HUT ke-493 Jakarta, Pemprov Gelar Tur Virtual dari Ancol hingga Museum

Tur secara virtual di sejumlah lokasi wisata di Jakarta rencananya dilaksanakan pada Senin 22 Juni 2020.

oleh Ika Defianti diperbarui 19 Jun 2020, 19:41 WIB
Diterbitkan 19 Jun 2020, 19:41 WIB
Uniknya Ondel-ondel Ajak Masyarakat Gunakan Masker
Warga memasangkan masker pada ondel-ondel di depan pintu masuk permukiman RT 12 RW 14, Cipinang Besar Utara, Jakarta, Kamis (16/4/2020). Warga secara swadaya membuat ondel-ondel tersebut sebagai upaya mengajak masyarakat melindungi diri dari penyebaran Covid-19. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Liputan6.com, Jakarta - Pemprov DKI Jakarta akan menggelar sejumlah kegiatan tur virtual dalam perayaan hari ulang tahun (HUT) DKI ke-493. Mulai dari tur virtual ke Ancol hingga sejumlah museum di wilayah Jakarta.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kreatif DKI Jakarta Cucu Ahmad Kurnia mengatakan, tur secara virtual di sejumlah lokasi wisata di Jakarta rencananya dilaksanakan pada Senin 22 Juni 2020.

"Kita buat virtual tur di beberapa objek wisata seperti Ancol, Ragunan, dan Pulau Seribu," kata Cucu saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (19/6/2020).

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kebudayaan DKI Imam Hadi Purnomo menyatakan, saat perayaan HUT Jakarta, masyarakat juga dapat menonton secara virtual tur kegiatan di sejumlah museum. Seperti halnya museum sejarah, seni, hingga bahari.

Dia juga menyatakan, pihaknya telah menyiapkan pula Jakarta City Philarmonic, tayangan soal profil Planetarium, profil Masjid Amir Hamzah, dan Setu Babakan.

"Lalu ada Tik Tok, pergelaran seni budaya, sejarah Kota Jakarta dalam virtual tur museum sejarah," kata Imam saat dihubungi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Pemkot Jakut Bakal Batasi Peserta Upacara Peringatan HUT DKI Jakarta

Anies Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila di Monas
Aparatur Sipil Negara (ASN) memberi hormat bendera saat mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Monas, Jakarta, Sabtu (1/6/2019). Upacara yang dipimpin langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diikuti ASN serta perwakilan organisasi masyarakat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sementara itu, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara bakal membatasi peserta upacara peringatan HUT ke-493 DKI Jakarta hanya 50 orang, pada Senin (22/6/2020) nanti.

Kepala Bagian Umum dan Protokol Kota Administrasi Jakarta Utara, Win Bawar Gayo menjelaskan, selain melakukan pembatasan jumlah peserta, pelaksanan upacara di Plaza Barat Kantor Wali Kota ini juga akan menerapkan jaga jarak fisik, menggunakan masker dan mewajibkan cuci tangan pakai sabun.

"Ini adalah upacara pertama di masa pandemi Covid-19. Karena itu, pelaksanaanya harus menyesuaikan dengan protokol kesehatan," katanya seperti dikutip BeritaJakarta.com, Kamis (18/6/2020).

Walau merupakan agenda resmi, dipastikan Win pelaksanaan upacara tidak akan menghadirkan tim paduan suara. Hal itu lantaran mempertimbangkan aspek protokol kesehatan Covid-19.

Dilanjutkan Win, pelaksanaan upacara tidak hanya di tingkat kota. Nantinya camat dan lurah akan menggelar upacara serupa di kantor kecamatan.

"Jumlah pesertanya juga dibatasi hanya 30 orang," tandasnya.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya