Khusus Wanita, Ini Cara Mudah Rawat Mobil Saat PSBB

Meski mobil hanya terparkir saat pembatasan sosial berskala besar (PSBB) diberlakukan, ada beberapa perawatan yang harus dilakukan agar kendaraan bekerja maksimal.

oleh Dian Tami Kosasih diperbarui 15 Mei 2020, 03:30 WIB
Diterbitkan 15 Mei 2020, 03:30 WIB
Toyota Sienta
(Foto: Septian P / Otomotif)

Liputan6.com, Jakarta - Meski mobil hanya terparkir saat pembatasan sosial berskala besar (PSBB) diberlakukan, ada beberapa perawatan yang harus dilakukan agar kendaraan bekerja maksimal.

Tak hanya laki-laki, perawatan kendaraan juga bisa dilakukan wanita. Kepala Bengkel Auto2000 Cikarang, Indah Yuliana menegaskan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, salah satunya servis rutin.

"Walaupun enggak digunakan, mobil tetap harus diservis saat menempuh jarak 10 ribu kilometer atau jangka waktu 6 bulan. Jadi kalau enggak dipakai, patokannya itu jangka waktu 6 bulan harus di servis," kata Indah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Rutin Dipanaskan

Selain itu, Indah juga mengimbau untuk rutin memanaskan kendaraan meski tak digunakan. Hal ini untuk mengisi aki yang terdapat pada kendaraan.

"Terdapat alarm yang selalu berfungsi saat mobil tidak digunakan. Saat memanaskan mobil jangan lupa cek lampu-lampu dan kondisi wiper. Pokoknya harus di cek seluruh kondisi kendaraan," ujar Indah.

 


Cek Tekanan Angin

Tak lupa, Indah mengingatkan pemilik kendaraan untuk selalu memperhatikan cairan pada mobil, seperti minyak rem, air pada wiper dan radiator.

"Tekanan angin pada ban juga harus diperhatikan, jangan sampai mobil yang digunakan ternyata tidak dalam kondisi optimal saat digunakan karena tidak mendapat perawatan," tuturnya.

 


Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya