mengantri saat harus melakukan tes Corona

Liputan6.com, Jakarta - Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Kencana Jakarta membuka layanan tes swab corona (Covid-19) secara drive thru. Tes swab dilakukan dengan mengambil sampel lendir tenggorakan orang yang diduga terinfeksi virus corona dan diuji melalui metode polymerase chain reaction (PCR).

"RSCM Kencana membuka pelayanan Drive Thru Swab PCR Covid-19 mulai 27 April 2020. Waktu pelayanan setiap hari Senin-Jumat (08.00-10.00 WIB), dengan perjanjian sebelumnya," bunyi pengumuman yang ditulis RSCM Kencana dalam akun instragram resminya, Minggu (26/4/2020).

Berikut alur layanan tes swab Covid-19 drive thru di RSCM Kencana:

1. Melakukan pendaftaran melalui WA Center RSCM Kencana di nomor 082112577929

2. Petugas akan mengirimkan e-formulir yang harus diisi oleh pasien secara online dan informasi pembayaran

3. Pasien melakukan pembayaran melalui transfer

4. Pasien melakukan pengisian e-formulir dan upload bukti transfer

5. Petugas akan menginformasikan jadwal pemeriksaan drive thru pasien

6. Pasien datang ke lokasi Swab Drive Thru sesuai jadwal yang telah diinformasikan

7.Pemeriksaan swab akan dilakukan pada saat pasien berada di dalam mobil

8. Pemeriksaan selesai. Hasil akan dikirimkan melalui email.

 


Pasien Bertambah

Sementara itu, pemerintah mengumumkan bahwa jumlah pasien virus corona di Indonesia mencapai 8.607 kasus positif hingga Sabtu (25/4/2020). Adapun pasien sembuh sebanyak 1.042 orang sedangkan pasien meninggal akibat virus ini totalnya 720 orang.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta agar tes untuk mendeteksi virus corona dengan metode PCR dilakukan 10.000 spesimen setiap harinya. Jokowi tak mau ada penumpukan pemeriksaan sampel khususnya di daerah episentrum penyebaran virus corona.

Indonesia sendiri telah menerima bantuan alat uji Polymerase Chain Reaction atau PCR yang mampu memeriksa 32.200 kasus dalam penanganan pandemi virus corona dari pemerintah Korea Selatan. Bantuan tersebut diserahkan Duta Besar Korea Selatan H.E. Kim Changbeom kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID – 19 pada Jumat (24/4/2020).

Dubes Kim menyampaikan bahwa bantuan ini merupakan komitmen pemerintahnya kepada Pemerintah Indonesia, khususnya dalam penanganan pandemi virus corona.

Bantuan alat tes ini merupakan tindak lanjut dari komitmen Pemerintah Korea Selatan untuk memprioritaskan Indonesia dalam kerja sama penanganan COVID – 19," kata Dubes Kim dalam konferensi pers di Media Center Gugus Tugas di Graha BNPB, Jakarta, pada Jumat (24/4).

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya