Fakta Tradisi Jauhar di Serial Jodha Akbar

Serial Bollywood, Jodha Akbar menampilkan sebuah tradisi Jauhar yang ada sejak kerajaan Rajput. Simak faktanya di sini.

oleh Liputan6.com diperbarui 20 Sep 2021, 11:00 WIB
Diterbitkan 20 Sep 2021, 11:00 WIB
Jodha Akbar
Ritual Jauhar di serial Jodha Akbar. (Dok. Vidio)

Liputan6.com, Jakarta Jodha Akbar adalah serial Bollywood yang dirilis pada 18 Juni 2013, serial bergenre kolosal ini hadir dalam 566 episode, yang berakhir pada 7 Agustus 2015. Disutradarai oleh Ektaa Kapoor dan Shobha Kapoor. Serial ini sempat ramai penggemar, khususnya dari Indonesia. 

Jodha Akbar menceritakan tentang perjodohan yang melibatkan politik, antara putri kerajaan Rajput bernama Jodha Bai, yang diperankan oleh Paridhi Sharma dan Jalaludin Muhammad Akbar yang diperankan oleh Rajat Tokas. 

Dalam episode ke-tujuh Jodha Akbar, diceritakan Moti Bai, yang diperankan Ankita Dubey melakukan suatu tradisi ritual di mana ia menjerumuskan diri ke dalam kobaran api. Tradisi tersebut adalah tradisi Jauhar.

Seperti apa tradisi tersebut dalam drama Jodha Akbar? Simak ulasannya berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Fakta Tradisi Jauhar di Serial Jodha Akbar

Jodha Akbar
Saksikan kisah Jodha Akbar hanya di platform streaming Vidio. (Dok. Vidio)

Dalam episode 2 serial Jodha Akbar, diceritakan bahwa Moti Bai, adik Jodha, melakukan ritual di mana ia menjerumuskan dirinya ke dalam kobaran api, yang dinamakan ritual Jauhar bersama para perempuan lainnya. Hal ini dikarenakan Moti Bai merasa dirinya sudah tidak suci lagi karena telah disentuh oleh pasukan Mughal. 

Sekilas tentang ritual Jauhar, istilah tersebut berasal dari bahasa Sansekerta, “jau” artinya hidup, dan “hau” berarti kekalahan. 

Dilansir dari laman Urbanasia, tradisi Jauhar ini pernah terjadi di wilayah India Utara, di masa kerajaan Rajput. Tradisi ini ada sejak ribuan tahun lalu yang dipraktekkan oleh para perempuan yang telah menikah.


Prosesi Ritual Jauhar

Jodha Akbar
Saksikan kisah Jodha Akbar hanya di aplikasi Vidio. (Dok. Vidio)

Malam sebelum kekalahan perang, para perempuan atau istri dari pasukan, mulai mengenakan baju pengantin mereka, lalu secara beramai-ramai mulai memasukkan diri mereka ke dalam kobaran api. Dalam kepercayaannya, api dianggap untuk mensucikan diri dari perbudakan dan pemerkosaan yang dilakukan oleh pasukan lawan, sehingga dipastikan garis keturunan bangsawan tidak akan tercemar. 

Singkatnya, ritual Jauhar dilakukan oleh para perempuan untuk menghindari penangkapan dan pelecehan yang terjadi dalam peperangan, yang dapat dipastikan kalah. Dalam serial Jodha Akbar, seluruh pasukan Mughal sudah menguasai sebagian wilayah Rajput.

Moti Bai yang mana adalah seorang putri, telah dilecehkan oleh pasukan Mughal, dan merasa dirinya sudah tidak suci lagi. Namun, aksi Moti melakukan Jauhar berhasil dicegat oleh Jodha. Saksikan kisah Jodha Akbar episode lengkap hanya di platform streaming Vidio. 

Penulis: Nida Zhafira P.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya