Top 3 News: Omicron Meningkat, Masuk Tempat Publik Harus Divaksinasi Covid-19 Lengkap

Seperti diketahui kasus Omicron Covid-19 di Tanah Air terus mengalami peningkatan. Bahkan kasus Omicron kini didominasi oleh transmisi lokal.

oleh Maria FloraDicky Agung PrihantoLizsa Egeham diperbarui 17 Jan 2022, 07:03 WIB
Diterbitkan 17 Jan 2022, 07:00 WIB
Dukung Percepatan Vaksinasi Anak, Lippo Malls Gelar Vaksin Serentak
Seorang anak menunjukkan kartu vaksinasi usai menjalani vaksin di Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan, Minggu (16/01/2022). Kegiatan Vaksinasi sebagai bentuk peran aktif dan sinergi PT Lippo Malls Indonesia dalam mendukung percepatan tercapainya vaksinasi nasional. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Liputan6.com, Jakarta - Upaya pemerintah untuk menekan penyebaran kasus varian Omicron Covid-19 di Tanah Air terus dilakukan. Salah satunya dengan mempercepat vaksinasi bagi masyarakat yang sama sekali belum disuntik vaksin corona.

Hal ini diungkap Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dalam konferensi pers, Minggu, 16 Januari 2022.

Seperti diketahui, kasus Omicron di Tanah Air terus meningkat. Bahkan disebutkan, kasus Omicron kini didominasi oleh transmisi lokal. Menyikapi hal ini pemerintah akan perketat persyaratan bagi warga yang ingin masuk ke tempat-tempat publik.

Berita terpopuler kedua terkait gempa yang menggetarkan dua wilayah di Tanah Air, pada Minggu, 16 Januari 2022.

Saat gempa bumi bermagnitudo 4,5 menggoyang Pacitan, Jawa Timur, Bantul hingga Gunung Kidul ikut merasakan getarannya dalam skala II MMI (Modified Mercalli Intensity). Lindu berpusat di laut dengan kedalaman 55 kilometer.

Gempa bumi juga getarkan Blangpidie Aceh Barat pada pukul 13:52:32 WIB. Gempa bermagnitudo 4,9. Pusat gempa dilaporkan BMKG terjadi di laut dengan kedalaman 23 kilometer. 

Sementara itu, kasus kecelakaan yang terjadi di Ibu Kota juga tak kalah menyita perhatian pembaca Liputan6.com. Seorang pengendara motor menjadi korban begal dekat kantor Desa Cimanggis, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor, Minggu dini hari kemarin.

Saat warga menemukannya, korban telah bersimbah darah. Saat dalam perjalanan ke rumah sakit, korban meninggal dunia. Dilaporkan ada bekas luka bacokan di tubuh korban. 

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Minggu 16 Januari 2022:


1. Luhut: Hanya yang Sudah 2 Kali Vaksinasi Covid-19, Dapat Masuk ke Tempat Publik

Dukung Percepatan Vaksinasi Anak, Lippo Malls Gelar Vaksin Serentak
Tenaga medis bersiap melakukan vaksinasi anak umur 6-11 tahun di Lippo Mall Kemang, Jakarta, Minggu (16/01/2022). Kegiatan vaksinasi yang digelar serentak di 6 Lippo Malls di wilayah Jabodetabek diselenggarakan selama 2 hari pada tanggal 15 dan 16 Januari. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Pemerintah memperketat persyaratan bagi masyarakat untuk masuk ke area-area publik, menyusul kasus Covid-19 varian Omicron di Indonesia yang meningkat. Dengan begitu, hanya masyarakat yang sudah divaksinasi dua kali atau dosis lengkap yang dapat beraktivitas di tempat publik.

"Persyaratan masuk ke tempat publik akan diperketat, hanya yang sudah vaksinasi dua kali dapat beraktivitas di tempat publik. Saya ulangi hanya yang sudah vaksinasi dua kali dapat beraktivitas di tempat publik," jelas Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dalam konferensi pers, Minggu (16/1/2022).

Untuk itu, dia meminta masyarakat segera melakukan vaksinasi Covid-19. Luhut menyebut ada jutaan masyarakat di Jawa dan Bali yang hingga kini belum disuntik vaksin dua kali.

Pemerintah, kata dia, juga akan mendorong vaksinasi dosis kedua untuk masyarakat umum dan lanjut usia (lansia). Khususnya, masyarakat di provinsi dan kabupaten/kota yang belum capaian vaksinasinya belum 70 persen.

 

Selengkapnya...


2. 2 Kali Gempa Bumi Getarkan Indonesia, Minggu 16 Januari 2022

Gempa 7 SR di Lombok Utara, BMKG: Peringatan Dini Tsunami Berakhir
Ilustrasi kerusakan struktur tanah yang retak akibat gempa. Foto: Pixabay

Gempa bumi kembali terjadi di Tanah Air, Minggu (16/1/2022). Ada dua kali gempa yang terjadi pada catatan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) hingga pukul 19.45 WIB hari ini.

Lindu pertama terjadi Kota Pacitan, Provinsi Jawa Timur dengan magnitudo 4,5. Getaran gempa dirasakan hingga Bantul Gunung Kidul dalam skala II MMI (Modified Mercalli Intensity).

"Pusat gempa berada di laut 61 Km barat daya Blangpidie Aceh Barat," ungkap BMKG di laman resminya.

Sementara, gempa bumi berikutnya berkekuatan 4,9 terjadi di Blangpidie, Aceh Barat. Nagan Raya ikut merasakan guncangannya di skala II hingga III MMI. 

 

Selengkapnya...


3. Pengendara Motor Meninggal Usai Jadi Korban Begal di Bojonggede Bogor

Minggu Pagi, Jakarta Diguyur Hujan
Pengendara sepeda motor menggunakan jas hujan saat berkendara di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (24/1/2021). Kepala BMKG Dwikorita mengatakan, puncak musim hujan akan terjadi pada Januari dan Februari 2021, sehingga perlu diwaspadai terjadinya cuaca ekstrem. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Seorang pengendara motor meninggal dunia usai menjadi korban begal. Kejadian tersebut terjadi pada Minggu (16/1/2022) dini hari, dekat kantor Desa Cimanggis, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor.

Salah seorang warga sekitar, Suyanto mengatakan, pembegalan terjadi pukul 03.30 WIB. Kondisi di Jalan Raya Tonjong memang dikenal sepi saat malam hari dan kemungkinan korban melintas di jalan tersebut seorang diri.

"Infonya korban begal karena ada luka di bagian tangannya dan darah di sekitar korban terjatuh," ujar Suyanto kepada Liputan6.com, Minggu (16/1/2021).

Suyanto menjelaskan, usai pembegalan, warga sekitar langsung mendatangi lokasi dan membantu korban. Saat ditemukan korban sudah bersimbah darah dan langsung dilarikan ke rumah sakit.

"Sempat dibawa ke rumah sakit, katanya mah meninggal saat perjalanan," jelas Suyanto.

 

Selengkapnya...

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya