HUT ke-496 Jakarta, Heru Budi Gandeng 94 Perusahaan yang Beri Promo Besar-besaran

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono resmi membuka Festival Jakarta Great Sale (FJGS) sebagai salah satu rangkaian acara memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Jakarta ke-496 tahun.

oleh Winda Nelfira diperbarui 21 Mei 2023, 21:45 WIB
Diterbitkan 21 Mei 2023, 21:45 WIB
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono resmi membuka Festival Jakarta Great Sale (FJGS) sebagai salah satu rangkaian acara memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Jakarta ke-496 tahun, Minggu (21/5/2023). (Winda Nelfira/Liputan6.com)
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono resmi membuka Festival Jakarta Great Sale (FJGS) sebagai salah satu rangkaian acara memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Jakarta ke-496 tahun, Minggu (21/5/2023). (Winda Nelfira/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono resmi membuka Festival Jakarta Great Sale (FJGS) sebagai salah satu rangkaian acara memeriahkan ulang tahun Jakarta yang ke-496 tahun.

Heru menyatakan festival ini sebagai kegiatan pemberian diskon besar-besaran untuk meningkatkan minat belanja masyarakat dan mendorong pertumbuhan ekonomi di Jakarta.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berkolaborasi dengan Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO), serta Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DPD DKI Jakarta untuk menghelat kegiatan ini.

"Kegiatan ini diselenggarakan sebagai upaya pemulihan ekonomi nasional, meningkatkan daya beli masyarakat, hingga memantapkan citra Jakarta menjadi tujuan wisata belanja," kata Heru Budi Hartono di Laguna Atrium Central Park Mall, Jakarta Barat, pada Minggu (21/5/2023).

Heru menyebut, Jakarta memiliki potensi sebagai pusat perdagangan dan perbelanjaan dunia. Oleh sebab itu, Pemprov DKI Jakarta melibatkan setidaknya 94 pusat perbelanjaan serta 25 brand yang menawarkan promo dan diskon hingga 70 persen sampai 21 Juli 2023.

"Pusat perbelanjaan mempunyai peran penting dalam menggerakkan roda perekonomian, termasuk membantu para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang beberapa tahun terakhir mengalami tantangan akibat pandemi," jelas Heru.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) ini menyampaikan, dalam gelaran FJGS 2023, pihaknya turut mengundang pelaku UMKM untuk memamerkan produknya, khususnya kuliner khas Betawi.

"Kami turut menghadirkan Festival Kuliner Betawi dalam FJGS untuk memberikan ruang bagi UMKM binaan Provinsi DKI Jakarta dalam mempromosikan kuliner khas Betawi yang mulai jarang ditemui," ucap Heru.

Heru optimistis dapat bersaing di pasar yang lebih luas. Dengan alasan itu dia pun ingin para pelaku UMKM ikut memamerkan produknya di tengah pusat perbelanjaan di Jakarta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Beda dengan Anies, Heru Gelar HUT Jakarta Tahun Ini di Monas

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono resmi melakukan pencanangan jelang Hari Ulang Tahun (HUT) Jakarta ke-496.
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono resmi melakukan pencanangan jelang Hari Ulang Tahun (HUT) Jakarta ke-496. (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Jakarta akan berulang tahun ke-496 tahun pada 22 Juni 2023. Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono resmi melakukan pencanangan jelang Hari Ulang Tahun (HUT) Jakarta ke-496 tahun itu.

Tak seperti tahun sebelumnya di era kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, pencanangan HUT DKI Jakarta dilakukan di Kepulauan Seribu. Heru memilih Monumen Nasional (Monas) sebagai lokasi pencanangan.

Menurut Heru, ada sejumlah latar belakang yang menjadi alasan Monas dipilih sebagai lokasi pencanangan HUT ke-496 Jakarta. Lantas, Heru pun menyampaikan sejumlah makna yang dia maksud.

"Kita, saya, memilih di sini ada sebuah makna. Makna yang pertama, di Monas, sebuah bagian dari titik tempat sejarah berdirinya DKI Jakarta dan simbol DKI Jakarta. Pak Aspem dan seluruh jajaran panitia saya ucapkan terima kasih, keinginan saya adalah seperti ini, termasuk Kepala Dinas KPKP, para asisten, semuanya," kata Heru Budi Hartono di Monas Sisi Utara, Jakarta Pusat, Minggu (21/5/2023).

Makna kedua, lanjut Heru, karena Monas mencerminkan keterbukaan. Dia menyebut, keterbukaan yang ada di alam tepat digunakan untuk sebuah acara.

"Artinya terbuka adalah pemerintah daerah terbuka untuk seluruh masyarakat jakarta maupun masyarakat Indonesia, termasuk juga pejabatnya terbuka terhadap keluhan masyarakat," jelas dia.

Ketiga, kata dia, punya makna sebagai manusia juga perlu punya hubungan yang dekat dengan alam semesta. Alam mesti dijaga dan dilindungi.

"Kita harus akrab dengan alam semesta, maka kiri-kanan kita ada pohon, ada lainnya, yang memang patut kita lindungi," ucapnya.

"Terakhir, keempat adalah ekosistem, kita manusia tidak lepas dari ekosistem, yang tadi Pak Sekda sampaikan. Ada pohon, ada sebuah kehidupan, hari ini kita melepas burung mungkin sebanyak 496 (ekor)," sambung dia.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya