5 Cara Jaga Kulit Tetap Sehat dan Bercahaya di Musim Panas

Musim panas membawa tantangan baru untutk kulit anda, tetapi dengan strategi perawatan yang tepat, Anda dapat menjaga kulit Anda tetap ternutrisi, lembab, dan bercahaya selama bulan-bulan yang panas ini.

oleh Divina Aulia Rachmani diperbarui 02 Apr 2024, 09:53 WIB
Diterbitkan 02 Apr 2024, 09:53 WIB
4 Alasan Gunakan Garam Dikulit Pada Musim Panas
mengangkat kulit mati. (via: istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Musim panas nampaknya akan segera tiba, seiring dengan meningkatnya suhu dan teriknya matahari. Ini juga menjadi waktu yang tepat untuk memperbarui rutinitas perawatan kulit Anda untuk mendapatkan kilau yang diinginkan.

Menurut M Shraddha, Direktur Helios Advanced Skin, Hair, and Laser Clinic di Chennai, Musim panas menghadirkan berbagai masalah  kulit, termasuk jerawat, ruam panas, biang keringat, kulit kering, kulit terbakar, dan lain-lain.

Namun, dengan strategi yang tepat, berikut adalah cara menjaga kulit agar anda dapat menjaga kulit Anda tetap sehat ,ternutrisi, lembab, dan bercahaya selama bulan-bulan yang hangat. 

Strategi Jaga Kulit Tetap Sehat

Musim panas nampaknya akan segera tiba, seiring dengan meningkatnya suhu dan teriknya matahari. Ini juga menjadi waktu yang tepat untuk memperbarui rutinitas perawatan kulit Anda untuk mendapatkan kilau yang diinginkan.

Menurut M Shraddha, Direktur Helios Advanced Skin, Hair, and Laser Clinic di Chennai, Musim panas menghadirkan berbagai masalah perawatan kulit, termasuk jerawat, ruam panas, biang keringat, kulit kering, kulit terbakar, dan lain-lain. Melansir

Namun, dengan strategi yang tepat, Anda dapat menjaga kulit Anda tetap ternutrisi, lembab, dan bercahaya selama bulan-bulan yang hangat yaitu :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Gunakan Tabir Surya

Contoh ilustrasi merawat kulit
Merawat kulit dengan rutin menggunakan tabir surya, menggunakan pakaian dengan bahan adem, serta melakukan screening kulit dapat menjadi ritual sederhana untuk tetap awet muda (Foto: Unsplash.com/engin akyurt)

 

Tidak diragukan lagi, melindungi kulit Anda dari sinar matahari sangatlah penting, tidak hanya di musim panas tapi juga sepanjang tahun. Setiap hari, oleskan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih ke semua area kulit yang terpapar sinar matahari, termasuk wajah, leher, dan tangan Anda.

Anda dapat menggunakan komponen tabir surya berbasis mineral zinc oxide untuk menangkal radiasi UVA dan UVB yang berbahaya. Ingatlah untuk mengoleskannya kembali setiap dua jam, terutama jika Anda berada di luar ruangan.

Lakukan Gentle Cleansing

Gunakan pembersih yang lembut dan efektif mengangkat kotoran, minyak, dan polutan sekaligus menjaga minyak alami kulit Anda.

Carilah kandungan pelembap seperti asam hialuronat dan gliserin untuk menjaga kulit Anda tetap lembut dan kenyal.

Eksfoliasi

Ekfoliasi kulit secara teratur akan mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga kulit Anda menjadi lebih halus dan cerah.

Pilihlah eksfoliator yang lembut dengan asam salisilat atau asam glikolat.

Untuk mengurangi peradangan, pertimbangkan alternatif alami seperti ekstrak buah, minyak pohon teh, oatmeal, atau biji jojoba. Untuk menghindari pengelupasan kulit yang berlebihan, batasi hingga 2-3 kali setiap minggu.

Lembapkan Kulit Setiap Hari

Gunakan pelembap yang ringan dan melembapkan yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Pilih produk yang mengandung ceramide, shea butter, atau squalane untuk menambah kelembapan dan meningkatkan elastisitas kulit.

Hidrasi

Pertahankan hidrasi yang tepat dengan minum banyak air sepanjang hari untuk meningkatkan kekenyalan dan keremajaan sel-sel kulit Anda.

Selain itu, gabungkan bahan-bahan pelembap seperti asam hialuronat, vitamin C, serta losion dan serum yang mengandung peptida ke dalam rutinitas perawatan kulit Anda.

Temukan pilihan perawatan canggih seperti bio-remodeling, yang juga dikenal sebagai Profhilo, yang menggunakan asam hialuronat ultra-murni untuk menghidrasi secara mendalam dan meningkatkan kekenyalan pada area-area kritis seperti wajah, leher, garis-garis leher, dan tangan. Prosedur ini mendorong pembentukan kolagen dan elastin, menghasilkan kulit yang lebih sehat dan cerah.

Perawatan lain yang populer adalah hydrobooster, seperti Viscoderm Hydrobooster, yang menggunakan asam hialuronat yang telah distabilkan. Teknik yang tidak menimbulkan rasa sakit ini memiliki dua manfaat: melembabkan dan merevitalisasi jaringan. Khususnya, ini dapat mengurangi munculnya kerutan, memperbaiki tekstur kulit, dan meningkatkan kekenyalan, terutama di sekitar bibir, mata, dan dahi.

 


Cara Lainnya

Contoh ilustrasi perempuan yang merawat kulitnya
Banyak perempuan yang menginginkan awet muda namun lupa akan kebiasaan yang dilakukannya dapat menyebabkan penuaan kulit (Foto: Unsplash.com/Alexandru Zdrobău)

Antioksidan

Sertakan antioksidan untuk mencegah kerusakan akibat radikal bebas yang dihasilkan oleh sinar matahari dan polusi udara. Carilah produk yang mengandung vitamin C, vitamin E, atau ekstrak teh hijau untuk mencerahkan kulit dan mencegah penuaan dini.

Masker wajah

Panasnya musim panas dapat memperparah kulit berminyak, menyebabkan jerawat dan kusam. Untuk mengatasi produksi minyak berlebih, oleskan masker pelembap pada kulit Anda sekali atau dua kali seminggu untuk mengembalikan kelembapannya.

Untuk mengisi kembali hidrasi dan mengembalikan kecerahan, gunakan masker yang dirancang dengan komponen seperti asam hialuronat, lidah buaya, tanah liat, atau ekstrak mentimun.

Perawatan bibir

Jangan lupa untuk memanjakan area sekitar mata Anda yang lembut. Bibir, seperti bagian tubuh lainnya, dapat menumpuk sel kulit mati dan residu. Carilah pelembab bibir dengan komponen seperti lilin lebah, lemon, shea butter, atau minyak kelapa.

Terakhir, ingatlah bahwa perawatan kulit lebih dari sekadar apa yang Anda gunakan pada kulit Anda; ini juga tentang bagaimana Anda menjalani hidup Anda.

Istirahatlah yang cukup, makan makanan sehat yang kaya akan buah-buahan dan sayuran, dan kendalikan tingkat stres Anda untuk menjaga kulit Anda tetap bersinar dari dalam. Sertakan makanan seperti semangka, mentimun, dan sayuran hijau untuk membantu kulit Anda mempertahankan kelembapannya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya