Sempat Kabur di Bali, Buronan Asal Rusia Dideportasi Lewat Bandara Soetta

Andrew dijemput oleh petugas Interpol dari Rusia yang akan mengawal selama proses pemulangan dari Jakarta hingga ke negara asalnya.

oleh Pramita Tristiawati diperbarui 24 Mar 2021, 09:24 WIB
Diterbitkan 24 Mar 2021, 09:16 WIB
rusia
Buronan Interpol asal Rusia, Andrew Ayer alias Andrew Kovalenko, dikawal petugas Interpol yang akan mengawalnya saat dideportasi ke negara asalnya dari Bandara Soekarno Hatta, Selasa (23/3/2021) malam. (Liputan6.com/Pramita Tristiawati)

Liputan6.com, Jakarta Buronan Interpol asal Rusia, Andrew Ayer alias Andrew Kovalenko, sudah dideportasi melalui Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Bandara Internasional Soekarno Hatta. Andrew dipulangkan ke negara asalnya menggunakan pesawat Singapore Airlines, Selasa (23/3/2021) malam.

Sebelumnya, buronan dengan kasus kejahatan narkoba itu, sempat kabur dari Kantor Imigrasi Kelas I TPI Ngurah Rai, setelah dijenguk oleh kekasihnya. Namun, pria tersebut berhasil ditangkap kembali dan menjalani proses deportasi dari Bali menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta, kemudian diterbangkan ke Moskow, Rusia.

Andrew berangkat dari Bali menuju Jakarta menggunakan pesawat Garuda Indonesia nomor penerbangan GA413 dan tiba di Bandara Soekarno Hatta, Selasa pukul 14.00 WIB. Andrew kemudian dijemput oleh petugas Interpol dari Rusia yang akan mengawal selama proses pemulangan dari Jakarta hingga ke negara asalnya.

Dia pun terlihat didampingi oleh petugas dari Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno Hatta selama menunggu proses keberangkatannya.

"Proses pendeportasian ini merupakan bentuk pelaksanaan fungsi Imigrasi di bidang pengawasan dan penegakan hukum," ungkap Sam Fernando selaku Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta, Rabu (24/4/2021).

"Sehingga, sekali lagi, tugas Imigrasi itu tidak hanya paspor dan perlintasan, ada fungsi pengawasan dan penegakan hukum juga, itu bagian dari amanah undang-undang," pungkas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Transit di Singapura

Andrew pun dipulangkan ke negara asalnya menggunakan pesawat Singapore Airlines dengan nomor penerbangan SQ965 pukul 19.00 WIB yang akan transit di Singapura sebelum terbang ke Moskow.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya