Fitur-fitur Jagoan New Ford Ranger

Ford New Ranger hadir dengan empat fokus penyegaran, yakni desain, kemampuan, fitur, juga mesin.

oleh Gesit Prayogi diperbarui 23 Mar 2015, 17:04 WIB
Diterbitkan 23 Mar 2015, 17:04 WIB
Fitur-fitur Jagoan New Ford Ranger
Ford New Ranger hadir dengan empat fokus penyegaran, yakni desain, kemampuan, fitur, juga mesin.

Liputan6.com, Bangkok - New Ranger akhirnya menampakkan diri di sehari sebelum Bangkok International Motor Show 2015 digelar. Sebagai model yang memimpin penjualan di sejumlah negara, apa fokus perubahan yang dilakukan Ford pada mobil baru ini?

Ya, dalam presentasinya Presiden Ford ASEAN Matt Bradey, menjelaskan, New Ranger hadir dengan empat fokus penyegaran, yakni desain, kemampuan, fitur, juga mesin.

Berbicara soal desain, tampilan New Ford lebihh gagah berkat penerapan bentuk kap yang lebih kekar, grille trapezoidal, dan lampu proyektor di bagian depan.

Tak cuma tampilan luar, sektor interior pun mendapat  perhatian dengan penyematan instrumen dual-TFT baru untuk memberikan informasi soal kendaraan, hiburan, navigasi, dan climate control.

"Interior New Ranger ramping dan modern, dengan aspek teknis yang kuat," katanya.

>>Klik laman berikutnya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Next

-- Kemampuan

Sebagai mobil pikap yang diklaim paling mumpuni di kelasnya, Ford juga membekali New Ranger dengan kemampuan mengarungi genangan air kedalaman 800 mm dan ground clearance 230 mm yang dirancang untuk melibas berbagai medan berat. Mobil ini juga memiliki approach angle 28 derajat dan departure angle 25 derajat.

New Ranger turut dibekali transfer case dengan kontrol elektronik yang memungkinkan pengemudi model 4x4 menggunakan fitur shift-on-the fly dari pengaturan 4x2 ke 4x4 high melalui tombol di konsol tengah. Fitur electronic locking gear differential dapat memberikan traksi tambahan saat mobil berada di medan sulit.

Tak luput, New Ranger juga memiliki electric power-assisted steering (EAPS) untuk memudahkan pengendalian.

>>Klik laman berikutnya


Next

-- Fitur

Untuk urusan yang satu ini, New Ford telah mengadopsi sejumlah teknologi untuk memberikan keamanan berkendara serta fitur informasi yang memadai soal kendaraan.

Dijelaskan, Ford membenamkan SYNC 2  untuk memberikan cara mudah untuk terkoneksi dengan kendaraan. Di mana, pengemudi bisa mengatur suhu udara hingga memutar musik.

Di dalam kabin, New Ford menyediakan stop kontak bertenaga 240 volt yang bisa dimanfaatkan untuk mengisi baterai komputer.

Kemudian, fitur anyar lainnya meliputi :

- Lane Keeping dan Lane Keeping Aid, untuk mencegah pengemudi keluar dari jalur secara tak sengaja pada kecepatan tinggi.

- Adaptive Cruise Control, menggunakan sensor untuk menjaga keepatan maupun jarak kendaraan.

- Forward Alert, bekerja dengan Adaptive Cruise Control untuk memberikan pengemudi peringatan visual dan audio ketika celah dengan kendaraan depan berkurang di bawah jarak aman.

- Front and Rear Park Assist, sensor untuk mendeteksi ritangan dan memberikan peringatan audio ketika kendaraan mendekati objek penghalang.

- Tire Pressure Monitoring System, untuk membantu pengemudi tetap aman dan hemabt bahan bakar dengan memberikan informasi dan peringatan ketika kondisi angin pada ban tak sesuai standar.

- Electronic Stability Program, yang bekerja dengan rollover mitigation dan trailer sway control untuk menjaga kendaraan tetap terkendali.

- Driver Impairment Monitor, untuk mendeteksi jika pengemudi mengantuk. Fitur ini bekerja mengguankan kamera depan dan sensor on-board.

Di luar itu, adapula fitur Emergency Assistance, Hill Launch Assist, Hill Descent Control, Daptive Load Control, dan Emergency Brake Assitance untuk pasar-pasar tertentu.

Menyoal jantung pacu, Ford menyediakan berbagai opsi mesin, yakni Duratroq 3,2 liter TDCi lima silinder serta 2,2 liter DCi empat silinder diesel, dan mesin bensin Duratec 2,5 liter.

Dengan mesin baru ini, Ford mengklaim bahwa penggerak diesel telah dilengkapi denga teknologi Start-Stop dan Electric Power Assisted Steerung baru dan diklaim 22 persen lebih hemat BBM dari model sebelumnya.

(gst/ian)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya