Hindari 5 Kebiasaan Ini Jika Tidak Ingin Metabolisme Menurun

Perlu diketahui, metabolisme adalah rangkaian proses kimia dalam tubuh yang dapat membantu mengubah makanan menjadi energi.

oleh Liputan6.com diperbarui 24 Sep 2021, 09:24 WIB
Diterbitkan 24 Sep 2021, 09:22 WIB
Ilustrasi lemak tubuh
Ilustrasi metabolisme tubuh. Photo by Sean S on Unsplash

Liputan6.com, Jakarta Metabolisme tubuh diperlukan bagi setiap orang. Untuk memenuhinya, setiap orang harus memenuhi asupan energi dengan baik. Sebab, kekurangan energi bisa menyebabkan metabolisme tubuh menurun. Itulah yang kemudian menjadi pemicu munculnya penyakit.

Perlu diketahui, metabolisme adalah rangkaian proses kimia dalam tubuh yang dapat membantu mengubah makanan menjadi energi. Energi itulah yang akhirnya dapat memberikan kekuatan pada tubuh sehingga mampu menjalankan aktivitas sehari-hari.

Selain itu, tingkat metabolisme yang rendah pun cenderung dapat menghambat tujuan penurunan berat badan. Sebab, metabolisme yang lambat dapat menurunkan laju pembakaran kalori dan efisiensi penyerapan nutrisi dari makanan.

Di samping itu, ada pula hal-hal lain yang termasuk kesalahan umum dan berdampak merusak metabolisme tubuh seseorang.

Dikutip dari laman Times Now News, Jumat (24/9/2021), berikut ini 5 kesalahan umum yang dapat merusak metabolisme.

1. Kurang Tidur

Tidur 6 hingga 8 jam begitu penting untuk memastikan tubuh berfungsi dengan baik. Jika memiliki jadwal yang terlalu padat hingga menuntut bekerja sampai larut malam dan bangun lebih awal, segeralah lakukan perubahan untuk menyelamatkan metabolisme. Sebab, kurang tidur sering dikaitkan dengan penambahan berat badan karena metabolisme yang rendah.

2. Tidak berolahraga

Tidak aktif secara fisik dan memilih untuk tetap tidur sepanjang hari pun bisa merusak metabolisme tubuh. Bahkan gaya hidup yang dilakukan dengan tidak banyak bergerak bisa menyebabkan kerusakan parah metabolisme.

Oleh sebab itu, penting luangkan waktu untuk beraktivias fisik seperti berolahraga. Aktivitas tersebut dapat memastikan tubuh mendapatkan dorongan yang dibutuhkan untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

 

 


3. Terlalu stres

Jalan
Jalan 7.000 langkah sehari bisa membua tubuh sehat dan panjang umur (dok.unsplash/ Frank Busch)

Stres tidak hanya akan membebani pikiran, tetapi juga memengaruhi metabolisme seseorang. Salah satu contoh metabolisme yang melambat karena stres terlihat dari bertambahnya berat badan. Untuk mencegah hal ini, metode memanajemen stres adalah yang efektif untuk dilakukan. Metode tersebut berguna untuk merileksasikan tubuh dan pikiran.

4. Salah pilih camilan

Salah satu yang berpengaruh terhadap metabolisme adalah makanan. Pola makan yang tidak sehat dan mengonsumsi camilan yang tidak tepat dapat menyebabkan efisiensi metabolisme menurun. Alhasil terjadi kesulitan dalam proses pembakaran lemak dan penurunan berat badan.

5. Mengabaikan protein

Terakhir, mengabaikan protein adalah salah satu kebiasaan yang bisa merusak metabolisme tubuh. Setiap orang membutuhkan protein untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Mengingat protein ini adalah salah satu bahan pembangun untuk tubuh.

Kekurangan protein bisa menyebabkan terhambatnya pertumbuhan kesehatan, terutama untuk tulang dan fungsi kognitif. Selain itu, juga dapat merusak metabolisme seseorang.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya