Resmikan Gedung Baru Konsulat Timor Leste di Bali, Sekda: Simbol Hubungan Baik Kedua Negara

Gedung baru Konsulat Timor Leste yang berlokasi di Jalan Tukad Mas I No. 94, Denpasar, Bali diresmikan pada Jumat (19/1/2024).

oleh Fachri diperbarui 27 Mei 2024, 16:03 WIB
Diterbitkan 20 Jan 2024, 22:00 WIB
Xanana Gusmao.
Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra bersama Xanana Gusmao mengangkat gelas menandai peresmian Peresmian Gedung Baru Kantor Konsulat Jenderal Timor Leste. (Foto: Istimewa)

Liputan6.com, Denpasar Gedung baru Konsulat Timor Leste yang berlokasi di Jalan Tukad Mas I No. 94, Denpasar, Bali diresmikan pada Jumat (19/1/2024). Peresmian gedun baru itu dihadiri oleh Perdana Menteri Republik Demokratik Timor Leste, Kay Rala Xanana Gusmão.

Sekretaris Daerah Provinsi Bali, Dewa Made Indra mengungkapkan bahwa gedung baru itu tidak hanya sekedar struktur fisik, melainkan bisa dimaknai sebagai simbol hubungan baik dan harmonis kedua pemerintahan.

"Pemilihan Kantor Konsulat Jenderal Timor Leste di Bali tentu ada pertimbangan strategis, kami Pemerintah Daerah Bali senang dengan keberadaan Kantor Konsulat Jenderal Timor Leste di Bali," ungkapnya.

Made Indra pun menyebut, Indonesia dan Timor Leste memiliki kedekatan hubungan budaya dan historis secara emosional. Ia juga mengajak pemerintah Timor Leste bersama Indonesia, khususnya Pemprov Bali untuk meningkatkan hubungan bilateral yang telah berjalan dengan baik selama ini.

"Selain sebagai tempat wisata, saya pikir Bali dapat menjadi tempat dan sarana untuk memperkenalkan potensi-potensi yang ada di Timor Leste," sebutnya.

"Begitu pula sebaliknya, Bali juga memiliki potensi perkebunan, pertanian, peternakan dan perikanan dan ini dapat menjadi peluang bagi pengusaha di Timor Leste untuk mengambil produk Bali yang berlimpah guna dipasarkan di Timor Leste," jelas Made Indra.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kerja Sama di Bidang Kesehatan dan Pendidikan

Sekda Bali.
Sekretaris Daerah Provinsi Bali, Dewa Made Indra. (Foto: Istimewa)

Made Indra mengatakan bahwa peluang kerja sama di bidang kesehatan dan pendidikan terbuka lebar. Untuk itu, ia pun berharap kerja sama di bidang tersebut dapat terbangun di kemudian hari.

"Karena Bali juga memiliki universitas atau perguruan Tinggi yang memiliki kredibilitas baik, serta layanan kesehatan beberapa RS yang memiliki fasilitas sangat baik serta bertaraf internasional," katanya.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya