Jack Lapian, Relawan Jokowi Meninggal Dunia Usai Terpapar Covid-19

Jack Boyd Lapian atau Jack Lapian, relawan Jokowi dikabarkan meninggal dunia pada Rabu 16 Februari 2022. Kabar tersebut dibenarkan sang putra, Jonathan Edward Lapian.

oleh Devira Prastiwi diperbarui 17 Feb 2022, 09:38 WIB
Diterbitkan 17 Feb 2022, 09:35 WIB
Jack Lapian, Relawan Jokowi Meninggal Dunia Usai Terpapar Covid-19
Jack Lapian, Relawan Jokowi Meninggal Dunia Usai Terpapar Covid-19. (Twitter @lapianjack)

Liputan6.com, Jakarta - Jack Boyd Lapian atau Jack Lapian, relawan Jokowi dikabarkan meninggal dunia pada Rabu 16 Februari 2022. Kabar tersebut dibenarkan sang putra, Jonathan Edward Lapian.

"Telah berpulang ke rumah Bapa di Surga, Jack Boyd Lapian hari Rabu 16 Februari 2022 pukul 21.00 WIB

Terimakasih untuk dukungan dan doanya para rekan2 dan senior🙏

-Jonathan Edward Lapian," tulis Jonathan melalui unggahan di Twitter milik sang ayah @lapianjack, Rabu 16 Februari 2022.

Sebelum meninggal dunia, Jack Lapian sempat terinfeksi Covid-19 dan kondisinya kritis. Menurut Jonathan, ayahnya terkonfirmasi posiif Covid-19 sejak 9 Februari 2022 dan sempat menjalani isolasi mandisi.

Namun saat menjalani isolasi mandiri, kondisi Jack semakin drop hingga saturasi oksigennya mencapai 53 dan dilarikan ke rumah sakit.

"Gejalanya demam, meriang, awalnya biasa. Tapi dia enggak ngomong ke orang-orang kalau sesak. Makin lama makin drop," jelas Jonathan.

Dengan kondisinya yang semakin menurun, Jack pun akhirnya dilarikan ke RS Polri pada Selasa 15 Februari 2022 hingga akhirnya meninggal dunia pada Rabu 16 Februari 2022.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Siapakah Jack Lapian?

Pelapor Ahmad Dhani, Jack Boyd Lapian
Pelapor Ahmad Dhani, Jack Boyd Lapian. (Merdeka.com/Ronald)

Jack Boyd Lapian adalah cucu dari seorang pahlawan nasional asal Sulawesi Utara, Bernard Wilhelm Lapian. Bernard Wilhelm Lapian lahir tanggal 30 Juni 1892.

Semasa pendudukan Jepang, ia pernah menjadi Gunco (Kepala Distrik), dan pada tahun 1945 menjadi Walikota Manado. Pada 14 Februari 1946 mengibarkan bendera merah putih dan peristiwa ini tersyiar melalui radio ke Australia dan BBC London, radio SanFransisco hingga seluruh dunia.

Sosok Jack Boyd Lapian memang masih jarang diulas. Namanya mencuat setelah ia melaporkan beberapa orang ke polisi terkait dugaan pelanggaran UU ITE. Salah satunya adalah Ahmad Dhani.

Jack Boyd Lapian selama ini aktif sebagai Sekretaris Jendral Cyber Indonesia. Awalnya ia dan beberapa aktivis lain membentuk organisasi masyarakat yang dinamai Cyber Indonesia. Organisasi tersebut sudah didaftar di Kementerian Hukum dan HAM.

Selain itu ia juga Pendiri BTP Network sebagai dukungan untuk mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Pada tahun 2012 ia adalah relawan dari Ahok dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta.

Selain itu ia juga menjadi bagian dari anggota Jokowi Ahok Social Media Volunteer (Jasmev). Ia juga mengaku sebagai relawan kubu Jokowi-KH Ma’ruf pada Pilpres 2019 ini.

Pada 2014, Jack Boyd Lapian menjadi relawan di bidang media sosial untuk pemenangan Jokowi–Jusuf Kalla.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya