Jubir Klaim Kaesang Pangarep Pulang ke Indonesia Naik Pesawat Komersil

Jubir Klaim Kaesang Hanya Nebeng Jet Pribadi ke AS, Pulangnya Naik Pesawat Komersil

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 17 Sep 2024, 16:37 WIB
Diterbitkan 17 Sep 2024, 16:37 WIB
Klarifikasi Penggunaan Jet Pribadi, Kaesang Pangarep Datangi Gedung KPK Lama
Kaesang Pangarep juga menjelaskan kedatangannya bukan atas dasar panggilan dari KPK. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta Juru Bicara Kaesang Pangarep, Francine Widjojo mengklaim Kaesang mengunakan jet pribadi bersama istrinya, Erina Gudono, hanya untuk berangkat ke Amerika Serikat.

Dia mengklaim, saat pulang ke Indonesia, Kaesang tak lagi menggunakan jet pribadi.

"Pulangnya tidak bareng karena beda jadwal kepulangannya," klaim Francine saat dihubungi melalui pesan singkat, Selasa (17/9/2024).

Francine pun menegaskan, saat pulang ke Indonesia, Kaesang dan Erina Gudono menggunakan pesawat komersil.

"Mas Kaesang pulang naik pesawat komersial," tegas dia.

Namun demikian, Francine enggan menjawab saat ditanya lebih detil soal data manifest pesawat komersil yang ditumpangi Kaesang dan Erina saat pulang ke Indonesia.

Menurut dia, info terkait hal itu sudah disampaikan langsung Kaesang ke pihak KPK pagi hari tadi.

"Mas Kaesang sudah memberikan keterangan ke KPK hari ini dalam konsultasinya dengan KPK terkait dugaan gratifikasi. Bisa ditanyakan ke KPK," Francine menandasi.

Sebelumnya, Kaesang menyambangi gedung lama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Selasa (17/9/2024). Kaesang tiba sekira pukul 10.40 WIB dengan mengenakan kemeja warna putih.

Usai bertemu sejumlah pihak di dalam gedung KPK, Kaesang keluar menemui awak media. Dia mengaku, kedatangannya hanya untuk mengklarifikasi soal penggunaan jet pribadiyang ditumpanginya ke Amerika Serikat.

"Saya mengklarifikasi mengenai perjalanan saya di tanggal 18 Agustus ke Amerika Serikat (AS), yang numpang atau bahas bekennya nebeng lah, nebeng pesawatnya teman saya," ujar Kaesang kepada awak media di lokasi, Selasa (17/9/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tindakan Proaktif Kaesang

Saat ditegaskan hal detail terkait lainnya, Kaesang belum mau bicara banyak dan menyerahkan kepada tim hukum dan juru bicaranya di PSI.

Sementara itu, Anggota Dewan Pembina PSI, Isyana Bagoes Oka menyatakan kedatangan sang ketua umum ke KPK bertujuan mengklarifikasi sejumlah hal.

"Mas Ketum memberikan klarifikasi atas sejumlah hal," tulis Isyana dari PSI melalui pesan singkat, Selasa (17/9/2024).

Menurut Isyana Bagoes Oka, Kaesang datang ke KPK bukan karena dipanggil namun tindakan proaktif.

"Di kantor KPK secara proaktif," jelas dia.

Terpantau, kehadiran Kaesang di PSI tidak sendiri, dia nampak didampingi Sekjen PSI Raja Juli Antoni.


Soal Dugaan Gratifikasi Jet Pribadi Kaesang, Jokowi: Semua Sama di Mata Hukum

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo, yang akrab disapa Jokowi, memberikan tanggapannya terkait dugaan gratifikasi penggunaan jet pribadi yang melibatkan putra bungsunya, Kaesang Pangarep. Jokowi menegaskan bahwa semua warga negara, termasuk Kaesang, memiliki kedudukan yang sama di mata hukum.

"Ya itu semua warga negara sama di mata hukum. Ya itu aja," kata Jokowi di Stadion Utama Gelora Bang Karno (GBK) Jakarta, Selasa (10/9/2024).

Ketua KPK Nawawi Pomolango menyatakan bahwa pemanggilan terhadap Kaesang Pangarep mungkin saja terjadi, mengingat hubungannya sebagai putra Presiden Joko Widodo.

Pemanggilan ini terkait laporan dugaan gratifikasi atas penggunaan jet pribadi Gulfstream G650 ke Amerika Serikat bersama istrinya, Erina Gudono.

"Melihat seorang Kaesang sebagai bukan penyelenggara negara. Kita harus melihat Kaesang kaitannya dengan penyelenggara negara gitu, ada keluarganya," ujar Nawawi di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (3/9/2024).

Nawawi juga menyatakan telah memerintahkan Direktorat Gratifikasi dan Direktorat Pengaduan Laporan Masyarakat untuk menangani kasus yang melibatkan Kaesang Pangarep.

"Kita sudah memintakan untuk mereka melakukan klarifikasi. Kaesang kan enggak bisa dianggap secara personal. Semua publik mengetahui bahwa Kaesang adalah... Apa? Bisa dilanjutin, gitu kan? Sudah dipahami," kata Nawawi tanpa menyebut nama Presiden Jokowi.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya