Cuaca Besok Kamis 27 Oktober 2022: Pagi Cerah Berawan di Jabodetabek, Siang Hujan

Lewat peringatan dini cuaca, BMKG mengungkap potensi hujan dibarengi petir dan angin kencang yang terjadi di sebagian wilayah Jabodetabek.

oleh Maria Flora diperbarui 26 Okt 2022, 08:15 WIB
Diterbitkan 26 Okt 2022, 08:15 WIB
Ilustrasi Cuaca Jakarta Cerah Berawan
Ilustrasi Cuaca Jakarta Cerah Berawan

Liputan6.com, Jakarta - Cuaca cerah berawan diprediksi akan menyelimuti sebagian besar wilayah DKI Jakarta pada besok Kamis pagi, 27 Oktober 2022.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi, hujan disertai petir dan angin kencang akan turun di sejumlah wilayah Jakarta. 

"Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat di wilayah Jakpus, Jaksel dan Jakbar pada siang dan sore hari," kata BMKG diperingatan dini cuaca untuk DKI Jakarta, Kamis. 

Begitupun dengan keempat daerah penyangga Ibu Kota. Kamis pagi, cuaca cerah berawan akan menyelimuti seluruh wilayah, baik Depok, Bekasi, Tangerang, dan Kota Bogor.

Namun, patut diwaspadai adanya potensi hujan disertai petir dan angin kencang pada siang hingga malam hari.

"Waspada potensi hujan dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada waktu antara siang/sore hingga menjelang malam hari di sebagian wilayah di Kab dan Kota Bogor, Kota Depok, Kab dan Kota Bekasi," jelas BMKG diperingatan dini cuaca, Kamis. 

Berikut informasi prakiraan cuaca untuk wilayah Jakarta, Bogor, depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) selengkapnya yang dikutip Liputan6.com dari laman resmi BMKG www.bmkg.go.id:

 Kota  Pagi   Siang  Malam 
 Jakarta Barat  Cerah Berawan  Hujan Petir  Cerah Berawan
 Jakarta Pusat  Cerah Berawan  Hujan Petir  Cerah Berawan
 Jakarta Selatan  Cerah Berawan  Hujan Petir  Cerah Berawan
 Jakarta Timur  Cerah Berawan  Hujan Sedang  Cerah Berawan
 Jakarta Utara  Cerah Berawan  Hujan Sedang  Cerah Berawan
 Kepulauan Seribu  Berawan  Hujan Sedang  Cerah Berawan
 Bekasi  Cerah Berawan  Hujan Ringan  Berawan
 Depok  Cerah Berawan  Hujan Ringan  Berawan
 Bogor  Cerah  Hujan Ringan  Berawan
 Tangerang  Cerah Berawan  Berawan  Berawan

BMKG: Fenomena La Nina Triple Dip Jadi Ancaman Negara-Negara di Dunia

Tim Mitigasi UGM
Rektor UGM Dwikorita Karnawati menggelar konferensi pers mengenai penelitian Tim Mitigasi Bencana Longsor di Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. (Liputan6.com/Yanuar H)

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan fenomena La Nina "triple-dip" 2020-2023 (tiga tahun beruntun) menjadi ancaman bagi banyak negara di dunia, termasuk Indonesia.

Fenomena tersebut sebelumnya pernah terjadi dari 1973 -1975 serta 1998-2001. Fenomena ini akan berpengaruh terhadap pola cuaca-iklim di Indonesia. Salah satunya menyebabkan sebagian wilayah Indonesia mengalami musim hujan lebih awal.

La Nina sendiri adalah fenomena mendinginnya suhu permukaan laut (SML) di Samudra Pasifik bagian tengah dan timur di bawah kondisi normalnya.

Di sisi lain, pendinginan SML di Samudra Pasifik tersebut diikuti oleh menghangatnya SML di perairan Indonesia sehingga menggiatkan pertumbuhan awan awan hujan dan meningkatkan curah hujan di wilayah Indonesia secara umum.

Fenomena ini sudah dimulai pada pertengahan 2020 dan diprediksi akan tetap berlangsung hingga akhir tahun 2022 dan kemungkinan berlanjut hingga awal tahun 2023, sehingga dinamai "Triple Dip".


Waspadai Penyakit yang Bisa Timbul di Musim Hujan Tim Mitigasi UGM

bmkg
Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati menandatangani Perjanjian Kerjasama (PKS) Sistem Processing InaTEWS Merah Putih dan Peluncuran KGTI di Jakarta, Kamis (25/8/2022).

Dipaparkan Dwikorita, pola cuaca La Nina adalah salah satu dari tiga fase El Niño Southern Oscillation (ENSO). Ini mengacu pada suhu permukaan laut dan arah angin di Pasifik dan dapat beralih antara fase hangat yang disebut El Niño, fase yang lebih dingin dengan sebutan La Niña, dan fase netral.

Fenomena La Niña membawa dampak peningkatan curah hujan di banyak tempat di Indonesia, meski sebenarnya dampak La Nina tidak pernah sama karena dipengaruhi faktor lainnya.

"Yang perlu juga diwaspadai adalah penyakit yang biasa muncul di musim hujan, mulai dari diare, demam berdarah, Leptospirosis, Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), penyakit kulit, dan lain sebagainya. Semua harus bersiap," imbuhnya.

Infografis BMKG Peringatkan Potensi Cuaca Ekstrem
Infografis BMKG Peringatkan Potensi Cuaca Ekstrem (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya