LSI Sebut Elektabilitas PAN Meningkat Tajam, Tembus 100 Persen Menuju Pemilu 2024

Dia memberitahu ada beberapa faktor mengapa PAN mengalami elektabilitas yang meningkat tajam. Menurutnya, langkah PAN di Pilpres 2024 dengan mendukung Prabowo semakin menguatkan elektabilitas yang dimiliki.

oleh Liputan6.com diperbarui 30 Agu 2023, 19:11 WIB
Diterbitkan 30 Agu 2023, 17:01 WIB
PAN Dukung Erick Thohir Jadi Cawapres Prabowo, Zulhas: Mesti Izin Cak Imin
Ketum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) berseloroh Erick Thohir harus mendapatkan restu dari Cak Imin untuk menjadi Cawapres Prabowo Subianto. Hal ini disampaikan Zulhas di acara HUT ke-25PAN. (Liputan6.com/Nanda Perdana Putra)

Liputan6.com, Jakarta Kabar terbaru, Partai Amanat Nasional (PAN) mengalami peningkatan elektabilitas sangat tajam menuju Pemilu 2024. Hal itu terlihat dari hasil rilis 18 partai politik (parpol) Lembaga Survei Indonesia (LSI).

Dalam survei tersebut, partai yang dipimpin oleh Zulkifli Hasan ini mengalami kenaikan elektabilitas sebesar 100 persen dari tahun lalu. Dari hasil survei yang digelar 3-9 Agustus 2023 ini, PAN mendapatkan torehan hasil 4,3 persen.

Angka tersebut meningkat dalam setahun terakhir yang hanya 2,0 persen.

"Ini kita bandingkan dari setahun lalu, PAN ini menarik ya, sekarang elektabilitss di LSI berada di angka 4,2 persen (dari sebelumnya 2,0 persen), ini membuat PAN terus berkembang menuju Pemilu 2024," kata Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan, dikutip Rabu (30/8/2023).

Dia memberitahu ada beberapa faktor mengapa PAN mengalami elektabilitas yang meningkat tajam. Menurutnya, langkah PAN di Pilpres 2024 dengan mendukung Prabowo semakin menguatkan elektabilitas yang dimiliki.

"Gerakan atau manuver-manuver PAN belakangan yang cenderung makin dekat ke Prabowo, yang berkemungkinan memberikan efek positif (terhadap dukungan publik kepada PAN)," ungkap Djayadi.

Perlu diketahui, partai berlambang matahari ini baru masuk Koalisi Indonesia maju yang dipimpin oleh Capres Prabowo Subianto. Hal itu memberikan dampak positif bagi PAN sebagi partai politik yang berpengaruh di Indonesia.

Dengan lonjakan elektabilitas ini pula, PAN dipastikan lolos ambang batas parlemen. Di mana ambang batas tersebut ditetapkan sebesar 4 persen.


PAN Jadikan Kader Muda Pondasi Utama Bantu Masyarakat

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Amanat Nasional (PAN), Eddy Soeparno mengatakan partainya telah memiliki banyak kader muda yang dibekali wawasan dan ilmu politik untuk siap bantu rakyat.

Hal ini menjadi upaya konkret PAN dalam memberdayakan generasi muda agar terjun aktif untuk masyarakat.

"Semua kader muda PAN sudah kita bekali wawasan agar semuanya bisa berkecimpung membantu di berbagai sektor baik itu sosial maupun budaya di seluruh Tanah Air," kata Eddy.

Kehadiran kader muda ini dilatih melalui Barisan Penegak Amanat Nasional (BM PAN) yang banyak mencetak anak muda berkualitas. Sayap partai ini menjadi pondasi utama PAN untuk bergerak cepat membantu masyarakat.

Eddy menambahkan sudah banyak yang dihasilkan oleh kader muda dalam membantu masyarakat secara luas.

Adapun, bentuk bantuannya seperti memberikan wawasan kepada pelaku Usaha Mikro Kecil Menegah (UMKM), menyediakan ruang belajar bagi siswa sekolah, dan menghadirkan bantuan kebutuhan hidup untuk masyarakat.

"Tentu ini perlu diapreasisasi sebesar besarnya terhadap BM PAN. Itu merupakan vitamin lebih lanjut untuk PAN semangat mewujudkan visi dan misi partai bantu rakyat," ujar Eddy.

PAN yakin dengan mengajak kader muda yang aktif membangun negeri maka akan berdampak besar bagi segala aspek. Terutama untuk pembangunan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat di seluruh Tanah Air.

Infografis  Zulkifli Hasan Ketua Umum PAN. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Zulkifli Hasan Ketua Umum PAN. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya