[VIDEO] Hawa Panas di Australia Sebabkan 250 Kebakaran

Berbeda dengan di tanah air, Australia justru dilanda hawa panas dengan suhu mencapai 45,1 derajat Celcius.

oleh Liputan6 diperbarui 16 Jan 2014, 09:00 WIB
Diterbitkan 16 Jan 2014, 09:00 WIB
cuaca-australia-140116a.jpg
Berbeda dengan di tanah air, Australia justru dilanda hawa panas dengan suhu mencapai 45,1 derajat Celcius. Serangan hawa panas dalam sehari telah memicu terjadinya 250 kebakaran, di wilayah Australia Tenggara.

Seperti dalam tayangan Liputan 6 Pagi SCTV, Kamis (16/1/2014), hantaman hawa panas di Australia melanda kawasan bagian tenggara Negeri Kanguru tersebut, di Kota Adelaide. Suhu udara mencapai 45,1 derajat Celcius. Sedangkan di Melbourne, Ibukota negara bagian Victoria mencapai 40 derajat Celcius.

Pemerintah setempat pun segera mengeluarkan peringatan ancaman bahaya kebakaran. Benar saja, hanya dalam sehari, sudah ada lebih dari 250 kebakaran terjadi di negara bagian Victoria.

Akibat cuaca panas ekstrim ini. Penggunaan listrik melonjak untuk menghidupkan alat penyejuk ruangan, akibatnya beban listrik melonjak drastis.

Untuk menghindari gangguan, perusahaan listrik setempat memadamkan sebagian sambungan listrik. Pemerintah Australia juga menutup 12 Taman Nasional di Perth, untuk mengatisipasi kemungkinan terjadinya kebakaran lahan.

Pekan lalu, hawa panas telah mengakibatkan suhu di Australia melambung mendekati 50 derajat Celcius--yang merupakan suhu panas tertinggi. (Tnt)

Lihat juga:

[VIDEO] Separuh Wilayah AS Beku Diterjang Badai Salju
Brrr... Beberapa Bagian di AS Lebih Dingin dari Mars
[VIDEO] Suhu Ekstrem Amerika Ubah Air Panas Jadi Es... Seketika

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya