Menko Muhadjir Ingatkan Pemudik Tertib Saat Arus Balik Lebaran 2024

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengimbau kepada para pemudik agar tertib dalam perjalanan arus balik Lebaran 2024.

oleh Tim News diperbarui 10 Apr 2024, 17:17 WIB
Diterbitkan 10 Apr 2024, 17:17 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy setelah rapat koordinasi lintas sektoral Operasi Ketupat 2024 di Hotel Bidakara, Jakarta, Senin (25/3/2024).
Menko PMK Muhadjir Effendy setelah rapat koordinasi lintas sektoral Operasi Ketupat 2024 di Hotel Bidakara, Jakarta, Senin (25/3/2024). (Merdeka.com/ Bachtiarudin Alam)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengimbau kepada para pemudik agar tertib dalam perjalanan arus balik Lebaran 2024 ke daerah masing-masing. Hal ini guna meminimalisasi angka kasus kecelakaan.

“Khusus untuk mereka yang mudik nanti mau balik ke tempat kerja, saya mohon yang sudah terjadi saat ini alhamdulillah mudik tahun ini mengalami penurunan angka kecelakaan, turun sampai sekitar 53 persen. Jadi ini sangat tinggi penurunannya harus dipertahankan, bahkan diturunkan lagi,” jelas Muhadjir di gedung Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (10/4/2024).

Ia juga mengingatkan beberapa hal kepada para pemudik yang akan kembali ke perantauan usai hari libur Lebaran.

Salah satunya ialah memperhatikan muatan kendaraan yang digunakan agar tidak mengalami kelebihan muatan apalagi kelebihan penumpang karena rawan menyebabkan kecelakaan.

“Berkaca dari kecelakaan yang baru saja terjadi, kapasitas kendaraan adalah salah satu yang perlu saya tekankan ya. Hati-hati dalam menggunakan kendaraan, terutama jangan sampai kelebihan muatan. Kalau memang isinya 9, jangan dipaksakan lebih dari itu. Pasti mobil kalau kelebihan beban, apalagi dibikin cepat, pasti akan oleng,” jelasnya, dilansir dari Antara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Antisipasi Antrean

Pantauan Udara Tol Jakarta Cikampek di H-2 Lebaran 2023
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat meninjau arus mudik lebaran 2023 mengatakan masih ada separuh dari total jumlah pemudik yang diprediksi akan melintas di Tol Jakarta-Cikampek. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Lebih lanjut, ia mengingatkan kepada para pemudik yang akan kembali ke perantauan dengan menggunakan moda transportasi kapal laut untuk sabar sekaligus mengantisipasi antrean yang akan terjadi pada saat masuk dan ke luar kapal, terutama bagi pemudik yang membawa kendaraan saat menyeberang antarpulau.

“Kemudian juga mohon tertib terutama yang akan menyeberang dari Bakauheni ke Merak yang kemarin mengalami antrean sangat panjang. Mohon nanti siap-siap untuk menghadapi keadaan yang mungkin kurang enak, persiapkan kondisi kesehatan, kebutuhan dasar yang diperlukan selama mengantre,” imbuhnya.

 


Minta Maaf ke Masyarakat

Ia pun selaku Koordinator Penanganan Mudik 2024 meminta maaf kepada masyarakat mengingat masih adanya kekurangan dalam memberikan pelayanan pada arus mudik tahun ini.

Pihaknya berjanji akan segera mengevaluasi dan mengambil langkah-langkah taktis untuk menangani arus balik nanti.

Infografis Deretan Ruas Jalan Tol Beri Diskon Tarif Saat Mudik Lebaran 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Deretan Ruas Jalan Tol Beri Diskon Tarif Saat Mudik Lebaran 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya