Bajaj Listrik dari Swedia Beroperasi di India

Daya listrik sanggup menempuh jarak hingga 50 kilometer.

oleh Yongki Sanjaya diperbarui 13 Feb 2016, 13:18 WIB
Diterbitkan 13 Feb 2016, 13:18 WIB
India Mulai Pakai Bajaj Listrik Asal Swedia
Daya listrik sanggup menempuh jarak hingga 50 kilometer.

Liputan6.com, New Delhi - Tuk-tuk atau yang di Indonesia dikenal sebagai bajaj jadi sarana transportasi khas India. Kendaraan roda tiga ini diproduksi oleh manufaktur lokal.

Demi menghasilkan kualitas udara yang lebih bersih, Pemerintah India mendatangkan bajaj yang pakai motor listrik dari Swedia. Adalah Clean Motion yang jadi produsen bajaj listrik, Zbee.

Kendaraan roda tiga ini memiliki kapasitas tiga orang termasuk pengendara. Clean Motion nantinya bakal memproduksi 100 unit Zbee tiap bulan.

Dilansir Rushlane, Zbee memiliki bobot 230 kilogram dan dibuat dari serat plastik yang diperkuat. Waktu pengisian daya listrik sekira 20 menit menggunakan faster charger dan 2 jam bila menggunakan pengisian reguler. Kekuatan baterai sanggup menempuh jarak hingga 50 kilometer dengan kecepatan maksimum 45 km/jam.

Clean Motion antusias terhadap dukungan dari pemerintah India dan Swedia dan tertarik menciptakan transportasi ramah lingkungan. Dalam pengoperasianny, Clean Motion menggandeng perusahaan DLF Cyberhub.

"Saya senang India peduli terhadap solusi alternatif. Saya percaya Zbee dapat menjadi pilihan transportasi jarak pendek," kata Goran Folkesson, CEO Clean Motion.

Bajaj listrik ini mulai tersedia pada DLF Mall Saket dan Stasiun Malviya Nagar. Zbee diposisikan sebagai sarana transportasi premium dengan tarif tetap. Keunggulan yang dijanjikan pada Zbee yaitu jadi kendaraan yang bersih dan aman. Clean Motion juga akan menggandeng waralaba lokal untuk menyediakan 10 lokasi mangkal bajaj anti BBM ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya