Dirlantas Polda Metro Jaya Pantau Arus Kendaraan di Tol Jakarta-Cikampek

Arus lalu lintas di sepanjang tol Jakarta-Cikampek terbilang relatif lancar dan tidak terdapat kepadatan kendaraan yang berarti.

oleh Bam Sinulingga diperbarui 31 Jul 2020, 18:06 WIB
Diterbitkan 31 Jul 2020, 18:06 WIB
Contraflow Dibuka, Tol Jakarta-Cikampek Tetap Macet
Kendaraan melintas di contraflom KM 28 Tol Jakarta - Cikampek, Jawa Barat, Kamis (30/5/2019). Kemacetan disebabkan antrean masuk ke rest area di beberapa titik. Antrean menyebabkan arus lalu lintas menjadi tersendat. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Banyaknya warga yang memanfaatkan libur panjang Idul Adha 2020 dengan bepergian ke luar kota, menyebabkan peningkatan jumlah kendaraan yang cukup signifikan di Tol Jakarta-Cikampek. Hal ini diantisipasi pihak Jasa Marga dengan merekayasa lalu lintas dan menempatkan petugas di beberapa titik untuk monitoring.

Dir Lantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo memantau langsung arus lalu lintas di jalur tol Jakarta-Cikampek, tepatnya di rest area KM 19. Petugas juga mendirikan pospam di rest area agar bisa terus memantau perkembangan arus di sepanjang lokasi.

Berdasarkan pantauan Dir Lantas, arus lalu lintas di sepanjang tol Jakarta-Cikampek terbilang relatif lancar dan tidak terdapat kepadatan kendaraan yang berarti.

"Suasana jalan relatif lancar. Kecepatan kendaran yang menuju arah Cikampek dapat melaju antara 40-80 kilometer per jam," kata Sambodo di Bekasi, Jumat (31/7/2020).

Menurut dia, jalur Tol Jakarta-Cikampek masih cukup menampung kendaraan yang melintas dari kedua arah, sejauh tidak ada penumpukan kendaraan.

Pihaknya pun mengimbau agar pengendara selalu berhati-hati dan waspada khususnya yang melakukan perjalanan jauh. Jika sudah merasa kelelahan, sebaiknya menghentikan perjalanan dan beristirahat sejenak demi keselamatan.

"Kami petugas lalu lintas hanya mengimbau agar para pengendara untuk lebih berhati-hati dalam berkendara mengisi libur panjang ini," imbuh Sambodo.

Sementara, Kapolsek Tambun AKP Gana Yudha yang turut memantau menegaskan sudah ada petugas yang bersiaga dengan mendirikan pospam di sejumlah titik. Para petugas tersebut rutin melaporkan kondisi lalu lintas di sepanjang ruas tol.

"Penjagaan dilakukan selalu 24 jam untuk kenyamanan pengendara di musim libur panjang Hari Raya Idul Adha ini," tegasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Berlakukan Contraflow

Sebelumnya pada Kamis 30 Juli 2020, pihak Jasa Marga memberlakukan rekayasa lalu lintas contraflow untuk mengurai kepadatan. Contraflow diberlakukan sejak pukul 21.20 WIB, mulai dari KM 47 sampai KM 61 arah Cikampek.

Selain faktor libur panjang, kepadatan juga terjadi akibat adanya sejumlah gangguan di lajur tol. Dengan rekayasa ini diharapkan dapat mengurai kepadatan di titik pertemuan jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated dan jalan Tol Jakarta-Cikampek bawah di KM 48.

Untuk mendukung kelancaran contraflow, Jasa Marga juga menyiagakan petugas dan penyiapan rambu-rambu. Pengendara pun diimbau untuk selalu mematuhi rambu-rambu dan memastikan kendaraan dalam kondisi prima.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya