Potret Rizieq Shihab Jelang dan Saat Pemeriksaan di Polda Metro Jaya

Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab masih menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya.

oleh Ady Anugrahadi diperbarui 12 Des 2020, 18:22 WIB
Diterbitkan 12 Des 2020, 18:22 WIB
Datangi Polda Metro Jaya, Rizieq Shihab Diperiksa Sebagai Tersangka
Rizieq Shihab (tengah) memberi keterangan sesaat sebelum masuk gedung utama Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (12/12/2020). Rizieq Shihab akan menjalani pemeriksan sebagai tersangka penghasutan dan kerumunan di tengah pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta - Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab masih menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya. Rizieq menjalani pemeriksaan sebagai tersangka kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Sejumlah foto dan video memperlihatkan aktivitas Rizieq Shihab selama berada di Polda Metro Jaya sebelum dan saat pemeriksaan. 

Pada foto pertama yang diperoleh Liputan6.com, Rizieq Shihab duduk di kursi berbalut baju putih dengan memegang tongkat. Wajahnya ditutupi masker putih.

Rizieq tak sendirian, dia didamping sejumlah penasihat hukum, salah satunya Munarman yang duduk di sebelahnya. Di sekelilingnya pun berdiri sejumlah anggota kepolisian.

Sementara itu, di hadapan Rizieq Shihab, ada petugas medis menggunakan alat pelindung diri.

Pada rekaman video terdengar suara Munarman yang mengingatkan kepolisian terhadap kode etik kedokteran.

"Minta supaya karena Habib Rizieq punya dokter pribadi, dan tindakan kesehatan itu adalah prosedur dari orang yang diperiksa. Dan bagaimana pun ada kode etik kedokteran yang harus ditaati," kutip Liputan6.com, dari suara yang terdengar di dalam video tersebut.

Diperkirakan foto dan video itu diabadikan oleh seseorang ketika Rizieq Shihab menjalani tes usap atau swab tes antigen untuk mendeteksi ada tidaknya Covid-19. Sementara, dari keterangan kepolisian, hasil tes usap Rizieq Shihab negatif Covid-19.

Foto kedua menunjukkan Rizieq Shihab tengah menjalani pemeriksaan di ruang penyidik. Terlihat kepolisian tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 selama pemeriksaan.

Rizieq Shihab duduk berhadap-hadapan dengan penyidik. Dia masih mengenakan pakaian yang sama seperti sebelumnya. Pakaian serba putih lengkap dengan sorban putih di kepala. Rizieq Shihab juga masih tetap mengenakan masker. Di duduk berhadap-hadapan dengan seorang penyidik.

Pada foto itu, penyidik terlihat mengetik pernyataan yang disampaikan oleh Rizieq Shihab ke sebuah laptop.

Terlihat juga dua penasihat hukum Rizieq Shihab yakni Munarman dan Aziz Yanuar di belakang Pimpinan FPI itu. Mereka duduk di kursi panjang. Jarak antara keduanya diberikan batas dengan tanda silang.

Hingga pukul 18.00 WIB, pemeriksaan masih berlangsung. Munarman sempat memberikan keterangan kepada awak media. Dia menyebut sejauh ini, baru 10 pertanyaan yang dilontarkan oleh penyidik kepada Rizieq Shihab. Pertanyaannya pun masih berkutat diseputar data diri pribadi.

"Proses pemeriksaannya tadi baru tahap awal sekitar 10an lebih pertanyaan, belum masuk ke substansi pemeriksaan dengan pasal yang dituduhkan, belum, baru tahap awal, identitas, domisili, kira-kira itu," tandas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Rizieq Shihab duduk di hadapan petugas medis yang menggunakan alat pelindung diri.

Rizieq Shihab akan saat tes swab di Polda Metro Jaya. (Istimewa)
Rizieq Shihab akan saat tes swab di Polda Metro Jaya. (Istimewa)

Foto kedua menunjukkan Rizieq Shihab tengah menjalani pemeriksaan di ruang penyidik. Terlihat kepolisian tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 selama pemeriksaan.

Rizieq Shihab tengah menjalani pemeriksaan di ruang penyidik.
Rizieq Shihab tengah menjalani pemeriksaan di ruang penyidik. (Istimewa)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya