Peringati Hari Menanam Pohon, Ratusan Pelajar dan Pendidik Ikuti Edukasi Jaga Hutan RI

Anak muda diajak lebih peduli lingkungan dan menekankan pentingnya melestarikan pohon untuk pemulihan sumber daya lahan dan hutan.

oleh Liputan6.com diperbarui 19 Des 2022, 22:36 WIB
Diterbitkan 19 Des 2022, 19:01 WIB
Webinar “Aku dan Pohon Bersahabat."
Webinar “Aku dan Pohon Bersahabat."

Liputan6.com, Jakarta Ratusan pelajar serta pendidik Indonesia jenjang SD, SMP hingga SMA mendapatkan edukasi perihal kepedulian terhadap lingkungan. Edukasi ini bagian peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia yang jatuh pada 28 November setiap tahunnya.

Edukasi digelar Odysee Education bersama ‘Hutan Itu Indonesia’ dan ‘Teens Go Green’ melalui acara webinar “Aku dan Pohon Bersahabat," Oydsee Education mengajak anak muda lebih peduli lingkungan dan menekankan pentingnya melestarikan pohon untuk pemulihan sumber daya lahan dan hutan, sehingga tercipta lingkungan yang lestari dan mampu mendukung keberlangsungan makhluk hidup ke depannya.

 

Dirjen Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Rehabilitasi Hutan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK), Dyah Murtiningsih, merespon positif inisiatif yang dilakukan oleh Odysee Education.

Dikatakan jika menjaga lingkungan semua orang memiliki peran, termasuk anak muda. Merekalah generasi penerus yang memiliki andil besar dalam menentukan masa depan alam dan lingkungan di kehidupan dan anak cucu di masa mendatang.

"Saya sangat mengapresiasi Odysee Education yang mewadahi kegiatan edukasi mencintai lingkungan seperti webinar hari ini. Webinar ini bisa menjadi sesuatu yang tersimpan dalam ingatan anak-anak dan semoga nantinya akan termanifestasikan dalam cara berpikir, bertidak, dan berperilaku serta berinteraksi dengan alam dan lingkungan hidup sehingga nantinya bisa peduli dan bijak dalam melestarikannya,” jelasnya.

CEO Odysee Education Alfin Christiano mengungkapkan pihaknya berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dengan cara mendampingi lembaga pendidikan formal dalam peningkatan mutu pendidikan dari segi memperbaiki sistem manajemen sekolah, kurikulum, maupun memberikan pelatihan dan penempatan tenaga pengajar terbaik ke sekolah-sekolah.

"Kami percaya pendidikan berkualitas bagi para siswa/I tidak hanya di dalam kelas, namun juga di luar kelas. Oleh karena itu, kegiatan edukasi mengenai pelestarian pohon dan lingkungan hari ini merupakan salah satu metode pendidikan luar kelas yang diberikan kepada para pelajar agar dapat membentuk karakter generasi muda yang mau dan mampu berkontribusi terhadap lingkungan,” jelas dia.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Poster

Dia mengatakan jika memiliki berbagai mitra sekolah dari berbagai jenjang dengan puluhan ribu siswa/i yang tersebar di seluruh Indonesia, kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas serta meningkatkan semangat generasi muda dalam mencitai lingkungan.

Sejak 28 November 2022, kami telah menyelenggarakan rangkaian acara untuk para pelajar SD hingga SMA berupa Recycle Poster Competition yang bertujuan agar mereka dapat meningkatkan kreativitas dalam mendesain poster.

"Kami berharap poster-poster karya para pelajar dapat mengedukasi masyarakat terkait pentingnya menanam pohon dan menjaga lingkungan. Hasil dari lomba poster tersebut pun didonasikan kepada ‘Hutan Itu Indonesia’ untuk melestarikan pohon-pohon di hutan Indonesia”, tambah Alfin.

Pohon memiliki banyak manfaat bagi kelangsungan hidup, selain menghasilkan oksigen dan memberikan udara yang segar bagi manusia dan hewan, pohon pun dapat menjaga cadangan air tanah, mengurangi dampak perubahan iklim, menjaga populasi makhluk hidup, mencegah erosi tanah atau longsor, serta mencegah banjir.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya