[VIDEO] Bantu Warga, Dodi Ajak Ternak Lele

Dodi membantu rekan-rekan satu kelompoknya mulai dari awal pembibitan hingga pemasaran.

oleh Muhammad Ali diperbarui 16 Des 2013, 06:24 WIB
Diterbitkan 16 Des 2013, 06:24 WIB
ternak-lele-131216a.jpg
Tak banyak orang yang mau membagi-bagikan ilmu dalam membangun sebuah usaha. Nah, seorang peternak lele di Bengkulu yang dengan sukarela membimbing warga di sekitarnya menjadi peternak lele yang sukses.

Inilah aktivitas Dodi Purwandi tiap harinya yakni beternak lele. Warga Kelurahan Kandang Mas, Kecamatan Muara Bangkahulu, Kota Bengkulu, ini membangun usaha ternak lele

Dalam tayangan Liputan 6 Pagi SCTV, Senin (16/12/2013), Dodi menuturkan awal usahanya. Pada tahun 1999, dengan berbekal lahan kosong seluas 100 meter persegi dan uang Rp 100 ribu yang dipinjamnya dari orangtua, ia memulai usahanya.

Awalnya Dodi mengaku tak memiliki pengetahuan sama sekali tentang ilmu beternak lele. Alhasil saat-saat pertama usahanya itu ia gagal panen. Namun itu tak membuatnya putus asa. Ia pun kemudian membeli buku-buku tentang beternak lele dan ikut pelatihan-pelatihan tentang hal tersebut.

Usahanya tak sia-sia, berkat ketekunan dan keuletannya usaha ternak lelenya telah maju dan berkembang.

Saat ini Dodi telah mempunyai pelanggan tetap yang rutin membeli lele-lelenya ini. Selain menjual ikan lele pada pedagang, Dodi juga menjual bibit lele yang biasanya dibeli warga.

Banyaknya permintaan bibit lele itulah akhirnya Dodi mempunyai ide membantu warga dengan membagi-bagikan ilmunya pada warga yang berniat menjadi peternak lele.

Ternyata usaha Dodi ini mendapat tanggapan positif dari warga yang awalnya bermata pencaharian sebagai petani dan pedagang. Kini  Dodi  telah membuat kelompok beternak lele yang bertujuan saling berbagi pengalaman serta menentukan harga yang sesuai.

Di kelompok tersebut Dodi membantu rekan-rekan satu kelompoknya mulai dari awal pembibitan, pembelian bibit, pemberian pakan, cara perawatan hingga sampai pemasaran.

Apeng dan Lia adalah warga yang mengikuti jejak Dodi. Meski belum setahun beternak lele, keduanya mengaku peran serta Dodi dalam usaha beternak lele ini sangat membantu.

Berkat usahanya membantu warga dalam berbudi daya lele, Dodi telah mendapatkan berbagai piagam penghargaan karena telah menjadi pelopor yang menginspirasi dengan memberikan bantuan petunjuk arahan kepada orang lain dalam membangun usaha tanpa pamrih.

Dodi berharap nantinya warga binaannya akan sukses dan melebihi kesuksesannya.

Usaha ternak lele yang dimiliki Dodi kini mampu meraih omset hingga Rp 20 juta per bulannya. (Ali)

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya