Dampak Kepulangan Rizieq Shihab Saat Simpatisan Menjemput di Bandara Soetta

Kedatangan pendukung Rizieq Shihab sempat membuat sejumlah ruas jalan mengalami kemacetan parah. Bahkan arah Bandara Soetta sempat mengular sejauh 7 kilometer.

oleh Maria FloraLiputan6.com diperbarui 10 Nov 2020, 17:02 WIB
Diterbitkan 10 Nov 2020, 17:02 WIB
Rizieq Shihab
Rizieq Shihab menyapa massa yang menunggunya di Terminal 3 Kedatangan Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (10/11/2020). Pimpinan FPI dan rombongan tiba di Tanah Air dengan menumpang pesawat Saudi Arabia Airlines SV816, rute Jeddah-Jakarta. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Ribuan massa simpastisan dari Front Pembela Islam (FPI) memadati sejumlah akses Tol Bandara Soekarno Hata (Soetta) untuk menyambut pimpinan FPI, Rizieq Shihab, Selasa (10/11/2020) pagi. 

Kedatangan pendukung Rizieq sontak membuat sejumlah ruas jalan mengalami kemacetan parah. Bahkan arah Bandara Soetta sempat mengular sejauh 7 kilometer. 

Kemacetan tersebut, menurut Marketing and Communication Department Head Jasamarga Metropolitan Tollroad Plaza Tol Cililitan, Irra Susiyanti, terpantau di ruas Tol Prof. Dr. Ir. Soedijatmo arah Bandara Soetta.

"Ekor antrean telah mencapai Km 27+600 (7 km)," kata dia dalam keterangan tertulis, Selasa (10/11/2020).

Guna memecah kemacetan, pihak Jasa Marga bahkan sempat mengimbau para pengguna jalan menggunakan jalur alternatif.

Sejumlah calon penumpang pun ada yang terpaksa harus berjalan kaki imbas macetnya kendaraan di tol menuju bandara jelang kepulangan Rizieq Shihab tadi pagi. 

Selalin itu, Stasiun KA Bandara di Manggarai juga sempat melakukan penyesuaian jadwal keberangkatan ke Bandara Soetta lebih siang dari biasanya. 

Berikut dampak yang ditimbulkan jelang kedatangan Rizieq Shihab saat ribuan massanya di Bandara Soetta: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Rizieq Pulang, Jalan ke Bandara Soetta Mengular 7 Km

FOTO: Rizieq Shihab Pulang, Tol Bandara Soetta Macet Parah
Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan panjang di tol yang mengarah ke Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, Selasa (10/11/2020). Kemacetan terjadi karena adanya penyambutan kepulangan pimipinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Kepadatan kendaraan terjadi di ruas jalan menuju Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng pada Selasa (10/11/2020) pagi. Kemacetan tol arah Bandara Soetta mengular hingga sepanjang 7 kilometer (km).

Menurut Marketing and Communication Department Head Jasamarga Metropolitan Tollroad Plaza Tol Cililitan, Irra Susiyanti, antrean panjang ini imbas dari kepadatan yang terjadi di Bandara Soekarno-Hatta sejak pukul 04.00 WIB.

"Berdampak hingga Jalan Tol Prof. Dr. Ir. Soedijatmo," ucap dia.

Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) selaku pengelola ruas tol tersebut sempat berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk pengaturan lalu lintas guna mengurai kepadatan di jalan tol.

Bagi pengguna jalan yang sedang dalam perjalanan menuju ke Bandara Soetta diputarbalikan di u-turn Km 30+800.


Keluhan dari Calon Penumpang Bandara

20151224-Tol-Bandara-Tangerang-FRS
Suasana arus lalu lintas di sepanjang ruas jalan tol Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Tangerang, Rabu (24/12). Meningkatnya penumpang pada Natal dan Tahun Baru tahun ini membuat kemacetan di Terminal 1 dan 2. (Liputan6.com/Faisal R Syam)

Massa FPI yang akan menyambut kedatangan Rizieq Sihab kepung Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta), membuat para calon penumpang penerbangan harus tergopoh-gopoh menenteng koper mencari jalan alternatif menuju Terminal 2 dan 3 di bandara tersebut.

"Parah, saya ada penerbangan ke Yogyakarta. Ini masih tertahan di pintu masuk (M1)," ungkap Hasan, salah seorang penumpang di Bandara Soekarno-Hatta, Senin, 10 November 2020.

Hasan mengaku, dia bersama seorang kawan harus menyeret koper dari pintu masuk depan TOD M1. Setelah sebelumnya harus turun di tengah jalan karena kemacetan luar biasa di Jalan Daan Mogot, kemudian melanjutkan perjalanan dengan ojek online.

"Sampai sini masih berebutan ojek, ada mobil jemputan juga ikutan penuh sama kayanya pegawai-pegawai sini," keluhnya.

Pantauan di sepanjang jalan raya Terminal 3, terlihat ojol mondar mandir mengantar penumpang. Ada juga shuttle yang disediakan, juga penuh dengan pegawai dan penumpang.

Tak sedikit pula calon penumpang yang memilih untuk berjalan kaki saat mobil yang tumpanginya terjebak oleh kemacetan akibat pendukung Rizieq mulai memadati ruas jalan tol arah bandara. 


Stasiun KA Soetta Mulai Beroperasi Pukul 11.57 WIB

(Foto:Merdeka.com/Dwi Aditya Putra)
KA bandara dari Bekasi (Foto:Merdeka.com/Dwi Aditya Putra)

Penyesuaian perjalanan KA Bandara Soekarno-Hatta juga dilakukan oleh PT Railink. 

"Hal ini kami laksanakan sebagai upaya antisipasi kemacetan transportasi dari Stasiun KA Bandara menuju terminal-terminal bandara Soekarno-Hatta maupun sebaliknya karena diperkirakan akan ada kegiatan massa," kata Mukti dalam keterangan tertulis, Selasa (10/11/2020).

Kata dia, untuk keberangkatan dari Stasiun Manggarai hanya melayani hingga Stasiun Batu Ceper. Penyesuaian itu di mulai pukul 05.40-10.10 WIB.

Selain itu, jadwal keberangkatan dari Stasiun KA Bandara Soekarno-Hatta mulai melayani pelanggan mulai pukul 11.57 WIB.

"Hanya melayani stasiun Manggarai - Stasiun BNi City - Stasiun Duri - Stasiun Batu Ceper, dan perjalanan normal kembali mulai pukul 10.40 WIB," ucapnya.


Kereta Bandara Soetta Cuma Sampai Stasiun Duri

Railink
Kereta bandara dari Railink.

Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta ikut terdampak dari kerumunan simpatisan penjemput Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab di Bandara Soekarno-Hatta.

Humas PT Railink Diah Suryandari mengatakan KA Bandara Soetta harus menyesuaikan jadwal akibat kerumunan tersebut.

"Kami laksanakan penyesuaian jadwal perjalanan," ujar dia melalui pesan teks, Selasa (10/11/2020).

Adapun KA Bandara Soetta yang berangkat dari Stasiun Manggarai hanya bisa beroperasional sampai dengan Stasiun Duri karena terdampak dari kerumunan simpatisan penjemput Pimpinan FPI Rizieq Shihab.

Operasional KA Bandara tidak dilakukan di Stasiun Batuceper dan juga Stasiun Bandara Soekarno-Hatta.


Puluhan Penerbangan Terlambat

Suasana penjemputan Rizieq Shihab oleh simpatisannya di Bandara Soetta
Suasana penjemputan Rizieq Shihab oleh simpatisannya di Bandara Soetta. (Liputan6.com/Pramita Tristiawati)

Ada 30-40 penerbangan yang terlambat (delay) akibat kemacetan dan kerumunan ribuan simpatisan Rizieq Shihab di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Selasa (10/11/2020).

Selama sehari, seharusnya ada 500 sampai 550 penerbangan. Bila dilihat jadwal pagi hari, ada sekitar 30-40 penerbangan.

"Ada sekitar 30 sampai 40 flight yang delay, ini bisa di-reschedule," ungkap VP Of Corporate Communication PT Angkasa Pura II, Yado Yarismano, soal dampak penjemputan Rizieq Shihab, Tangerang, Selasa.

Namun, Yado membantah kabar soal banyaknya maskapai yang meng-cancel jadwal penerbangan dan menjadi viral di berbagai media sosial karena penjemputan Rizieq Shihab.

Dia menjelaskan, jadwal tersebut sudah tersusun sejak enam bulan lalu atau disusun dari awal.

"Maskapai itu menjadwalkan atau mengajukan slot penerbangan dari jauh-jauh hari, per season, bisa 6 bulan sebelum hari ini," tutur Yado.


Imbas Konvoi Simpatisan, Akses Menuju Tol Soediyatmo Macet

macet
Akses menuju tol Soediyatmo dari Bandara Soetta masih mengalami kemacetan. (Liputan6.com/Pramita Tristiawati)

Pantauan Liputan6.com, arus lalu lintas di sekitar Bandara Soetta yang akan menuju Rawa Bokor, dan Tol Ir. Soedyatmo pun tersendat, kendaraan roda empat atau lebih hanya mampu membawa kendaraan dengan kecepatan rata-rata 5 Km/jam.

Tersendatnya arus lalu lintas di kawasanBandara Soetta tersebut pun diakibatkan para simpatisan yang melakukan konvoi untuk kembali ke lokasi masing-masing, serta mengiringi perjalanan Rizieq Shihab menuju Petamburan, Jakarta.

Wakasat Lantas Polres Bandara Soetta, AKP Tugiyo mengatakan, kondisi arus lalu lintas saat ini masih tersendat, bahkan kawasan P1 dilakukan contra flow.

"Ya betul, saat ini masih tersendat, masih bisa jalan, tapi tetap ikuti arus simpatisan. Namun, kini kita lakukan contra flow," ujarnya.

 

(Fifiyanti Abdurahman)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya