PPD Gratiskan Tarif Bus JR Connexion Rute Bogor-Jakarta Selama Sebulan

Namun, bus gratis ini hanya untuk kalangan tertentu, yaitu diperuntukan bagi lansia, anggota TNI/Polri, pelajar dan mahasiswa.

oleh Achmad Sudarno diperbarui 16 Jun 2021, 08:54 WIB
Diterbitkan 16 Jun 2021, 08:47 WIB
Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi telah meluncurkan angkutan pemukiman JR Connexion di ITC Mangga Dua, Jakarta.
Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi telah meluncurkan angkutan pemukiman JR Connexion di ITC Mangga Dua, Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta Perusahaan Umum Pengangkutan Penumpang Djakarta (Perum PPD) menggratiskan tarif bagi warga Kota Bogor yang menggunakan angkutan umum bus Jabodetabek Residence Connexion (JR Connexion).

Layanan transportasi massal gratis ini berlaku selama sebulan penuh terhitung mulai Selasa (15/6/2021), dengan rute dari Kota Bogor menuju beberapa wilayah di Jakarta.

Namun, bus gratis ini hanya untuk kalangan tertentu, yaitu diperuntukan bagi lansia, anggota TNI/Polri, pelajar dan mahasiswa.

"Kontribusi sementara ini memang tidak begitu wah, tapi ada manfaatnya buat masyarakat," jelas Direktur Utama Perum PPD, Pande Putu Yasa saat launching diskon pelanggan JR Connexion dari Perum PPD di Bogor Creative Center, Selasa (15/6/2021).

Meski begitu, ke depan pihaknya berkomitmen untuk bisa berkontribusi lebih kepada Kota Bogor. Terlebih, Kota Bogor juga akan melaksanakan program layanan bus dengan skema By The Service (BTS).

Menurutnya, program ini secara serentak berlangsung di enam kota, termasuk di Kota Bogor. Sehingga paat launching nanti, Perum PPD sudah siap mengoperasikan layanan JR Connexion secara penuh.

"Intinya memang tidak mendukung dari finansial, tapi dalam bentuk dukungan layanan, kami siap. Kendaraan kami beroperasi di Bogor. Jika Pemkot Bogor memerlukan kendaraan kami untuk operasional atau hal yang mendesak, kami siap melayani," terangnya.

Pande mengaku kehadiran Perum PPD di Kota Bogor sebagai sarana transportasi alternatif dan upaya antisipatif apabila KRL dari Stasiun Bogor tujuan Jakarta sudah tak bisa lagi menampung banyaknya penumpang.

Saat ini, tercatat ada 21 armada bus yang beroperasi. Tiga diantaranya masih gratis, sementara sisanya berbayar. Namun dalam sebulan ini, seluruh armada digratiskan bagi kalangan tertentu.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Jadi Transportasi Alternatif

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim menyambut baik program bus gratis yang digulirkan Perum PPD. Menurutnya, PPD telah memberikan kontribusi kepada masyarakat Kota Bogor sehingga bisa mengakses transportasi yang memadai dari Bogor ke Jakarta.

"Jabodetabek menjadi satu area bersama. Bukan hanya bersama dalam kaitan ekonomi, tapi kondisi pandemi juga sama," kata Dedie.

Terlebih saat ini kasus Covid-19 di Kota Bogor kembali naik dan tak menutup kemungkinan akan ada kebijakan kembali pembatasan-pembatasan jumlah penumpang di Stasiun Bogor. Dengan begitu, layanan JR Connexion ini diharapkan menjadi transportasi alternatif untuk meminimalisir penyebaran virus corona.

"Untuk itu dengan adanya layanan bus ini tentu menjadi suatu kebahagiaan bagi kami karena dibantu PPD," kata Dedie.

Pada saat launching, pihak PPD secara simbolis memberikan kartu elektronik bagi mereka yang mendapatkan tarif gratis biaya perjalanan saat menggunakan layanan JR Connexion.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya