Jelang Lebaran, UP PKB Ujung Menteng Layani Uji Kir di Terminal Pulogebang

Unit Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor (UP PKB) Ujung Menteng memberikan pelayanan menggunakan Kendaraan Uji Kir Keliling bagi kendaraan angkutan umum, khususnya di Terminal Pulogebang, Jakarta Timur.

oleh Liputan6.com diperbarui 30 Mar 2023, 14:47 WIB
Diterbitkan 30 Mar 2023, 12:58 WIB
Unit Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor (UP PKB) Ujung Menteng Lakukan Uji Kir di Terminal Pulogebang
Unit Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor (UP PKB) Ujung Menteng memberikan pelayanan menggunakan Kendaraan Uji Kir Keliling bagi kendaraan angkutan umum, khususnya di Terminal Pulogebang, Jakarta Timur. (Foto: Istimewa).

Liputan6.com, Jakarta Unit Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor (UP PKB) Ujung Menteng memberikan pelayanan menggunakan Kendaraan Uji Kir Keliling bagi kendaraan angkutan umum, khususnya di Terminal Pulogebang, Jakarta Timur.

Kendaraan Uji Kir Keliling di Terminal Pulogebang dimaksudkan guna mendukung kegiatan ramp check untuk memastikan kendaraan angkutan umum laik jalan pada saat pelaksanaan angkutan lebaran di tahun 2023 ini.

Kepala UP PKB Ujung Menteng Edy Sufa'at menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan satu unit kendaraan uji keliling pada masa pra ramp check untuk mengecek kelaikan jalan kendaraan bermotor, khususnya menghadapi hari raya Idul Fitri tahun 1444 H.

"Pra ramp check ini untuk memastikan secara administrasi, secara fisik kendaraan itu laik jalan. Namun apabila pengemudi merasa ada keluhan bisa dilakukan pengujian disini," kata dia dalam keterangannya, Kamis (30/3/2023).

Dengan adanya ramp check didukung kendaraan uji keliling yang dilakukan di Terminal Pulogebang, Edy berharap para pemudik bisa lancar dan selamat dalam berkendara.

"Berharap keselamatan dan kelaikan jalan kendaraan para pemudik yang akan menuju ke daerah masing-masing dari Jakarta berjalan dengan lancar dan selamat sampai tujuan," kata dia.

Di Terminal Pulogebang ini, mobil uji keliling akan melayani pada saat pra ramp check sampai dengan bulan April 2023.

Lebih lanjut, Edy menjelaskan bahwa mobil uji keliling ini kedepannya digunakan untuk uji kir keliling dan tidak di tempat pengujian kendaraan bermotor.

"Nanti tempatnya akan ditentukan, lokasinya akan ditentukan dan kuotanya juga akan ditentukan," kata dia.

Menurut Edy, uji keliling ini untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat agar masyarakat yang lokasinya jauh dari tempat pengujian kendaraan bermotor bisa mendapatkan pelayanan Uji kendaraan bermotor berkala di lokasi yang terdekat.

 


Dishub DKI Sediakan Layanan Uji KIR Keliling

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi atau Pemprov DKI Jakarta meluncurkan layanan Uji Kendaraan Bermotor atau uji KIR keliling dalam rangka menyambut mudik Lebaran 2023. Uji KIR keliling disediakan di sejumlah terminal Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP) di Jakarta.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, layanan Uji KIR keliling ini ditujukan untuk memastikan kendaraan yang akan mengangkut pemudik saat mudik Lebaran 2023 memenuhi unsur keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan.

Para petugas Dishub DKI Jakarta akan memastikan kendaraan yang mengikuti uji KIR memenuhi persyaratan laik jalan. Dishub DKI bakal mengeceknya dengan kegiatan ramp check.

Adapun ramp check ini dilakukan oleh petugas Dishub DKI Jakarta untuk memastikan pengujian persyaratan teknis dan laik jalan berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku seperti pada UU Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Menurut Syafrin apabila masa berlaku uji KIR telah habis, pemilik kendaraan akan diarahkan oleh petugas untuk mengurus perpanjangan uji KIR melalui layanan uji KIR keliling yang disiagakan di lokasi terminal pemberangkatan.

"Pemilik kendaraan dapat mendaftarkan kendaraannya secara online dan melakukan pembayaran dengan metode Cashless untuk mengikuti layanan Uji KIR Keliling sebelum kendaraan diizinkan kembali beroperasi," kata Syafrin dalam keterangan tertulis, Jumat (24/3/2023).

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya