Top 3 News: Putri Sang Fajar, Rachmawati Soekarnoputri Berpulang

Rachmawati Soekarnoputri dikabarkan positif Covid-19 dan dilarikan ke rumah sakit pada Senin, 26 Juni 2021.

oleh Maria FloraDicky Agung PrihantoNila Chrisna Yulika diperbarui 04 Jul 2021, 08:00 WIB
Diterbitkan 04 Jul 2021, 08:00 WIB
Prabowo dan Sandiaga Ikuti Upacara HUT ke-73 RI di Universitas Bung Karno
Ketua Yayasan Pendidikan Bung Karno Rachmawati Soekarnoputri memberikan pidato kebangsaan saat mengikuti Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan ke-73 di UBK, Jakarta, Jumat (17/8).(merdeka.com/imam buhori)

Liputan6.com, Jakarta Keluarga besar dari Presiden RI Pertama Sukarno kini tengah berduka. Puteri ketiga yaitu Rachmawati Soekarnoputri telah berpulang pada Sabtu 3 Juli kemarin di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta.

Rachmwati dilaporkan diduga terpapar Covid-19. Hal ini diungkap Wakil Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Andre Rosiade. Berita ini terpopuler pertama di top 3 news, Sabtu kemarin.

Kabar duka meninggalnya Rachmawati Soekarnoputri pertama kali disampaikan Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad dalam akun Twitter pribadinya, Sabtu, 3 Juli 2021. Dikatakan, adik dari Megawati Soekarnoputri ini meninggal pada pukul 06.45 WIB.

Kini jenazah putri dari Sang Fajar itu telah dimakamkan di TPU Karet Bivak, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Berita terpopuler lainnya terkait dugaan pelanggaran protokol kesehatan yang dilakukan seorang lurah di Pancoranmas, Depok, Jawa Barat. Di tengah kasus Covid-19 di wilayah Depok meningkat, sang lurah dilaporkan lantaran menggelar hajatan.

Bahkan diperkirakan jumlah tamu yang datang melebihi ketetapan yang ada pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat, yaitu 30 orang. Video hajatan tersebut bahkan sempat viral. Atas perbuatannya, sang lurah kini terancam penurunan jabatan. 

Lantas, seperti hari pertama penerapan PPKM  darurat di Kota Depok?

Menurut Satlantas Polres Metro Depok ada puluhan kendaraan roda dua hingga empat yang pada Sabtu, 3 Juli kemarin harus diputar balik. Totalnya bahkan mencapai 260 kendaraan. Hal ini dilakukan guna menekan lonjakan kasus Covid-19 di wilayah Depok.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Sabtu, 3 Juli 2021:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


1. Rachmawati Soekarnoputri Meninggal Dunia

[Bintang] Rachmawati Soekarnoputri
Kasus ini berawal dari bisnis pembangunan hotel di kawasan Batu, Malang Jawa Timur. Proses pembangunan hotel bermasalah hingga akhirnya membuat Rachmawati mundur sebagai Komisaris PT Penta Berkat. (Bambang E Ros/Bintang.com)

Rachmawati Soekarnoputri dikabarkan meninggal dunia pada Sabtu, 3 Juli 2021 pada pukul 06.45 WIB. Rachmawati meninggal dunia di RSPAD Jakarta.

"Benar, Ibu Rachmawati meninggal dunia pagi ini," kata Wakil Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Andre Rosiade kepada Liputan6.com di Jakarta, Sabtu (3/7/2021).

Andre mengaku belum mengetahui penyebab meninggalnya Rachmawati. Namun, pada 26 Juni 2021 lalu, Rachmawati dikabarkan positif Covid-19 dan dilarikan ke rumah sakit.

"Pada 26 Juni diinfokan bahwa beliau positif Covid-19 dan di rawat di RS," kata Andre.

Rachmawati saat ini tercatat sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra.

 

Selengkapnya...


2. Lurah Pancoranmas yang Gelar Hajatan di Depok Terancam Penurunan Jabatan

Satpol PP Kota Depok saat melakukan penyegelan di acara hajatan lurah yang diduga melanggar PPKM Darurat. (Istimewa)
Satpol PP Kota Depok saat melakukan penyegelan di acara hajatan lurah yang diduga melanggar PPKM Darurat. (Istimewa)

Satgas Penanganan COVID-19 bersama Satpol PP Kota Depok telah mendatangi lokasi hajatan Lurah Pancoranmas, di kediamannya di Kelurahan Mampang, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok. Rencananya, lurah tersebut akan dipanggil dan terancam diturunkan jabatannya.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kota Depok, Dadang Wihana mengatakan, telah menindaklanjuti dan mendatangi lokasi bersama Satpol PP Kota Depok. Setibanya di lokasi, pihaknya langsung melakukan penghentian dan akan segera melakukan pemanggilan terhadap lurah yang menggelar hajatan.

"Jika ditemukan pelanggaran maka akan dikenakan sanksi sesuai ketentuan," ujar Dadang, Sabtu (3/7/2021).

Dadang menjelaskan, Satgas Penanganan COVID-19 Kota Depok di wakili Camat Pancoranmas dan Satpol PP Kota Depok, sebelumnya sudah mengingatkan lurah tersebut sebelum melakukan acara hajatan untuk mengikuti prokes dan aturan yang berlaku.

Hal itu dikarenakan Kota Depok sedang melaksanakan PPKM Darurat dengan mengatur resepsi pernikahan hanya 30 orang dan khitanan 20 orang.

 

Selengkapnya...


3. Hari Pertama PPKM Darurat, 260 Kendaraan Diputar Balik Saat Hendak Masuk Depok

Ratusan Kendaraan di Putar Balik Polisi Saat Masuk Depok
Sejumlah kendaraan yang melintas di Jalan Raya Bogor dilakukan penyekatan dari Satlantas Polres Metro Depok. (Istimewa)

Satlantas Polres Metro Depok mulai melakukan penyekatan kendaraan terkait pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyaraka (PPKM) darurat yang diterapkan di Kota Depok.

Ratusan kendaraan yang ingin melintas dari wilayah Bogor menuju Kota Depok diputar balik petugas gabungan. 

Kanit Kamsel Satlantas Polres Metro Depok, AKP Elly Padiansari mengatakan, anggota kepolisian bersama TNI dan Aparatur Pemerintah Kota Depok telah melakukan pengawasan penerapan PPKM Darurat.

Hal itu dilakukan sebagai bentuk upaya untuk menurunkan angka penularan Covid-19 yang mengalami peningkatan.

Elly mengungkapkan, untuk pos penyekatan di Jalan Raya Bogor, kendaraan yang diputar balik sebanyak 100 kendaraan roda dua dan 60 kendaraan roda empat.

Untuk pos penyekatan di Jalan Raya Ciputat-Parung, sebanyak 40 kendaraan roda empat dan 60 kendaraan roda dua dilakukan putar balik.

 

Selengkapnya...

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya