6 Pernyataan Nadiem Segera Wajibkan Sekolah Lakukan Pembelajaran Tatap Muka

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim telah resmi mewajibkan pembelajaran tatap muka di sekolah usai para pendidik dan tenaga kependidikan melakukan vaksinasi Covid-19.

oleh Devira PrastiwiLiputan6.com diperbarui 30 Mar 2021, 20:05 WIB
Diterbitkan 30 Mar 2021, 20:05 WIB
Nadiem Jelaskan Persiapan Pembelajaran Tatap Muka Kembali dengan DPR
Menteri Pendidikan Nadiem Makarim saat rapat dengan Komisi X DPR, di Senayan, Jakarta, Kamis (18/3/2021). Dalam rapat teresebut membahas persiapan pembelajaran tatap muka kembali dan penerimaan mahasiswa baru 2021. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim telah resmi mewajibkan pembelajaran tatap muka di sekolah usai para pendidik dan tenaga kependidikan melakukan vaksinasi Covid-19.

"Karena kita sedang mengakselerasi vaksinasi, setelah pendidik dan tenaga pendidikan di dalam suatu sekolah telah divaksinasi secara lengkap, pemerintah pusat, pemerintah daerah atau kantor Kemenag mewajibkan satuan pendidikan tersebut untuk menyediakan layanan pembelajaran tatap muka terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan," ujar Nadiem dalam konferensi pers daring, Selasa (30/3/2021).

Hal tersebut juga menurut Nadiem, lantaran pemerintah menargetkan vaksinasi Covid-19 terhadap guru dan tenaga kependidikan selesai dilakukan pada pertengahan 2021 ini.

Meski begitu, mantan Bos Gojek ini menegaskan sekolah tetap harus memberikan pilihan kepada orangtua apakah mengizinkan atau tidak anaknya untuk melakukan pembelajaran tatap muka.

"Yang terpenting adalah orangtua atau wali murid boleh memilih, berhak dan bebas memilih bagi anaknya apakah mau melakukan pembelajaran tatap muka terbatas atau tetap melaksanakan pembelajaran jarak jauh," kata Nadiem.

 

Berikut 6 pernyataan Mendikbud Nadiem Makarim yang akan mulai mewajibkan pembelajaran tatap muka di sekolah dihimpun Liputan6.com:

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Digelar Usai Vaksinasi Covid-19 Menyeluruh

FOTO: Guru, Dosen dan Tenaga Pendidik Jalani Vaksinasi COVID-19
Petugas memeriksa kondisi kesehatan guru sebelum menjalani vaksinasi COVID-19 di SMA 70, Jakarta, Rabu (25/2/2021). Sebanyak 600 orang dari profesi guru, tenaga kependidikan, dan dosen akan divaksin COVID-19 hari ini. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim memutuskan untuk mewajibkan pembelajaran tatap muka kepada sekolah usai para pendidik dan tenaga kependidikannya telah menjalani vaksinasi Covid-19.

"Karena kita sedang mengakselerasi vaksinasi, setelah pendidik dan tenaga pendidikan di dalam suatu sekolah telah divaksinasi secara lengkap, pemerintah pusat, pemerintah daerah atau kantor Kemenag mewajibkan satuan pendidikan tersebut untuk menyediakan layanan pembelajaran tatap muka terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan," kata Nadiem dalam konferensi pers daring pada Selasa (30/3/2021).

 


Terapkan Sistem Rotasi dengan PJJ

FOTO: Guru, Dosen dan Tenaga Pendidik Jalani Vaksinasi COVID-19
Petugas memeriksa kondisi kesehatan guru sebelum menjalani vaksinasi COVID-19 di SMA 70, Jakarta, Rabu (25/2/2021). Sebanyak 600 orang dari profesi guru, tenaga kependidikan, dan dosen akan divaksin COVID-19 hari ini. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Nadiem menyebut, sekolah yang menggelar pembelajaran tatap muka juga wajib memberikan pilihan pembelajaran secara jarak jauh (PJJ).

Hal tersebut, menurut dia, juga demi memenuhi tuntutan protokol kesehatan. Di mana, pembelajaran tatap muka di masa pandemi hanya diizinkan 50 persen dari daya tampung ruangan.

"Jadi mau tidak mau walaupun sudah selesai vaksinasi dan diwajibkan untuk memberikan tatap muka terbatas, tapi harus melalui sistem rotasi. Sehingga harusnya menyediakan dua-dua opsinya, tatap muka dan juga pembelajaran jarak jauh," kata Nadiem.

 


Tetap Beri Pilihan pada Orangtua

FOTO: 6 Ribu Pelayan Publik dan Guru di Kota Tangerang Jalani Vaksinasi COVID-19
Suasana vaksinasi COVID-19 massal di Gedung Pemerintah Kota Tangerang, Banten, Kamis (25/2/2021). Vaksinasi ini dilaksanakan hingga satu minggu ke depan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Walaupun sekolah diwajibkan menggelar pembelajaran secara tatap muka, Nadiem mengatakan, keputusan untuk kembali menyekolahkan anaknya secara langsung ada di tangan para orangtua.

Dia menegaskan, orangtua masih memiliki pilihan apakah mau mendorong anaknya untuk belajar di sekolah atau tetap memilih belajar di rumah.

"Yang terpenting adalah orangtua atau wali murid boleh memilih, berhak dan bebas memilih bagi anaknya apakah mau melakukan pembelajaran tatap muka terbatas atau tetap melaksanakan pembelajaran jarak jauh," kata Nadiem.

 


Banyak Dampak Negatif PJJ

Siswa SD di Bekasi Kembali Sekolah Tatap Muka
Tanda X dipasang pada setiap meja sebagai pembatas antara tempat duduk siswa di SDN Pekayon Jaya VI, Bekasi, Rabu (24/3/2021). Jam pembelajaran tatap muka di Bekasi juga dibatasi, yakni mulai pukul 08.00 WIB hingga 11.00 WIB. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Mantan Bos Gojek Indonesia itu mengungkapkan kekhawatirannya jika sekolah tak kunjung menggelar pembelajaran secara tatap muka. Menurut Nadiem, banyak sekali dampak negatif yang ditimbulkan lantaran pembelajaran jarak jauh.

"Kita melihat tren tren yang sangat mengkhawatirkan, tren anak-anak yang putus sekolah. Kita melihat penurunan capaian pembelajaran, apalagi di daerah-daerah di mana akses dan kualitas itu tidak tercapai. Jadinya kesenjangan ekonomi menjadi lebih besar ya," terang dia.

Pembelajaran jarak jauh, lanjut Nadiem, juga terpotret menyebabkan orangtua menarik anaknya keluar dari sekolah. Hal ini lantaran mereka tak melihat peranan sekolah selama menggelar pembelajaran secara jarak jauh.

"Dan ada berbagai macam isu-isu kekerasan domestik yang terjadi dalam keluarga yang tidak terdeteksi. Jadi risiko dari sisi bukan hanya pembelajaran, tapi risiko dari masa depan murid itu dan risiko psikososial atau kesehatan mental dan emosional anak-anak itu, ini semuanya sangat rentan," ucap dia.

"Jadi kita harus mengambil tindakan tegas untuk menghindari agar ini tidak menjadi dampak yang permanen dan satu generasi menjadi terbelakang," sambung dia.

 


Sekolah Wajib Tutup Jika Ditemukan Kasus Covid-19

Simulasi Sekolah Tatap Muka dengan model Kelas Hybrid
Guru menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki kelas saat Simulasi Persiapan Kelas Hybrid dalam Pembelajaran Jarak Jauh di SMPN 255, Jakarta, Selasa (30/3/2021). Kelas Hybrid merupakan model sekolah tatap muka secara rotasi dengan jumlah kehadiran siswa 50 persen. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Kemudian, Nadiem menekankan jika dalam pelaksanaan pembelajaran tatap muka, sekolah itu ditemukan kasus positif Covid-19, maka wajib ditutup sementara.

"Kalau berdasarkan pengawasan terdapat kasus konfirmasi positif Covid-19, maka pemerintah pusat, daerah, Kantor Wilayah Kemenag dan kepala satuan pendidikan wajib melakukan penanganan kasus dan dapat memberhentikan sementara pembelajaran tatap muka di sekolah tersebut," papar dia.

Menurut Nadiem, penutupan akan dilakukan selama infeksi masih terjadi di sekolah.

"Dalam hal terdapat kebijakan pemerintah pusat, misalnya satu daerah atau kecepatan itu sedang melakukan PPKM, itu juga merupakan satu situasi di mana pembelajaran tatap muka dapat diberhentikan sementara," kata dia.

 


Pastikan Semua dalam Pengawasan

Siswa SD di Bekasi Kembali Sekolah Tatap Muka
Guru mengatur barisan siswa sesuai jarak yang ditentukan sebelum memasuki ruang kelas di SDN Pekayon Jaya VI, Bekasi, Rabu (24/3/2021). Sekolah yang diberi izin menggelar pembelajaran tatap muka adalah yang berlokasi di zona hijau dan kuning. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Nadiem juga menerangkan bahwa pembukaan pembelajaran tatap muka di sekolah wajib mendapatkan pengawasan dari pihak-pihak terkait.

"Pemerintah pusat dan daerah, serta Kanwil Kemenag wajib melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan pembelajaran di satuan pendidikan," tegas Nadiem.

 

(Dinda Permata)


Guru Disuntik Vaksin Covid-19, Siap Belajar Tatap Muka?

Infografis Guru Disuntik Vaksin Covid-19, Siap Belajar Tatap Muka? (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Guru Disuntik Vaksin Covid-19, Siap Belajar Tatap Muka? (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya