Siapa Prasetyo Hadi? Calon Kuat Mensesneg yang Kerap Dampingi Prabowo

Prasetyo Hadi sempat terlihat mendampingi Prabowo-Gibran saat bertemu dengan Jokowi di Solo. Saat itu, dia duduk disebelah Jokowi. Berhadapan dengan Prabowo-Gibran.

oleh Luqman Rimadi diperbarui 15 Okt 2024, 13:54 WIB
Diterbitkan 15 Okt 2024, 13:53 WIB
Prabowo Subianto Panggil Para Calon Menteri, Ini Sosok-sosoknya
Prasetyo Hadi adalah politikus Partai Gerakan Indonesia Raya yang menjabat sebagai anggota DPR-RI sejak 1 September 2020 menggantikan Harry Poernomo yang mengundurkan diri pada Juli 2020. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 49 tokoh yang disebut akan menjadi calon menteri atau pejabat setingkatnya di kabinet Prabowo- Gibran satu persatu mendatangi rumah Presiden terpilih Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Jakarta Pusat, Senin, 14 September 2024, kemarin.

Satu nama yang sempat membuat penasaran publik adalah munculnya sosok Prasetyo Hadi, sebagai orang yang pertama datang. 

Meski jarang terlihat muncul dipublik, Prasetyo Hadi bukan sosok asing di internal Partai Gerindra atau orang-orang dekat Prabowo. Dia merupakan kader Gerindra yang juga menjabat sebagai Anggota DPR RI pada periode ini. Prasetyo bahkan disebut sebagai salah satu orang dekat Prabowo yang sering diminta pendapatnya oleh Ketua Umum Partai Gerindra itu. 

Kedekatan Prabowo dengan Prasetyo semakin terlihat saat dia mendampingi Prabowo dan Gibran berkunjung ke kediaman Presiden Jokowi di Kota Solo pada Minggu, 13 Oktober 2024. Dalam kunjungan itu, Prasetyo tampak duduk di sebelah Jokowi berhadapan dengan Gibran, Prabowo dan Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco.

Foto suasana akrab di meja makan ini ditunjukkan dari unggahan di media soial Presiden Jokowi, @jokowi.

“Diskusi akhir pekan bersama Presiden terpilih Pak @prabowoucap Jokowi. 

Dalam beberapa kali kesempatan, Prasetyo Hadi juga terlihat mendampingi Prabowo, baik saat acara Prabowo sebagai Menteri Pertahanan, atau sebagai Ketua Umum Partai Gerindra.

Munculnya Prasetyo sebagai tokoh yang paling awal muncul di kediaman Prabowo ini, semakin menguatkan kabar yang menyebut kalau dia adalah sosok yang nantinya akan mengisi posisi Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) di kabinet Prabowo-Gibran. 

Selain Prasetyo, sejumlah tokoh yang dekat dengan Prabowo seperti Sugiono, juga dipanggil ke Kertanegara. Total, ada 49 orang yang datang memenuhi undangan Prabowo,  kemarin. 

 

Siapa Prasetyo Hadi ?

Prasetyo Hadi (di sebelah Presiden Jokowi) saat mendampingi Prabowo-Gibran bertamu ke kediaman Jokowi di Solo, Jawa Tengah. (@jokowi)
Prasetyo Hadi (di sebelah Presiden Jokowi) saat mendampingi Prabowo-Gibran bertamu ke kediaman Jokowi di Solo, Jawa Tengah. (@jokowi)

Lalu, siapa sebenarnya Prasetyo Hadi ? 

Mengutip dari biodata di laman Gerindra, Prasetyo Hadi lahir di Ngawi pada 28 Oktober 1979 dan merupakan Anggota Komisi II DPR untuk periode 2019-2024.

Pendidikan Prasetyo dimulai di SD Katolik Santo Yosef di Ngawi. Dia lalu melanjutkan pendidikannya ke SMP Negeri 2 Ngawi dan SMA Taruna Nusantara Magelang. Gelar Sarjana dalam bidang Konservasi Sumberdaya Hutan diperolehnya dari Universitas Gadjah Mada pada tahun 2006.

Keterlibatan Prasetyo di dunia politik dimulai saat dia bergabung dengan Partai Gerindra. Sejak 2008, Prasetyo sudah aktif memegang tanggung jawab penting sebagai Ketua Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan DPP Partai Gerindra. Peran aktifnya di partai turut membantu mengembangkan berbagai program strategis di partai tersebut.

Perjalanan politik Prasetyo semakin menguat saat dia dilantik menjadi anggota DPR pada 1 September 2020.

Dia menggantikan Harry Poernomo yang sebelumnya mengundurkan diri. Di Pileg 2019, Prasetyo mendapatkan 34.522 suara sah, menempatkannya sebagai peraih suara terbanyak kedua dari Partai Gerindra di daerah pemilihan Jawa Tengah VI yang mencakup wilayah Kota Magelang, Kabupaten Magelang, Wonosobo, Temanggung, dan Purworejo.

 

Ditugaskan di Komisi II DPR

Sebagai anggota DPR, Prasetyo ditugaskan di Komisi II yang berfokus pada berbagai isu penting seperti Pemerintahan Dalam Negeri, Otonomi Daerah, Reformasi Birokrasi, Kepemiluan serta Pertanahan dan Reforma Agraria.

Sebelum fokus di dunia politik, Prasetyo juga memiliki pengalaman panjang di sektor swasta. Dirinya pernah menjabat sebagai Komisaris di PT. Sentra Strategis Indonesia dan sebagai Direktur Utama PT. Tusam Hutani Lestari.

Infografis Prabowo Akan Ajak Sebagian Menteri Jokowi di Kabinetnya. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Prabowo Akan Ajak Sebagian Menteri Jokowi di Kabinetnya. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya