Taman Margasatwa Ragunan Kembali Beroperasi Besok

Taman Margasatwa Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan akan kembali beroperasi pada Selasa (3/5/2022). Hal tersebut berdasarkan unggahan pada akun Instagram resmi @ragunanzoo.

oleh Ika Defianti diperbarui 02 Mei 2022, 10:31 WIB
Diterbitkan 02 Mei 2022, 10:31 WIB
FOTO: Libur Lebaran di Taman Margasatwa Ragunan
Libur Lebaran di Taman Margasatwa Ragunan

Liputan6.com, Jakarta Taman Margasatwa Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan akan kembali beroperasi pada Selasa (3/5/2022). Hal tersebut berdasarkan unggahan pada akun Instagram resmi @ragunanzoo.

"Kita infokan ya kita akan buka pada hari kedua lebaran Selasa, 3 Mei 2022 dan hanya tutup di hari H lebaran Senin, 2 Mei 2022," bunyi dalam unggahan tersebut.

Dalam pengoperasiannya pengunjung harus memahami sejumlah syarat dan ketentuan yang dikeluarkan oleh Taman Margasatwa Ragunan, salah satunya soal pembelian tiket. Yakni masyarakat disarankan mendaftar secara online satu hari sebelum kedatangan.

Pendaftaran akan dibuka sejak pukul 07.30 WIB hingga jumlah yang ditentukan. Kemudian calon pengunjung harus dapat menunjukkan bukti vaksinasi dosis kedua yang diperuntukkan bagi orang dewasa.

Kemudian untuk anak usia 6-12 tahun sudah harus vaksinasi dosis satu. Jumlah pengunjung Taman Margasatwa Ragunan juga dibatasi hanya 75 persen atau setara dengan 45.000 orang.

"Waktu operasional mulai pukul 07.00-17.00 WIB," ucapnya.

Sementara itu, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya meniadakan kebijakan pembatasan kendaraan bermotor dengan sistem ganjil genap di tempat wisata Jakarta selama libur Lebaran 2022. Kebijakan berlaku pada 29 April hingga 8 Mei 2022.

"Saat liburan nanti kita akan putuskan tidak ada ganjil genap di tempat wisata," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo di Jakarta, Selasa (26/4/2022).

Seperti dikutip dari Antara, Sambodo mengungkapkan bahwa sebelumnya ada beberapa teman wisata yang diberlakukan sistem ganjil genap antara lain Ancol, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Ragunan, Monas, Kota Tua, dan Pantai Indah Kapuk (PIK) 2.

Kemudian terkait pembatasan jumlah pengunjung pada tempat wisata tersebut, Sambodo menyatakan bahwa itu akan menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

"Persentase jumlah pengunjung yang akan dibatasi apakah 75 persen atau 50 persen, nanti kewenangan ada di Pemprov DKI, tapi jalan menuju wisata itu enggak ada lagi ganjil genap," ujarnya.

Selain itu, Polda Metro Jaya bersama Dinas Perhubungan DKI juga memastikan bahwa aturan ganjil genap di 13 ruas jalan di Jakarta ditiadakan selama libur Lebaran 29 April hingga 8 Mei 2022.

Peniadaan aturan ganjil genap ini mengacu kepada Pergub Nomor 88 tahun 2019 tentang pelaksanaan ganjil-genap yang mengatur bahwa ganjil genap tidak berlaku pada hari Sabtu Minggu dan hari libur nasional.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Harga Tiket

Dengan luas sekitar 147 hektare, kebun binatang ini dihuni oleh 2.009 ekor satwa dan ditumbuhi lebih dari 20.000 pohon. Ragunan menjadi destinasi wisata yang memuat sumber ilmu pengetahuan untuk mengawali langkah pelestarian kehidupan alam liar.  Karena fungsi inilah, Ragunan sangat cocok dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga.

Di hari pertama Lebaran, Ragunan memang selalu tutup. Baru di hari kedua Lebaran tempay wisata ini dibuka.

Bagi yang ingin berkunjung, berikut penjelasan tentang Taman Margasatwa Ragunan lengkap dengan cara beli tiket, jam bukanya dan persyaratan masuknya di masa pandemi ini., diansir dari akun Instagram dan laman resmi Taman Margasatwa Ragunan, 29 April 2022.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ragunan termasuk angat murah. Menurut laman resmi Ragunan Zoo, berikut rincian lengkapnya:

PerbesarTiket pengunjung

Dewasa: Rp4000,-/orang

Anak-anak: Rp3000,-/orang

 

Tarif penitipan kendaraan atau parkir

Bus besar, truk besar, dan mobil box besar: Rp15.000,-/hari

Bus kecil, Truk kecil, mobil box kecil, dan pick up besar: Rp12.500,-/hari

Mobil sedan, minibus/sejenis, termasuk dalam bentuk pickup kecil: Rp6.000,-/hari

Sepeda motor, dan kendaraan roda tiga: Rp3.000,-/hari

Sepeda: Rp1.000,-/hari

 

Tarif masuk Pusat Primata Schmutzer

Hari Selasa s.d Jumat (usia 3 tahun ke atas): Rp6.000,-/orang

Hari Sabtu s.d Minggu / libur nasional (usia 3 tahun ke atas): Rp7.500,-/orang.


Cara Beli Tiket

Tiket masuk Ragunan kini hanya bisa dibeli secara online. Sejak pandemi Covid-19 melanda, pengunjung tidak diperkenankan lagi membeli tiketnya secara offline di loket yang tersedia. Berikut tata cara beli tiket Ragunan yang bisa Anda simak:

1. Melakukan pendaftaran

Anda bisa melakukan pendaftaran dengan mengunjungi situs https://ragunanzoo.jakarta.go.id/. Kemudian, pilih menu Info Pengunjung dan klik Pendaftaran Kunjungan untuk mengakses formulirnya.

2. Isi formulir pendaftaran

Selanjutnya, Anda akan diarahkan pada halaman formulir yang harus diisi pada H-1 kunjungan. Formulir pendaftaran tersebut hanya bia digunakan sesuai dengan tanggal yang tercantum.

Isi data diri Anda pada formulir pendaftaran berupa nama, NIK, email, nomor ponsel dan lainnya. Nantinya, akan dibatasi 1 NIK untuk mendaftarkan 5 orang saja. Jika sudah selesai mengisi formulir, klik Kirim.

3. Unduh tiket

Tiket online akan dikirimkan melalui email yang Anda isi pada formulir pendaftaran. Proses ini membutuhkan waktu yang agak lama, sekitar 30 menit sampai 1 jam.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya