3 Pernyataan Presiden Jokowi saat Nonton Langsung MotoGP Mandalika 2024

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyaksikan balapan utama MotoGP Mandalika 2024, Minggu siang 29 September 2024.

oleh Devira Prastiwi diperbarui 30 Sep 2024, 10:45 WIB
Diterbitkan 30 Sep 2024, 10:45 WIB
Deru Mesin di Sirkuit Mandalika Memacu Ekonomi Warga Lokal dan Industri Pariwisata
Presiden Jokowi di Sirkuit Mandalika. (c) Biro Pers Sekretariat Presiden

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) tiba di Sirkuit Mandalika tepat pukul 14.00 WIB. Jokowi menyaksikan balapan utama MotoGP Mandalika 2024, Minggu siang 29 September 2024.

Tak sendiri, Presiden Jokowi datang didampingi Menteri Badan Usaha Milik Negara (Menteri BUMN) Erick Thohir yang duduk satu mobil dengannya. Dalam kesempatan itu, ada sejumlah hal yang disampaikan Jokowi.

Salah satunya, Jokowi mengapresiasi perkembangan penyelenggaraan MotoGP di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Nusa Tenggara Barat, dalam tiga tahun terakhir.

"Saya melihat perkembangan dalam 3 tahun ini sangat baik, utamanya dalam manajemen, manajemennya lebih baik, fasilitasnya juga terlihat semakin baik," ujar Jokowi dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu 29 September 2024.

Selain itu, Jokowi juga mengapresiasi kehadiran kru lokal dari Nusa Tenggara Barat (NTB) yang menunjukkan dukungan terhadap pemberdayaan tenaga kerja lokal.

"Untuk kru, saya senang 3.000 kru yang ada di sini semuanya berasal dari NTB. Itu yang saya senang," ungkap dia seperti dilansir dari Antara.

Jokowi pun turut menyampaikan bahwa pihak penyelenggara, Dorna Sports memberikan tanggapan positif terhadap penyelenggaraan MotoGP di Mandalika tahun ini.

Dia mengatakan, Dorna mengapresiasi budaya lokal yang ditampilkan dalam acara pembukaan ajang balap tersebut.

Pada kesempatan itu, Jokowi juga menyerahkan langsung trofi juara didampingi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo serta Menteri BUMN Erick Thohir.

Berikut sederet pernyataan Presiden Jokowi saat nonton langsung balapan utama MotoGP Mandalika 2024, Minggu siang 29 September 2024 dihimpun Tim News Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Apresiasi Perkembangan Sirkuit Mandalika dan Hadirnya Kru Lokal

Presiden Jokowi bertolak ke Nusa Tenggara Barat (NTB). Dia dijadwalkan menyaksikan balap motor MotoGP di Sirkuit Mandalika, Minggu (29/9/2024)
Presiden Jokowi bertolak ke Nusa Tenggara Barat (NTB). Dia dijadwalkan menyaksikan balap motor MotoGP di Sirkuit Mandalika, Minggu (29/9/2024). (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengapresiasi perkembangan penyelenggaraan MotoGP di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Nusa Tenggara Barat, dalam tiga tahun terakhir.

"Saya melihat perkembangan dalam 3 tahun ini sangat baik, utamanya dalam manajemen, manajemennya lebih baik, fasilitasnya juga terlihat semakin baik," ujar Jokowi dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu 29 September 2024.

Selain penyelenggaraan yang dinilai lebih baik, Jokowi juga mengapresiasi kehadiran kru lokal dari Nusa Tenggara Barat (NTB) yang menunjukkan dukungan terhadap pemberdayaan tenaga kerja lokal.

"Untuk kru, saya senang 3.000 kru yang ada di sini semuanya berasal dari NTB. Itu yang saya senang," ungkap dia seperti dilansir dari Antara.

 


2. Ingatkan Pentingnya Evaluasi

Deru Mesin di Sirkuit Mandalika Memacu Ekonomi Warga Lokal dan Industri Pariwisata
Presiden Jokowi saat meresmikan Sirkuit Mandalika. (©BPMI Sekretariat Presiden)

Jokowi juga menyoroti pentingnya evaluasi dan perbaikan untuk penyelenggaraan yang lebih baik di masa mendatang.

Ia menegaskan bahwa segala kekurangan akan terus diperbaiki demi meningkatkan kualitas acara ini.

"Saya kira yang masih kurang kita evaluasi, perbaiki, yang masih kurang evaluasi, perbaiki, dikoreksi, perbaiki," ucap Jokowi.

 


3. Sebut Dorna Sports Beri Tanggapan Positif

Jokowi tiba di Sirkuit Mandalika Jelang MotoGP Mandalika 2024
Jokowi Tiba di Sirkuit Mandalika Jelang MotoGP Mandalika 2024 (Liputan6.com/Thomas)

Jokowi turut menyampaikan bahwa pihak penyelenggara, Dorna Sports, memberikan tanggapan positif terhadap penyelenggaraan MotoGP di Mandalika tahun ini.

Presiden Jokowi menyebut bahwa Dorna mengapresiasi budaya lokal yang ditampilkan dalam acara pembukaan ajang balap tersebut.

"Tadi dari komentar Dorna menyampaikan penyelenggaraan kita memang berbeda, sangat baik, ada national anthem dan ada tarian yang juga sangat baik," kata Jokowi.

Pada kesempatan itu, Jokowi menyerahkan langsung trofi juara didampingi Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo serta Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir.

Usai menyaksikan balap MotoGP, Presiden bertolak kembali ke Jakarta.

Motogp
Infografis MotoGP Indonesia Mandalika 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya