Jokowi Kagum, HAN 2024 Tampilkan Fashion Show Anak Papua PYCH Binaan BIN

Jokowi mengaku kagum dengan karya dan penampilan anak-anak Papua pada acara tersebut.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 24 Jul 2024, 11:37 WIB
Diterbitkan 24 Jul 2024, 00:34 WIB
Fashion show karya desainer Papua Youth Creative Hub (PYCH) binaan Badan Intelijen Negara (BIN) di Istora Papua Bangkit, Jayapura, Papua, Selasa (23/7/2024) (Youtube Sekretariat Presiden)
Fashion show karya desainer Papua Youth Creative Hub (PYCH) binaan Badan Intelijen Negara (BIN) di Istora Papua Bangkit, Jayapura, Papua, Selasa (23/7/2024) (Youtube Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hadir di Papua saat Hari Anak Nasional (HAN) 2024. Pada momentum tersebut, presiden turut menyaksikan fashion show karya desainer Papua Youth Creative Hub (PYCH) binaan Badan Intelijen Negara (BIN). Kegiatan itu digelar di Istora Papua Bangkit, Jayapura, Papua, Selasa (23/7/2024).

Jokowi mengaku kagum dengan karya dan penampilan anak-anak Papua pada acara tersebut. Dia berpesan, harus ada persiapan khusus agar mereka tumbuh sesuai dengan harapan bangsa.

“Kita melihat ke depan anak-anak ini harus betul-betul disiapkan. Tidak hanya pintar, tidak hanya pandai, tapi juga berwawasan dan berkarakter,” kata Jokowi seperti dikutip dari siaran pers, Rabu (24/7/2024).

Jokowi juga turut berkomentar melihat antusiasme anak-anak yang sangat tinggi. Hal itu dibuktikan dengan ribuan yang ikut serta dalam pertunjukkan seni dan budaya tradisional lewat busana adat Papua dan tarian kolosal bertajuk “Tanah Kitorang”. Tidak heran, penampilan anak-anak tersebut pun mencetak rekor dari Museum Rekor Indonesia (MURI).

“Ini mungkin pertama kali puncak Hari Anak Nasional diadakan di Papua dan dilaksanakan secara besar-besaran dan anak-anak menikmati. Saya juga tidak mau memberikan pidato sambutan karena ini harinya anak-anak. Tempat anak-anak berinteraksi, bermain, bersenang-senang,” bangga Jokowi.

Jokowi meyakini, kreativitas tersebut adalah modal berharga bagi generasi muda di Papua untuk membangun daerahnya menjadi lebih maju ke depan. Kepala Negara pun berpesan agar pemerintah daerah dan seluruh lapisan masyarakat ikut mendukung anak-anak tersebut.

“Anak-anak ini memang kreatif-kreatif. Jadi, industri kreatif Indonesia itu dimulai dari anak-anak seperti yang tadi kita lihat. Tariannya kolosal dan anak-anak sangat menjiwai, ya DNA kita memang ada di situ,” ujar Jokowi.

Jokowi pun berpesan agar anak-anak di Papua terus belajar untuk mengembangkan potensi diri mereka masing-masing. Hal itu disampaikan secara langsung kepada anak-anak Papua yang berkumpul di sekitar presiden saat diwawancarai awak media.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


PYCH

Sebagai informasi, salah satu pihak yang banyak terlibat dalam mengembangkan kreativitas masyarakat di Papua adalah PYCH. PYCH adalah bagian dari Program binaan BIN yang terinspirasi dari misi Presiden Joko Widodo untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Pengembangan kreativitas dan berbagai potensi di Papua dilakukan melalui berbagai kegiatan yang senantiasa melibatkan masyarakat.PYCH juga kini telah berkembang pesat dengan melahirkan anak-anak muda Papua yang unggul melalui Industri kreatif, pertanian dan perikanan, pembentukan entrepreneur muda, pengembangan UMKM, dan teknologi.

Keberhasilan PYCH di Jayapura akan menjadi Role model yang rencananya akan disusul daerah lain seperti Kota Manokwari, Papua Barat. Tidak hanya itu, di Aceh hadir juga progam serupa yang bernama bernama Amanah (Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat) dan akan segera diresmikan presiden dalam waktu dekat.

Infografis Ada 204 Juta Lebih DPT di Pemilu 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Ada 204 Juta Lebih DPT di Pemilu 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya