Rapat Pleno AMPI Putuskan Dukung Bahlil Maju sebagai Ketua Umum Partai Golkar

Ketua Umum DPP AMPI Jerry Sambuaga menyatakan pihaknya tentu akan mendukung Bahlil Lahadalia sebagai Ketua Umum Partai Golkar, sebab memiliki rekam jejak yang bagus.

oleh Devira PrastiwiTim News diperbarui 18 Agu 2024, 18:09 WIB
Diterbitkan 18 Agu 2024, 15:30 WIB
DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (DPP AMPI) menggelar rapat konsolidasi usai Partai Golkar mengusung pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal capres dan bakal cawapres di Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024.
DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (DPP AMPI) menggelar rapat konsolidasi usai Partai Golkar mengusung pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal capres dan bakal cawapres di Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024. (Instagram @jerry.sambuaga)

Liputan6.com, Jakarta - Bahlil Lahadalia dikabarkan akan maju sebagai calon Ketua Umum Partai Golkar dalam Munas XI Partai Golkar.

Menanggapi kabar majunya Bahlil Lahadalia dalam Munas Partai Golkar, politikus Partai Golkar yang juga Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembangunan Indonesia (AMPI) Jerry Sambuaga menyatakan benar adanya.

"iya betul, Bang Bahlil akan maju di Munas XI Partai Golkar," ujar Jerry melalui keterangan tertulis, Minggu (18/8/2024).

Ketika ditanya mengenai dukungan terhadap Bahlil Lahadalia, Ketua Umum DPP AMPI ini menyatakan pihaknya tentu akan mendukung Bahlil Lahadalia, sebab memiliki rekam jejak yang bagus.

"Bang Bahlil ini memiliki rekam jejak yang sangat baik terlihat dari banyak tugas dan tanggung jawab di dalam pemerintahan yang beliau selalu selesaikan dengan baik. Kapasitas dan kualitas beliau terbukti mumpuni," ucap Jerry.

"Selain itu, dalam pengalaman memimpin organisasi tidak perlu diragukan lagi, sudah malang melintang di dunia aktivis. Beliau juga adalah figur muda yang selama ini selalu menjadi inspirasi bagi generasi muda di dunia kepemudaan. Dan alasan yang paling penting dari semuanya adalah beliau merupakan senior AMPI," sambung dia.

Kemudian Jerry bercerita dirinya masih ingat ketika Bahlil masih aktif di AMPI. Dia menilai, Bahlil menunjukan style dan karakter anak muda yang sangat inspiratif dan inovatif untuk semua pada saat itu.

"Jadi Bang Bahlil ini memiliki sejarah dan kedekatan khusus dengan AMPI. Bisa disimpulkan bahwa beliau adalah kader biologis dan ideologis AMPI. Jadi sudah sangat tepat AMPI mendukung seniornya, yakni Bang Bahlil Lahadlia sebagai Ketua Umum Golkar" terang Jerry.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


AMPI Selalu Konsisten Dukung Pemimpin Muda

Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Jerry Sambuaga
Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Jerry Sambuaga. (Foto: Istimewa).

Jerry kemudian menambahkan, AMPI adalah Ormas Kepemudaan yang didirikan Partai Golkar yang selama ini selalu konsisten mendukung lahirnya pemimpin-pemimpin muda.

"Dan sekarang ini kami mendukung abangda Bahlil Lahadalia. AMPI bukan hanya mendukung tetapi mencalonkan, memilih, dan akan memenangkan Bang Bahlil Lahadalia sebagai ketua Umum Partai Golkar di Munas Partai Golkar nanti," papar dia.

Ditanya terkait dukungan AMPI terhadap Bahlil, Jerry menyatakan, sikap dan dukungan AMPI sudah final pada Sabtu malam 17 Agustus 2024 sudah menggelar rapat koordinasi dengan semua DPD AMPI 38 Provinsi seluruh Indonesia dan semua 14 DPLN seluruh luar negeri.

"Dan semuanya dengan bulat menyatakan mendukung abangda Bahlil. Dan selain itu, kami baru saja menggelar Rapat Pleno DPP AMPI, dan semuanya solid mendukung, mencalonkan, memilih, dan memenangkan senior kami di AMPI, Bang Bahlil Lahadlia sebagai Ketua Umum Partai Golkar," jelas Jerry.

 


Ini Daftar 10 Besar Calon Anggota BPK Versi DPD, Nama Misbakhun Golkar di Peringkat Pertama

Gantikan Airlangga Hartarto, Agus Gumiwang Jabat Plt Ketua Umum Partai Golkar
Menjabat sebagai Plt Ketua Umum Partai Golkar, Agus Gumiwang mengaku memiliki dua tugas utama. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI merilis daftar peringkat hasil uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) calon anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Nama politikus Partai Golkar yang juga anggota DPR RI Mukhamad Misbakhun menempati peringkat teratas dalam daftar tersebut.

Daftar peringkat tersebut tertuang dalam Laporan Komite IV DPD. Laporan itu dibacakan pada Sidang Paripurna ke-13 DPD RI di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu 14 Agustus 2024.

Wakil Ketua Komite IV Elviana menyatakan pihaknya telah melaksanakan fit and proper test terhadap 72 dari 75 kandidat anggota BPK. Fit and proper test untuk mengisi posisi lima anggota BPK periode 2024-2029 itu dilaksanakan pada Senin (12/8/2024) dan Selasa (13/8/2024).

Selanjutnya, lembaga para senator itu membuat pertimbangan tentang bakal calon anggota BPK berdasarkan penilaian hasil fit and proper test. “DPD memberikan penilaian dan pertimbangan kepada 72 calon yang mengikuti fit and proper test yang hadir secara fisik,” ujarnya.

Pertimbangan itu disusun secara berurutan berdasarkan penilaian dari peraih nilai tertinggi. Dalam surat tersebut, DPD secara khusus membuat 10 besar nama peringkat teratas.

 


Hasil Fit and Proper Test

Anggota Komisi XI DPR Mukhamad Misbakhun
Anggota Komisi XI DPR Mukhamad Misbakhun menyampaikan kesimpulan dan rekomendasi pada saat menjalani uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test calon anggota BPK RI di Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta. (Foto: Istimewa).

Nama Misbakhun berada di urutan pertama. Selanjutnya, nama kandidat lain dalam daftar 10 besar calon anggota BPK menurut penilaian DPD ialah Budi Prijono, Daniel Lumban Tobing, Akhsanul Khaq, Jon Erizal, Laodi Nusriadi, Fathan, Habi Anshory, Hendra Susanto, dan Izhari Mawardi.

Elviana menjelaskan hasil fit and proper test terhadap calon anggota BPK itu akan diserahkan kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Pasal 14 Ayat (2) Undang-undang BPK mengamanatkan pertimbangan tertulis yang memuat semua nama calon secara lengkap dari DPD akan diserahkan kepada DPR dalam jangka waktu paling lama satu bulan terhitung sejak DPD menerima surat permintaan pertimbangan dari Pimpinan DPR.

Adapun DPD menerima surat dari pimpinan DPR perihal Penyampaian Nama-Nama Calon Anggota BPK pada 16 Juli 2024. Oleh karena itu, Komite IV DPD meminta sidang paripurna tersebut mengesahkan hasil fit and proper test calon anggota BPK tersebut sebagai keputusan DPD.

"Demikian laporan pelaksanaan tugas Komite IV dalam kerangka pelaksanaan fungsi representasi dan anggaran," tandas Elviana.

 

Infografis Kejutan Airlangga Hartarto Mundur dari Jabatan Ketum Golkar. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Kejutan Airlangga Hartarto Mundur dari Jabatan Ketum Golkar. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya