Brigjen Reinhard Silitonga Resmi Dilantik Jadi Dirjen Pas Kemenkumham

Selain Irjen Andap, Brigjen Reinhard, dan Jhoni Ginting, Menkumham juga melantik pimpinan tinggi pratama lainnya di lingkungan Kemenkumham.

oleh Fachrur Rozie diperbarui 04 Mei 2020, 12:52 WIB
Diterbitkan 04 Mei 2020, 12:49 WIB
Menkumham melantik Reinhard Silitonga (kanan) menjadi Dirjen PAS.
Menkumham melantik Reinhard Silitonga (kanan) menjadi Dirjen PAS. (istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Hamonangan Laoly resmi melantik Irjen Andap Budhi Revianto sebagai Inspektur Jenderal Kemenkumhan dan Brigjen Reinhard Silitonga sebagai Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen Pas) Kemenkumham.

Irjen Andap resmi menduduki posisi yang sebelumnya ditempati oleh Jhoni Ginting. Jhoni Ginting akan menduduki Dirjen Imigrasi. Sementara Brigjen Reinhard Silitonga menggantikan posisi Sri Puguh Budi Utami dan juga Nugroho yang sempat menjadi Plh Dirjen Pas.

Bersama Irjen Andap, Brigjen Reinhard, dan Jhoni Ginting, Yasonna juga melantik pimpinan tinggi pratama lainnya di lingkungan Kemenkumham.

Pelantikan yang berlangsung di Graha Pengayoman, Kemenkumham ini dimulai dengan pembacaan Keputusan Presiden Joko Widodo tentang pengangkatan jabatan tinggi madya di lingkungan Kemenkumham.

Kemudian pembacaan Surat Keputusan Menkumham Yasonna tentang pemberhentian dan pengangkatan dalam jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkungan Kemenkumham.

Setelah itu dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan yang dipimpin langsung Menkumham Yasonna Laoly.

"Bersediakan saudara saya ambil sumpah menurut agama masing-masing?" Tanya Yasonna yang disambut dengan kata bersedia oleh seluruh jajaran Kemenkumham yang dilantik.

"Sebelum mengambil sumpah ini, ketahuilah bahwa sumpah ini disaksikan oleh Tuhan Yang Maha Mengetahui, sumpah ini diucapkan dalam kesadaran yang sepenuhnya dan dengan kemauan yang sesungguh-sungguhnya, sumpah ini adalah janji kepada Tuhan dan manusia yang harus ditepati dengan segala keikhlasan dan kejujuran," kata Yasonna.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Penandatanganan

Menkumham Raker dengan DPR Bahas RKAKL dan RKP Tahun 2020
Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly saat mengikuti rapat kerja dengan Komisi III DPR, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (13/6). Raker membahas pendahuluan RKA-KL dan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Kementerian Hukum dan HAM tahun 2020. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Usai pengambilan sumpah jabatan, kemudian dilakukan penandatanganan sumpah jabatan dan pakta itegritas. Setelah itu dilanjutkan dengan serah terima jabatan.

Yasonna berharap kepada jajarannya yang baru saja dilantik untuk bisa menjalankan tugas dengan baik.

"Saudara yang telah saya ambil sumpah dengan ini secara resmi saya lantik pada jabatan bagaimana tercantum dalam surat keputusan yang telah dibacakan, semoga saudara-saudara semua selalu dapat bimbingan peyunjuk dari Tuhan Yang Maha Esa, selama menjalankan tugas tersebut," kata Yasonna.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya