Libur Nataru, Penumpang Kereta Api Meningkat 2 Kali Lipat

Eva menjelaskan bahwa dari jumlah tiket tersebut, terdapat beberapa rute favorit yang banyak menjadi tujuan penumpang.

oleh Liputan6.com diperbarui 25 Des 2022, 16:12 WIB
Diterbitkan 25 Des 2022, 16:12 WIB
Libur Nataru, Ribuan Penumpang Padati Stasiun Pasar Senen
Calon penumpang kereta api (KA) jarak jauh saat memadati Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (22/12/2022). PT KAI mencatat per Kamis 22 Desember 2022 terdapat sekitar 13 ribu penumpang berangkat dari Stasiun Gambir dengan layanan operasional 34 perjalanan KA. Untuk Stasiun Pasar Senen terdapat sekitar 16 ribu penumpang berangkat dengan layanan operasional 32 perjalanan KA. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Humas PT KAI Daop 1 Eva Chairunisa menyampaikan bahwa total penumpang kereta api pada masa libur Natal dan Tahun Baru tahun 2022 diprediksi akan meningkat dua kali lipat dibandingkan tahun lalu.

“Penjualan tiket kita prediksi bisa sampai dua kali lipat ya. Karena kalau di 2021, di Nataru tahun lalu saja itu total tiket terjual selama 18 hari sebanyak 190 ribu. Sementara sekarang saja, kita baru hari ke berapa, total tiket sudah terjual 325 ribu,” jelas Eva saat dijumpai di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Minggu (25/12/2022).

Lebih lanjut, Eva menjelaskan bahwa dari jumlah tiket tersebut, terdapat beberapa rute favorit yang banyak menjadi tujuan penumpang. Di antaranya seperti Semarang, Solo, hingga Kutoarjo.

“Kalau kita lihat dari pilihan tiket yang sudah terjual, memang terdapat sejumlah rute favorit. Itu di antaranya tujuan Jogja, Semarang, Solo, Purwokerto, Kutoarjo,” kata Eva yang dilansir dari Antara.

“Lebih jauhnya lagi itu ada tujuan Malang dan Surabaya yang menjadi paling favorit. Untuk jarak sedang sendiri itu ada Bandung dan juga Cirebon,” imbuhnya.

Untuk mengantisipasi kepadatan penumpang kereta api yang naik maupun turun dari Stasiun Pasar Senen, Eva mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan penambahan jumlah personil keamanan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tambah Rangkaian KAI

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional 9 Jember menambah kapasitas rangkaian Kereta Api Ranggajati rute Jember-Cirebon dan sebaliknya pada libur Natal dan Tahun Baru 2023. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang.

“Kereta Api Ranggajati relasi Cirebon- Ketapang dan sebaliknya ditambahkan satu kereta kelas eksekutif,”ujar Plt Manager Hukum dan Humas Daop 9 Jember Azhar Zaki Assjari, Sabtu (24/12/2022).

Pada kondisi normal, Kereta Api Ranggajati membawa empat kereta kelas eksekutif, empat kereta kelas binis, satu kereta makan dan satu kereta pembangkit.

“Untuk mengantisipasi tingginya minat penumpang pada libur Natal dan Tahun Baru 2023, ada tambahan kereta kelas eksekutif, sehingga dalam satu rangkaian KA Ranggajati membawa 5 kereta eksekutif saat ini,” tambahnya.

Dengan penambahan satu kereta kelas eksekutif tersebut, kata dia secara otimatis menambah ketersedian tempat duduk selama periode Natal dan Tahun Baru 2023, dari yang tadinya 188.352 tempat duduk menjadi 190.656 tempat duduk, sehingga terdapat penambahan sebanyak 2.304 tempat duduk.

Dari total tempat duduk harian yang dijual sebanyak 10.592 tiket sampai dengan hari Minggu (25/12/2022), tiket yang terjual sudah lebih dari 100 persen dari kapasitas yang tersedia.

"Namun di tanggal-tanggal lainya masih tersedia cukup banyak. Untuk itu bagi masyarakat yang ingin memesan tiet segera pesan  di KAI Akses,” paparnya.

Infografis Kesiapan dan Strategi Urai Kemacetan Saat Periode Libur Nataru. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Kesiapan dan Strategi Urai Kemacetan Saat Periode Libur Nataru. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya