Ada Wacana Penundaan, KPU: Persiapan Hadapi Pemilu 2024 Tetap Berjalan

Komisioner KPU menuturkan, tidak ada perubahan jadwal meski tengah ramai wacana penundaan Pemilu 2024 yang disampaikan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar sebelumnya.

oleh Liputan6.com diperbarui 01 Mar 2022, 20:43 WIB
Diterbitkan 01 Mar 2022, 20:43 WIB
DPR Sahkan I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi Gantikan Wahyu Setiawan
Ketua KPU Bali, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi menghadiri rapat paripurna ke-11‬‬ masa persidangan 2 tahun 2019-2020 di Kompleks Parlemen, Senayan, Kamis (27/2/2020). DPR mengesahkan Raka Sandi menjadi komisioner KPU menggantikan Wahyu Setiawan yang terjerat kasus suap. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak merasa terganggu dengan wacana penundaan Pemilu 2024. KPU tetap menjalankan tugas mempersiapkan penyelenggaraan Pemilu 2024.

"Sejauh ini persiapan yang dilakukan oleh KPU dalam menghadapi Pemilu 2024 tetap berjalan sebagaimana mestinya," ujar anggota KPU RI I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi melalui pesan singkat, Selasa (1/3/2022).

KPU tetap melakukan persiapan pemilu yang sudah berjalan sejak beberapa waktu lalu. KPU tetap berpedoman dengan undang-undang. Pemilu 2024 juga telah ditetapkan bersama pemerintah, DPR dan penyelenggara digelar 14 Februari.

"Selaku penyelenggara Pemilu, KPU berpedoman pada peraturan perundang-undangan yang berlaku dengan tetap berkoordinasi dengan segenap stakeholder yang ada," kata Dewa.

Ia menuturkan, tidak ada perubahan jadwal meski tengah ramai wacana penundaan Pemilu 2024 yang disampaikan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar sebelumnya.

Selama undang-undang belum diubah, KPU tetap bekerja menjalankan tugasnya mempersiapkan Pemilu 2024. "Sampai saat ini belum ada perubahan ketentuan perundang-undangan mengenai hal itu. Maka kewajiban KPU adalah melakukan persiapan dalam segala aspek dengan sebaik-baiknya," kata Dewa.


Soal Penundaan Pemilu 2024, Jubir: Prabowo Ingin Hormati Konstitusi

Prabowo Subianto
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto berjalan memasuki kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/10/2019). Prabowo Subianto tiba di Istana di tengah suasana pengumuman calon menteri kabinet Presiden Joko Widodo atau Jokowi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto akhirnya angkat bicara soal usulan penundaan pemilu 2024.

Prabowo tidak secara tegas menyatakan menolak usulan penundaan pemilu, namun ia menyebut ingin menghormati konstitusi.

"Pak Prabowo Subianto menyatakan beliau menghormati konstitusi kita dan ingin terus menjaga konstitusi kita. Serta merawat demokrasi kita yang sehat," kata Jubir Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak, Selasa (1/3/2022).

Selain itu, kata Dahnil, Prabowo akan tetap berkomunikasi dengan elite parpol lain terkait usulan tersebut.

"Pak Prabowo juga terus berkomuniaksi dan bersilahturahim dengan tokoh politik lainnya? baik dari partai politik maupun tokoh lainnya," kata dia.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com


Alur Pendaftaran Pemilu 2024 Parpol Baru

infografis journal
Infografis Alur Pendaftaran Pemilu 2024 Parpol Baru. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya