Mahfud MD: Mana Partai Islam? Banyak Kiai, Banyak Koruptornya

Mantan politisi PKB Mahfud MD mengaku tak setuju bila ada parpol menyebut dirinya sebagai partai Islam.

oleh Fiq diperbarui 13 Nov 2013, 14:23 WIB
Diterbitkan 13 Nov 2013, 14:23 WIB
mahfud-md-partai-islam-131113b.jpg
PPP tengah mewacanakan pembentukan koalisi parpol Islam pada Pemilu 2014. Menanggapi hal itu, mantan politisi PKB Mahfud MD mengaku tak setuju bila ada parpol menyebut dirinya sebagai partai islam.

"Secara ideologis, saya tidak melihat ada partai Islam dan tidak Islam di Indonesia ini. Coba partai Islam itu apa, kan nggak ada," kata mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu di Gedung Syahida INN UIN Syarif Hidayatullah, Ciputat, Tangerang, Banten, Rabu (13/11/2013).

Menurutnya, semua partai politik di Indonesia sama saja dan mempunyai kepentingan golongannya masing-masing. Bahkan, semua parpol di Indonesia ada koruptornya, dari partai yang mengaku berideologikan nasionalis maupun Islam.

"Mana partai Islam? Semua sama. Kalau mau ukuran AD/ART, semua tujuannya untuk menyejahterakan sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945. Kalau bicara fakta politik, semua partai ada koruptornya, dan ada kiainya," ujar bakal calon presiden itu.

"Lalu mana yang Islam? Di PDIP itu kiainya banyak, di Golkar juga banyak, koruptornya juga ada. Di PPP, PKB, PKS kiainya banyak, koruptornya juga banyak. Pokoknya partai Pancasila saja," ujar Mahfud.

Ketika disinggung parpol mana saja yang sudah mendekatinya untuk Pilpres 2014, Mahfud mengaku ada beberapa parpol. Namun ia enggan merincinya.

"Pokoknya banyak (parpol) yang sudah datangin saya, nggak usah disebutin, nanti bergejolak," elak Mahfud. (Mut/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya