Ma’ruf Amin Terima Brevet Kehormatan Hiu Kencana dari TNI AL

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menerima penyematan Brevet Kehormatan Hiu Kencana dalam upacara yang diselenggarakan di Istana Wakil Presiden, Jakarta, pada Selasa (15/10/2024).

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 15 Okt 2024, 23:00 WIB
Diterbitkan 15 Okt 2024, 23:00 WIB
Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menerima penyematan Brevet Kehormatan Hiu Kencana dalam upacara yang diselenggarakan di Istana Wakil Presiden, Jakarta.
Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menerima penyematan Brevet Kehormatan Hiu Kencana dalam upacara yang diselenggarakan di Istana Wakil Presiden, Jakarta, pada Selasa (15/10/2024). (Foto: BPMI-Setwapres).

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menerima penyematan Brevet Kehormatan Hiu Kencana dalam upacara yang diselenggarakan di Istana Wakil Presiden, Jakarta, pada Selasa (15/10/2024). 

Penyematan brevet dilakukan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut, Muhammad Ali.

Diketahui, Brevet Hiu Kencana merupakan lambang kehormatan bagi Satuan Kapal Selam di TNI AL.

Dilansir dari situs resmi TNI, penyematan Brevet Kehormatan Hiu Kencana ini bermula dari adanya kegiatan rutin pengangkatan warga kehormatan kapal selam pada tahun 1959.

"Penghargaan atau tanda kehormatan dan penyematan brevet kehormatan Hiu Kencana ini ditujukan pada seluruh pejabat negara yang pernah berjasa dalam membangun kekuatan TNI Angkatan Laut dan khususnya membantu keluarga besar Hiu Kencana," tutur Muhammad Ali pada keterangan persnya, Selasa (15/10/2024).

"Seharusnya, sebenarnya beliau waktu itu disematkan juga bersamaan dengan Bapak Presiden di atas RI dr. Radjiman Wedyodiningrat pada 28 September, dalam rangka persiapan hari ulang tahun TNI dan hari ulang tahun TNI Angkatan Laut. Tapi karena beliau pada saat itu sedang melaksanakan kunjungan ke luar negeri jadi tidak sempat, maka akhirnya dilaksanakan pada hari ini di Istana Wapres, di Merdeka Selatan," sambungnya.

Adapun Brevet Kehormatan Hiu Kencana melambangkan kepercayaan dan penghargaan yang diberikan kepada individu yang telah memberikan kontribusi signifikan terhadap TNI AL.

 

Bentuk Kehormatan

Brevet ini merupakan bentuk tanda penghormatan terhadap dukungan Wapres selama ini untuk kemajuan TNI AL dan kejayaan laut Indonesia. Sebelumnya, Presiden Joko Widodo juga menerima brevet kehormatan ini pada 28 September 2024 dalam upacara yang dilakukan di atas KJRI dr. Radiman Wedyodiningrat (RJW-992). 

hadir mendampingi Ma’ruf dalam acara ini, Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Administrasi Sapto Harjono W.S., Staf Khusus Wapres Bidang Politik dan Hubungan Antar Lembaga Robikin Emhas, dan Staf Khusus Wapres Bidang Umum Masykuri Abdillah. 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya