Tiba di Apel Siaga Perubahan, Ketum Nasdem Surya Paloh Semobil dengan Anies

Surya Paloh dan Anies Baswedan tiba sekitar pukul 14.35 WIB dan keduanya langsung terlihat terus berdampingan erat.

oleh Nanda Perdana Putra diperbarui 16 Jul 2023, 18:26 WIB
Diterbitkan 16 Jul 2023, 14:55 WIB
Surya Paloh dan Anies
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dan Bakal Capres Anies Baswedan tiba di GBK untuk menghadiri Apel Siaga Perubahan. (Liputan6.com/Nanda Perdana Putra)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum (Ketum) Partai Nasdem Surya Paloh tiba di acara Apel Siaga Perubahan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta. Dia pun didampingi dan satu mobil dengan Anies Baswedan, calon presiden (capres) yang diusung Koalisi Perubahan. 

Pantauan Liputan6.com, Minggu (16/7/2023), Surya Paloh turun lebih dulu dari kendaraannya yang mengantarnya. Dia mengenakan salah satu seragam kebesaran Partai Nasdem, lengkap dengan baret di kepalanya.

Sama halnya dengan Surya Paloh, Anies Baswedan juga mengenakan baret biru tua. Dia memakai rompi yang dilengkapi simbol bendera merah putih. 

Keduanya tiba sekitar pukul 14.35 WIB dan langsung terlihat terus berdampingan erat. Baik Surya Paloh dan Anies Baswedan secara bergantian menyalami para kader yang menyambutnya di pintu masuk VIP Stadion Utama GBK Senayan.

Diketahui, dalam Apel Siaga Perubahan, Anies Baswedan dan Ketua Umum NasDem Surya Paloh akan memberikan pidato politik. Anies Baswedan dipastikan tidak menggelar deklarasi calon wakil presiden pada acara ini. 

Wakil Ketua Umum NasDem Ahmad Ali menyebut, kewenangan pemilihan cawapres diserahkan kepada Anies.

"Partai Nasdem tidak akan masuk pada ruang yang mana, kewenangan itu sudah kita serahkan Mas Anies, Partai Nasdem dalam memberikan mandat kepada Anies untuk mencari Wapres, bahwa nanti tidak ada deklarasi calon wakil presiden dari partai koalisi," kata Wakil Ketua Umum NasDem Ahmad Ali di NasDem Tower, Jakarta, Rabu (12/7/2023).

Ali menjelaskan, pihaknya tengah menunggu Anies menggunakan mandat yang diberikan oleh NasDem, PKS, Demokrat untuk mekukan komunikasi politik dengan tokoh-tokoh potensial.

"Sehingga belum ada pernyataan kepada kami sebagai parpol yang mengusung Mas Anies Baswedan kapan akan deklarasikan pasangan calon wapres tersebut," kata Ali.

 


Nasdem Tidak Tertarik Bicara Siapa Figur Cawapres Anies

Ali menambahkan, hingga hari ini NasDem tidak tertarik berbicara tentang siapa figur ideal untuk mendampingi Anies anies. Kata dia, Partai NasDem lebih tertarik berbicara soal kriteria figur yang bakal mendampingi mantan Gubernur DKI itu.

"Koalisi ini memilih tema sebagai koalisi perubahan dan perbaikan. Tentunya, tema besar ini menjadi harapan bagi semua masyarakat indonesia, kita ingin memilih wakil presiden yang mendampingi Mas Anies itu berdasarkan kriteria-kriteria yang diberikan oleh partai kepada Mas Anies," tuturnya.

Ali lalu menyampaikan tiga prinsip bagi Anies untuk memilih seorang cawapres. Pertama, cawapres itu harus orang yang bisa membantu pemenangan Anies.

"Jadi, wakil presiden itu adalah orang yang bisa membantu pemenangan atau perolehan suara," kata Ali.

Kedua, Ali melanjutkan, cawapres tersebut harus mampu menjaga keseimbangan koalisi. Ketiga, pendamping Anies mesti bisa membantu melaksanakan visi misinya ketika terpilih menjadi presiden.

"Tiga kriteria itu yang harus kita coba breakdown. Hari ini tidak ada satu orang pun hak berhak mewakili Anies untuk mengatakan tentang kapan, di mana, siapa, calon wakil presiden, kapan diumumkan wakil presiden, selain Anies Rasyid Baswedan," jelas Ali.

Infografis Pernyataan Ketum NasDem Surya Paloh Saat Deklarasi Capres 2024. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Pernyataan Ketum NasDem Surya Paloh Saat Deklarasi Capres 2024. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya