Cara dan Bahan Alami Buat Menumbuhkan Rambut Alis

Sementara itu, orang dengan alis tipis mungkin terus berupaya menumbuhkan rambut alis.

oleh Liputan6.com diperbarui 12 Okt 2021, 21:14 WIB
Diterbitkan 12 Okt 2021, 21:14 WIB
Alis-Mata
Ilustrasi Foto Alis (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Alis menjadi salah satu pelengkap riasan tampilan wajah. Bagi seseorang yang memiliki alis yang tipis seringkali mempertebalnya dengan pensil alis.

Padahal mempertebal alis bisa menggunakan bahan alami yang mudah ditemukan sehingga rambut alis bisa tumbuh.

Di samping itu, beberapa orang mungkin mengalami sedikit pertumbuhan rambut alis. Inilah yang menjadi perhatian banyak orang. Sebab, sebagian orang mungkin menginginkan punya alis tebal dan sebagian lagi merasa bahwa alis yang tebal bukanlah hal yang wajar.

Sementara itu, orang dengan alis tipis mungkin terus berupaya menumbuhkan rambut alis. Termasuk menggunakan perawatan alami untuk menumbuhkan rambut alis tersebut.

Dikutip dari laman Timesnownews, Rabu (13/10/2021), berikut ini cara dan bahan alami menumbuhkan rambut alis.

1. Minyak Jarak

Bahan pertama yang dianggap ampuh menumbuhkan rambut alis adalah minyak jarak. Ini merupakan salah satu minyak pekat kental yang memiliki segudang manfaat.

Minyak jarak mengandung protein, asam lemak, antioksidan, dan vitamin. Berkat kandungan tersebut, minyak jarak baik digunakan untuk perawatan sehingga rambut alis dapat tumbuh. Selain itu, minyak ini juga bisa memelihara rambut jika Anda terapkan setiap hari.

Cara untuk menggunakannya adalah dengan memijat alis setiap malam hari dengan minyak jarak. Kemudian jangan langsung dibersihkan. Lebih baik Anda membersihkannya di pagi hari setelah bangun tidur.

2. Bawang yang Dihaluskan

Bahan ini bisa dibilang ramuan kuno yang masih diingat hingga saat ini. Bawang yang dihaluskan terkenal dapat menumbuhkan rambut karena mengandung banyak sulfur, selenium, mineral, vitamin B, dan vitamin C.

Utamanya sulfur, kandungan tersebut dapat meningkatkan produksi kolagen yang baik untuk pertumbuhan rambut. Namun, karena baunya yang dianggap menyengat, banyak orang yang tidak menggunakan bahan alami ini.

Jika Anda penasaran ingin mencoba, caranya adalah mencampurkan bawang yang sudah dihaluskan dengan beberapa tetes jus lemon untuk menghilangkan bau menyengatnya.

Kemudian, oleskan bahan tersebut ke area alis setiap harinya. Biarkan semalaman dan bersihkan di pagi hari.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


3. Kuning Telur

Ilustrasi Kuning Telur
Ilustrasi kuning telur. (dok. Unsplash.com/Karina Zhukovskaya/@cocarinne)

Bahan yang bersumber dari ayam ini ternyata bisa digunakan untuk perawatan rambut. Tak hanya itu, telur ayam yang diambil bagian kuningnya ternyata bisa dimanfaatkan pula untuk menumbuhkan alis. Mengingat kuning telur dikenal sebagai sumber protein dan keratin yang hebat.

Dalam hal ini, kuning telur menjadi salah satu bahan yang sangat luar biasa untuk meningkatkan produksi rambut.

Caranya dengan mengoleskan kuning telur ke alis Anda. Gunakanlah metode ini setidaknya dua kali dalam seminggu.

4. Perawatan yang Cerdas

Selain bahan alami, menumbuhkan alis juga membutuhkan perawatan yang cerdas. Ketahuilah, Anda tidak boleh mencabut alis secara berlebihan. Selain itu, hindari penekanan terlalu keras pada bagian alis dengan pensil alis.

Sebagai bentuk perawatan yang cerdas, Anda harus menyikat alis setiap hari agar tetap halus dan akar rambut ternustrisi oleh minyak alami dengan baik.

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya